cek secara dini transmisi metic kendaraan anda sebelum terlambat cek secara dini transmisi metic kendaraan anda sebelum terlambat

Cek Secara Dini Transmisi Matic Kendaraan Anda Sebelum Terlambat

Seiring dengan perkembangan jaman, kini jenis transmisi matic yang dikendalikan secara otomatis mulai banyak diminati masyarakat. Kendaraan terutama mobil jenis matic ini menjadi pilihan utama bagi perjalanan yang biasanya mengalami kemacetan. Pengemudi dengan mudahnya berkendara karena tidak perlu direpotkan oleh transmisi manual yang membuat capek. Bagi Anda yang mempunyai kendaraan terutama mobil matic, sudah tentu transmisi otomatisnya harus selalu dicek dan diperhatikan, karena rawan akan terjadinya kerusakan daripada jenis transmisi manual. Selain itu, beberapa bagian komponen dari transmisi otomatis sangat kompleks serta rumit, memerlukan perhatian serta perawatan ekstra daripada jenis transmisi manual yang masih bandel dan awet.

Apabila ada kendala atau gangguan sedikit yang tidak ditangani secara cepat maka bisa berakibat fatal. Sebenarnya untuk mendeteksi adanya kerusakan transmisi matic cukup mudah, dan bisa dilaksanakan tanpa bantuan alat khusus, dirasakan saja sudah terlihat ada yang berbeda apabila terjadi kerusakan.

Tips Penting Merawat serta Mendeteksi Kerusakan Transmisi Matic

Kami akan bagikan beberapa tips langkah-langkah deteksi dini adanya kerusakan transmisi otomatis:

  1. Anda bisa melakukan pemeriksaan pelumas transmisi otomatis, mulai dari menghidupkan mesin mobil kemudian mengecek bagian dipstick oli. Apabila warnanya sudah keruh, hitam hingga coklat gelap dibarengi dengan serbuk halus seperti serbuk besi, sudah dapat dipastikan terdapat kerusakan di bagian transmisi mobil Anda. Hal ini bisa terjadi karena ada gesekan kasar di bagian transmisi yang dapat mengikis komponen di dalamnya.
  2. Anda bisa melakukan tes awal, dengan cara memindahkan transmisi N atau R menuju D. Jika muncul bebunyian saat pemindahan, maka bisa diprediksi ada kerusakan yang terdapat di komponen tersebut. Bebunyian yang timbul antara lain ‘krek’ cukup keras atau ‘tek-tek-tek-tek’ secara cepat.
  3. Setelah dilakukan tes awal, bisa dilakukan dengan tes jalan, yaitu mengendarai mobil matic Anda. Apabila muncul suara kasar dan terjadi hentakan yang tidak wajar saat pemindahan, sudah bisa dipastikan kinerja dari transmisi mobil tidak normal lagi seperti dulu. Transmisi pun tiba-tiba terjadi ‘los’, padahal posisi tuas sudah ‘masuk’ pada posisi D. Pada kondisi ini transmisi otomatis mobil Anda mengalami kerusakan cukup kronis. Mobil matic harus segera dibawa menuju bengkel supaya mendapat perbaikan dibutuhkan.
  4. Mobil matic saat dijalankan bergetar dikarenakan kondisi dari plat maupun kampas kopling yang sudah menipis dan jelek, memungkinkan pengikisan lebih cepat dan membuat bagian permukaannya menjadi tidak rata.

Pemeriksaan yang kami bagikan di atas, bertujuan supaya bisa mengetahui ada kerusakan parah atau tidak di sistem transmisi matic nya. Perbaikan tetap menjadi tanggung jawab pihak bengkel supaya Anda tidak mengalami dampak buruk serta kerusakan semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat dan  mobil matic Anda mendapatkan penanganan lebih cepat.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI