transmisi-otomatis-640x343

Fungsi dan Maksud Angka 3, 2 dan L di Mobil Transmisi Otomatis

Mobil dengan transmisi otomatis memang dibuat praktis. Cukup memindahkan tuas transmisi di D saja mobil sudah dapat berjalan dan berganti gigi secara otomatis.

Sales Rekomendasi Dealer Resmi Toyota Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, Mario mengatakan, perpindahan gigi pada transmisi otomatis diatur oleh ECU pada mobil. ECU akan memperhitungkan kapan mobil pindah gigi.

Mungkin bagi anda pengguna mobil matic pernah merasakan saat mengemudi mobil transmisi otomatis dan hanya pakai posisi D, tenaga mobil agak lemah, apalagi saat menanjak. Itulah sebabnya pabrikan otomotif Toyota misalnya melengkapi mobil bertransmisi otomatis dengan pilihan low gear.

Biasanya pabrikan otomotif seperti Toyota membuat transmisi otomatis dengan posisi D, 3, 2 dan L untuk posisi gigi maju. Untuk Toyota Calya transmisi otomatis misalnya, untuk maju ada D4, 3, dan 2. Di beberapa mobil lain ada juga yang sampai L.

Mario menjelaskan, jika transmisi ada di posisi D, maka gigi akan berpindah secara otomatis dari gigi satu sampai gigi tertinggi, di Toyota Calya misalnya sampai gigi 4. Namun, jika transmisi ada di posisi 3, maka posisi gigi dibatasi dari 1 sampai gigi 3 saja.

fungsi-angka-3-dan-2-di-transmisi-otomatis-toyota-calya

“D bisa gigi 1, 2, 3 dan 4. Secara otomatis dia akan pindah-pindah sendiri, terserah mobil yang pikir mana yang cocok. Posisi 3, itu hanya untuk gigi 1, 2, 3, tidak bisa ke empat. Posisi 2, bisa 1-2 saja. Mobil lain ada yang sampai L, L hanya bisa gigi 1,” kata Mario.

Saat di tanjakan landai, misalnya di Flyover Urip Sumoharjo, saat D terasa sudah mulai kurang tenaga, mungkin saat itu posisi gigi ada di gigi paling ujung atau gigi 4. Ketika sudah mulai kurang tenaga, Anda bisa menurunkan posisi transmisi ke 3.

“Maka RPM akan naik, tenaga ngisi, karena giginya turun. Kalau di D terus, ketika kita hajar di tanjakan, yang di D tidak kuat, RPM tidak akan nambah, speed tidak akan nambah,” lanjut Mario.

“Automatic kan ECU yang berpikir, bukan pengemudi mobil. Mau mengemudi tenaganya seperti yang sesuai keinginan anda, maka gunakanlah manual. Seindah-indahnya matic, tetap akan shifting atau pindah gigi, sesuai hitungan dia. Misalnya hitungan ECU RPM segini, speed baru segini, belum saatnya pindah gigi. Dengan RPM dan speed yang ada, ECU secara otomatis akan bertindak oh ini sedang begini, ditahan dulu giginya di sini. Padahal menurut anda ini lagi tanjakan, kurang tenaganya. Akhirnya walaupun judulnya automatic masih disediakan gigi D, 3, 2 untuk menyikapi itu,” jelasnya.

Itu berbeda dengan mobil-mobil yang lebih mahal. Pada mobil Toyota Lexus misalnya, ada sensor yang bisa mendeteksi apakah mobil sedang menanjak atau menurun sehingga bisa memperhitungkan posisi gigi dengan tepat.

“Kalau Lexus memang tahu lagi menanjak atau lagi turun, karena memang ada sensornya, sehingga produk Toyota yaitu Lexus akan memperhitungkan, kalau tanjakan saat waktu pindah gigi agak lama,RPM dinaikkan dan sebagainya,” kata Mario.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI