Membuka Usaha Dealer Mobil

Dealer merupakan sebuah usaha yang dijalankan oleh perorangan atau kelompok. Tugasnya adalah sebagai distributor barang yang dijual dari produsen kepada konsumen. Secara umum, dealer lebih dikenal dengan agen penjualan. Biasanya dealer meliputi dealer motor, dealer mobil, ataupun dealer sepeda.

Peluang bisnis dealer mobil

Keuntungan yang menjanjikan dari bisnis dealer khususnya dealer mobil membuat salah satu usaha ini masih banyak diminati. Dengan pesatnya para pengguna mobil atau peminat mobil membuat dealer-dealer mboil di Indonesia juga berkembang dengan pesat. Meskipun harus memiliki modal yang cukup besar untuk menjadi seorang dealer atau memiliki usaha dealer, namun investasi ini tidak akan sepi peminat. Sehingga tentu saja keuntungan yang akan diraih pun selalu ada. Namun untuk mengetahui lebih lanjut saat membuka usaha dealer mobil yaitu sebagai berikut;

  • Modal awal

Meskipun dapat dikatakan bahwa jumlah atau total modal awal relatif pada massing-masing si pembuka usaha dealer mobi. Modal yang dikeluarkan biasanya meliputi biaya untuk lahan, konstruksi bangunan dan pastinya penyediaan stok mobil yang akan dijual. Sedangkan untuk penyediaan stok mobil, di awal kerja sama si pembuka usaha dealer akan memiliki ikatan kontrak kerja sama dengan target penjualan per bulan.

Misalnya jika si pembuka dealer menyanggupi menjual 30 unit mobil, maka di bulan berikutnya akan kembali dikirim 30 unit mobil meskipun target penjualan di bulan lalu belum tercapai atau dengan kata lain belum terjual. Sehingga dana untuk stok selama 2 bulan harus disiapkan oleh si pembuka dealer.

Adapun biaya tambahan lainnya seperti menginvestasi peralatan bengkel, perizinan usaha, perlengkapan kantor yang biasanya meliputi komputer untuk administrasi, meja-kursi, sofa dan pelengkap lainnya.

  • Mengenal produk dengan baik

Menguasai produk dengan baik akan memberikan kemudahan dalam memasarkan atau mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen atau calon pembeli. Maka perekrutan salesman adalah hal yang dibutuhkan namun tentunya salesman dengan kriteria yang dapat membantu tercapainya target penjualan.

  • Membuat proposal kerja sama

Langkah selanjutnya dalam proses membuka dealer adalah membuat proposal kerjasama. Biasanya jika proposal pepngajuan menjadi dealer lolos, maka akan terdapat pelatihan untuk mengelola dealer. Pertanyaannya, ke mana proposal tersebut harus diajukan? Jawabannya tentu saja pada dealer utama atau ATPM yang merupakan singkatan Agen Tunggal Pemegang Merk, misalnya mobil khusus merk Toyota yang nantinya akan mendukung usaha si pembuka dealer yang baru.

Selain informasi di atas dalam usaha membuka dealer, hal yang terpenting adalah kerja keras sera kesabaran dalam menjalan usaha ini. Harus diketahui bahwa balik modal dari bisnis ini mungkin cukup lama karena bisa jadi memakan waktu 2 hingga 5 tahun. Rata-rata tidak langsung dalam 1 tahun. Selain itu terdapat juga biaya operasional yang nantinya akan menjadi salah satu pengeluaran seperti gaji karyawan, pembayaran air dan listrik, promosi serta perawatan peralatan. Namun keuntungan tertunda yang nantinya akan didapatkan dalam jangka waktu tahunan tersebut akan didapat lebih banyak.

Usaha dealer biasanya melayani penjualan satu merk mobil atau juga multi. Salah satunya yaitu dealer Hadji Kalla Toyota Mamuju di Sulawesi Barat, tepatnya di Jalan Sudirman No. 1, Mamuju atau bisa mengontak sebelum datang langsung ke tempatnya seperti melalui telepon di 042621521 atau melalui fax. 042621477. Bukan hanya melayani pembelian cash, di sini juga dapat membeli secara kredi dengan uang muka rata-rata 10 juta hingga 20 juta, tergantung dari jenis model mobil Toyota yang rata-rata seharga ratusan juta hingga bahkan milyar rupiah.baca juga toyota di bulukumba

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI