kenali masalah jika mobil metic anda mengalami hal ini

Mengenali Masalah Mobil Matic dan Cara Mengatasinya

Mobil matic akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan mudah, sistem pengoperasiannya yang tidak memerlukan fungsi kopling dan hanya cukup sekali saja mengatur posisi transmisi membuatnya sangat mudah dikendarai. Meskipun banyak kabar berita yang mengabarkan bahwa mobil matic lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan dengan mobil manual dan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan relatif lebih mahal namun ternyata hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena bila Anda tahu cara menggunakan dan merawatnya dengan benar maka mobil matic tetaplah menjadi pilihan berkendara paling nyaman saat ini.

Berbagai Masalah Mobil Matic yang Perlu Anda Kenali

Berikut ini beberapa masalah mobil matic yang sebaiknya Anda kenali sejak dini, agar bisa melakukan langkah-langkah penanganan yang tepat untuk mengatasinya, diantaranya adalah :

  1. Tarikan mobil menghentak dan terasa lebih berat

Masalah umum yang paling sering terjadi adalah merasakan hentakan saat mobil sedang berjalan, salah satu penyebabnya adalah karena kemungkinan oli sudah kotor dan harus segera diganti karena sudah tidak mampu lagi mendukung pergerakan gigi secara otomasi, sehingga menyebabkan terjadinya hentakan saat mobil sedang berjalan.  atau bisa juga terjadi masalah pada TCM speed sensor atau solenoid pressur. Hentakan bisa bisa terasa lembut maupun kasar, semuanya tergantung pada tingkat masalah yang sedang terjadi.

  1. Terasa ada getaran pada mobil saat berjalan

Meskipun pada mobil metic Anda tidak perlu berkali-kali menyentuh kopling, namun bukan berarti kopling tidak berfungwsi, karena ternyata jumlah kanvas kopling mobil matic jauh lebih banyak dan dioperasikan secara otomatis. Dan salah satu tanda bahwa kanvas kopling sudah tidak layak, gosong, ataupun bermasalah adalah bila terasa ada getaran saat mobil sedang berjalan di saat meningkatkan kecepatan.

  1. Tuas gigi tidak berpindah secara otomatis

Salah satu kelebihan mobil matic adalah perpindahan gigi yang terjadi secara otomatis tanpa harus menyentuh tuas perpindahan gigi. Hal ini bisa terjadi pada saat sedang melaju pada tingkat kecepatan tertentu dan sudah memasuki gigi 3, namun secara tiba-tiba anda memperlambat atau mempercepat jalan mobil namun ternyata tuas gigi tidak berpindah secara otomatis.

  1. Mobil tidak dapat mundur

Salah satu hal yang juga terkadang terjadi adalah saat mobil tidak dapat mundur, tentu saja akan menyulitkan pada saat akan memarkirkan kendaraan. Salah satu penyebab terjadinya hal ini adalah adanya indikasi msalah pada komponen elektrik pada sistem transmisi.

  1. Boros BBM

Seringkali beberapa pengguna mobil matic mengeluhkan konsumsi BBM yang cukup boros, namun sebenarnya hal ini terjadi karena torsi mobil (tenaga putar) tidak bekerja dengan maksimal ke pergerak akhir.

Kelima masalah mobil matic tersebut merupakan pertanda bahwa mobil Anda sedang bermasalah, namun Anda tidak perlu panik karena Anda hanya perlu mempelajari cara mengatasinya, setelah itu menjalankannya.

Cara Mengatasi Masalah Mobil Matic

Tahukah Anda bahwa hampir 85% penyebab masalah kerusakan transmisi mobil matic adalah karena proses penggantian oli atau pelumas yang tidak dilakukan secara teratur,  10% berikutnya disebabkan oleh penggunaan mobil matic yang keliru, sembrono dan kurang berhati-hati. sedangkan sisanya 5% adalah karena usia mobil yang sudah tua.

Salah satu cara mengatasi berbagai masalah pada mobil matic adalah secara teratur mengganti oli matic, lebih awal lebih baik, perawatan transmisi otomatis dilakukan setelah pemakaian sudah mencapai 100.000 km atau sekitar 5-6 tahun pemakaian.  Overhaul juga dilakukan setelah pemakaian 100.000-150.000 km.

Jadi bisa dikatakan bahwa sebenarnya jenis perawatan mobil matic yang harus benar-benar mendapat perhatian dari pemiliknya agar terhindar dari berbagai masalah adalah penggantian oli matic secara teratur. Selain dapat terhindar dari berbagai masalah mesin, juga membuat penggunaan BBM juga lebih irit, bahkan tidak jauh berbeda dengan mobil manual.

BACA JUGA:

spesifikasi Toyota transmover

Spesifikasi Lengkap All new Sienta

 

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI