toyota sienta

Toyota Indonesia mengungkapkan saat melakukan debut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) (4/2016), MPV dengan konsep pintu geser Toyota Sienta menggendong mesin dengan kapasits 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i berkode 2NR-FE. Sumber tenaga baru yang belum pernah digunakan pada model Toyota manapun di Indonesia.

Mesin diproduksi di pabrik baru Toyota di Karawang, Jawa Barat, yang resmi digunakan pada 8 Maret lalu. Mesin ini masih satu famili NR dengan Sienta ala Jepang, namun agak sedikit beda dalam spesifikasi. Mesin ini telah memakai aluminium sebagai material utama, dan dipastikan lebih ringan dan irit dalam konsumsi bahan bakar.

toyota

Khusus Indonesia, mesin 2NR-FE yang digunakan di Toyota Sienta memiliki spesifikasi “F” dengan merujuk pada penggunaan 2 camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft) serta “E” atau Electronic Fuel Injection (EFI). Untuk Jepang sendiri, salah satu jenis mesin Sienta yaitu 2NR-FKE. Kode FKE berarti mesin ini mengadopsi siklus Atkinson juga VVT-iE atau Variable Valve Timing-intelligent by Electric Motor.

Baca Juga: Harga All New Sienta Terbaru di Makassar

Toyota Sienta di Indonesia mampu menghasilkan tenaga 105 tenaga kuda dengan torsi 140 Nm, sedangkan di Jepang mendapatkan asupan tenaga lebih besar, yaitu 109 Tenaga Kuda, akan tetapi torsinya lebih rendah yaitu 136 Nm.

Perbedaan lainnya terletak pada pemilihan transmisi. Jepang sebagai negara yang pertama kali menjual Sienta hanya memiliki CVT (Continuously variable transmission), sedangkan di Indonesia terdapat CVT dan manual 6-percepatan.

Beda Avanza
Saat Grand New Avanza diluncurkan 12 Agustus 2015, perubahan yang dilakukan merambah ke banyak sektor termasuk engine yang salah satunya sampai sekarang memakai mesin 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.

toyota avanza

Perbedaan yang sangat mendasar pada mesin Avanza dengan Sienta yaitu Avanza dikembangkan dan di produksi oleh Daihatsu. Sedangkan Toyota Sienta, sebagaimana sudah diketahui bersama, dibuat di Toyota Indonesia. Untuk Mesin, Avanza juga masih mempercayakan pada besi baja biasa, bukan aluminimum seperti kepunyaan Sienta.

Baca Juga: Avanza DP Mulai 10 Jutaan di Makassar

toyota avanza 1

Beberapa pengamat otomotif mengaku sudah membandingkan kondisi mesin Sienta untuk pemakaian Indonesia dan kondisi mesin Avanza. Kesimpulannya, blok mesin masih sama tapi komposisi komponennya berbeda. Misalnya pada posisi saringan oli, altenator, serta koil.

Untuk Prinsip kerjanya masih serupa, namun memang dibedakan pada desain saja. Kemudian bagian paling mencolok lainnya yaitu mesin Sienta menghadap ke arah depan karena memiliki penggerak roda depan, dan untuk Avanza sendiri menghadap ke belakang karena yang menggerakkan mesin adalah roda belakang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan spesifikasi, kunjungi dealer Toyota terdekat atau hubungi

MARKETING & SALES
MARIO IRIANTO H
081242158413 | PIN BB : 5F566460

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI