Anda Pencinta Mobil Matik.. Tips Ini Wajib Anda Baca

Mengendarai mobil dengan pilihan transmisi metic memang terlihat lebih mudah. Namun, jika tidak berhati-hati saat berkendara, risiko kecelakaan cukup besar.

Anda pasti pernah mendengar kecelakaan sebuah mobil hatchback yang jatuh dari parkiran sebuah pusat perbelanjaan. Salah satu contoh

khusus pengemudi mobil bertransmisi matik agar berhati-hati dalam berkendara maupun parkir di mall .

Pengemudi mobil dengan transmisi matik diharuskan memilik teknik berkendara yang baik serta berkonsentrasi  sehingga risiko kecelakaan bisa dihindari. transmisi Matik memang lebih mudah dibanding dengan transmisi manual dalam pengoperasian tapi ada kompensasinya yang mesti anda perlu ketahui, kalau tidak tahu cara penggunaannya.

Pemindahan posisi tuas transmisi menjadi kunci bagi pengemudi matik agar dapat mengemudikan mobil dengan aman  serta Membiasakan diri untuk menggunakan tuas transmisi dalam perpindahan gigi pada posisi N (Netral) saat berhenti .

Contoh pada saat melintasi lampu merah atau pun di jalan yang macet, seringkali pengguna kendaraan matik memindahkan tuas pedal langsung ke posisi P (parking) serta tidak menggunakan hand brake atau rem tangan. Hal ini dapat memicu terjadinya benturan dari arah belakang serta pengemudi bisa belakang bisa cedera akibat rem secara mendadak.

Tipsnya adalah kalau berhenti di lampu merah, posisi tuas pengemudi matik biasanya di P (parking), sebaiknya cara ini jangan dilakukan. harusnya anda menempatkan tuas transmisi di posisi N (netral) jadi kalau turun langsung di D (drive). Kalau dari P, turun satu, bisa terjadi R (reverse). Itu yang sering jadi kasus kecelakaan.

Soal penggunaan hand brake atau rem tangan , perlu anda ketahui bahwa pengguna rem tangan tak hanya berguna jika anda melewati tanjakan atau turunan saja. Hand brake bisa juga kita pergunakan dalam situasi keadaan macet maupun ingin memberhentikan kendaraan, agar kendaraan tidak melaju sendiri jika penggunan cara seperti ini secara jangka panjang, dapat merusakan komponen transisi kendaraan anda ,sehingga butuh waktu serta biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

semoga tips ini bermanfaat buat anda yang memiliki kendaraan bertransmisi metic.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI