Toyota-Corolla-Makassar

Mungkin sebagian pemilik kendaraan beroda empat menganggap hal yang sepele mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin mobilnya. Tapi kalau sudah berurusan dengan perpanjangan STNK, atau membeli mobil bekas, posisi letak dua nomor ini menjadi sangat penting. Oleh karenanya, sekedar untuk mengetahui, tak ada salahnya kan.

Jenis cek fisik dilakukan dengan memeriksa di bagian rangka serta nomor mesin. Hal ini dilakukan karena rangka mesin dan nomor mesin merupakan dasar dari pembuatan STNK dan BPKB.

Nomor rangka atau biasa disebut Frame no. atau Vehicle Identification Number (VIN) adalah merupakan nomor seri unik yang digunakan para industri otomotif agar mudah mengidentifikasi individu kendaraan.

Ambil contoh mobil-mobil merk Toyota. Berikut ini informasi mengenai letak nomor rangka mesin dan nomor mesin untuk mobil Toyota Avanza, Yaris, Kijang Innova, Camry, Fortuner, Rush, Alphard, Vios, Corolla Altis, Dyna, Hilux serta Prius.

Nomor rangka Toyota Avanza berada pada body terletak di samping depan kiri dekat power steering. Untuk Nomor mesinnya terletak pas di bawah sensor VVTI (ovc sensor).

Kijang Innova baik tipe bensin maupun diesel, nomor rangkanya berada pada roda depan kiri bagian dalam. Dan untuk nomor mesin untuk tipe bensin ada di bagian bawah intake manifold. Tipe diesel dengan nomor mesin terletak di bagian bawah Commonrail (injeksi diesel).

Untuk Nomor rangka Toyota Yaris pas terdapat di bawah jok depan kanan pengemudi. Nomor mesinnya ada tepat di bawah Intake Manifold.

Toyota Camry sendiri memiliki nomor rangka di bagian bawah wiper bagian depan dan untuk nomor mesin terdapat di samping Exhaust Manifold atau di bawah selang radiator.

Berikutnya adalah Toyota Fortuner yang nomor rangkanya terletak pada roda depan kiri bagian dalam baik kendaraan yang tipe bensin maupun diesel. Lalu, nomor mesin Toyota Fortuner tipe bensin terletak pas di bawah Intake Manifold. Fortuner Tipe diesel terletak tepat dibawah Commonrail atau Injeksi Diesel.

Selanjutnya adalah Toyota Rush yang memiliki nomor rangka pada body samping depan kiri dekat power steering serta nomor mesin terletak tepat di bawah sensor VVTI atau Ocv Sensor.

Toyota Vios atau Limo nomor rangkanya berada di bawah jok depan kanan pengemudi yang nomor mesin terdapat tepat di bawah Intake Manifold.

Sedang Toyota Altis, nomor rangkanya berada di bawah jok depan kanan pengemudi dan untuk nomor mesin berada di dekat Exhaust Manifold atau mesin bagian belakang.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI