kaca mobil anda berembun ini sebabnya

KACA MOBIL ANDA BEREMBUN INI SEBABNYA

Kaca mobil berembun merupakan masalah bagi pengendara karena hal ini dapat membatasi pandangan. Dengan mobil kaca yang berembun, pengemudi tentunya tidak dapat melihat atau memperhatikan kondisi di luar jendela. Hal ini menjadi masalah yang sangat fatal jika tidak segera di atasi. Terhalangnya pandangan pengendara dapat menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan. Untuk itu anda sebagai pengendara harus lebih hati- hati jika hal ini terjadi. Perlu anda kenali beberapa penyebab yang menjadikan kaca menjadi berembun.

Beberapa Penyebab Kaca Mobil Berembun

  1. Perbedaan suhu antara kabin mobil dengan suhu luar

Penyebab pertama yang sering terjadi saat kaca mobil anda berembun adalah perbedaan suhu. Suhu kabin mobil lebih panas, sementara suhu diluar mobil tidak. Kondisi yang semacam ini biasanya terjadi saat dalam keadaan hujan. Hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyalakan AC dan juga mengatur suhu udara yang masuk dari luar. Dengan cara ini suhu dalam mobil akan teratur dan embun yang ada pada kaca secara perlahan bisa hilang.

  1. Semburan udara dingin yang keluar dari dari AC

Penyebab lainnya dari kaca mobil yang berembun adalah semburan udara dingin dari AC. Anda harus lebih berhati- hati juga ketika mengarahkan arah hembusan AC. Jika diarahkan ke arah kaca, maka bisa menjadi penyebab kaca tersebut berembun. Hal ini bisa diprediksikan ketika cuaca diluar cerah, namun kaca mobil terlihat berembun. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat arah hembusan AC, jika mengarah ke kaca maka hal itulah yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, anda bisa mengarahkannya ke arah lain untuk menghindari hal itu.

  1. Ada kebocoran AC

Selain dua hal di atas, penyebab lain dari kaca mobil berembun adalah karena ada AC yang bocor. Jika diluar mobil kondisinya sedang cerah dan tidak hujan, maka bisa jadi penyebabnya adalah AC. Penyebab kedua seperti yang telah dijelaskan di atas bisa anda cek terlebih dahulu. Namun, jika penyebab kedua juga tidak terjadi yaitu arah hembusan AC tidak mengarah pada kaca, maka bisa jadi AC mobil anda bocor. Jika hal ini terjadi, yang harus anda lakukan adalah segera melakukan servis pada AC mobil anda. Servis tersebut bertujuan untuk memeriksa AC dan jika memang benar terjadi kebocoran, maka pihak servis juga akan segera menutup kebocoran tersebut.

  1. Kondisi karet- karet kaca yang sudah aus

Penyebab lain yang perlu anda ketahui adalah karet yang mengelilingi kaca sudah aus. Jika kondisi cerah dan tidak hujan serta kondisi AC juga baik- baik saja, namun kaca mobil tetap berembun bukan tidak mungkin karet kaca sudah aus. Karet kaca yang sudah aus menyebabkan air hujan bisa masuk dengan mudah. Hal yang harus anda lakukan adalah segera mengganti karet- karet kaca tersebut agar kondisi berembun pada kaca segera teratasi.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan kaca mobil berembun. Tidak hanya mengetahui penyebabnya saja, namun pada penjelasan di atas juga sudah diberikan cara mengatasinya. Selain cara yang sudah disebutkan di atas, untuk menghilangkan embun pada kaca mobil bisa juga dengan menekan tombol reciculation yang ada di pendingin mobil. Tombol ini berfungsi untuk mengatur udara yang masuk ke dalam mobil sehingga tetap terkendali. Pada mobil tertentu juga sudah disediakan fitur defogger yang berfungsi mengatur pendingin ruangan dan menghilangkan embun pada kaca. Jadi, anda harus selalu memeriksa kondisi kaca mobil agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

BACA JUGA:

TERBARU PROMO ANGSURAN KREDIT TOYOTA MAKASSAR 2017 

5 MOBIL TOYOTA FAVORIT DI MAKASSAR

BINGUNG SUV ATAU MPV TIPS MEMILIH KENDARAAN BUAT ANDA

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI