mengenal ecu untuk mobil toyota

Kenali ECU Mobil Toyota Anda Lebih Dekat

Mengenal ECU untuk mobil toyota perlu untuk dilakukan, agar Anda mampu mengerti kondisi dari mobil Anda. ECU atau Electronic Control Unit merupakan teknologi yang mengatur volume udara yang masuk, kecepatan mesin, suhu air hingga posisi throttle atau akselerator pada mobil Anda. Toyota menggunakan ECU pada teknologi VVT-i yang merupakan teknologi yang mengatur buka-tutupnya katup pada mobil Toyota.

Tentang ECU

ECU sering juga disebut sebagai ECM atau Engine Control Module yang merupakan komputer mobil, berfungsi untuk mengontrol serta mengatur kerja mesin mobil menggunakan beberapa sensor yang ada pada mesin. ECU terdapat pada mobil yang memiliki jenis mesin EFI atau biasa kita kenal sebagai mobil injeksi. Letak serta bentuk dari ECU juga beragam, tergantung pada jenis mobil yang memakainya. Tetapi kebanyakan ECU diletakkan dibawah dashboard sebelah kiri.

Mengenal ECU untuk mobil Toyota berarti juga mengerti bagaimana bentuknya. Bentuk dari ECU yakni persegi panjang, tipis dan memiliki beberapa rangkaingan elektronik serta software di dalamnya. ECU memiliki fungsi untuk mengatur pencampuran udara dan bahan bakar di ruang bakar yang disesuaikan dengan keperluan.

ECU juga mengatur proses pembakaran, kinerja AC kendaraan, mengontrol mesin ketika stationer hingga mengontrol serta mengatur kinerja seluruh kegiatan mesin pada mobil Toyota. ECU juga memiliki kemampuan untuk melihat adanya kerusakan pada komponen mobil.

Masalah pada ECU

ECU yang mengalami kerusakan bisa dilihat dari beberapa gejala seperti :

  •  Mobil yang susah untuk dihidupkan
  •  Bahan bakar lebih boros
  • Mesin sering tersendat atau tidak stationer
  • Berkurangnya tenaga mesin

Selain beberapa hal diatas, hal yang cukup parah bisa terjadi jika ECU rusak yakni rusaknya lampu check engine, bisa saja lampu terus menyala hingga mati total. Jika Anda melihat beberapa gejala tersebut, sebaiknya bawa mobil Toyota injeksi Anda ke bengkel agar segera ditangani.

Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan ECU mengalami kerusakan?

Kerusakan pada ECU bisa disebabkan oleh beberapa hal. ECU sebenarnya telah dibuat sekuat mungkin, seperti tahan pada guncangan serta mampu menghadapi perubahan arus atau tegangan. Tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa ECU tidak akan mengalami masalah.

Mengenal ECU untuk mobil Toyota yang baik tentu mengerti bagaimana ECU bisa rusak atau bermasalah. Biasanya ECU rusak disebabkan oleh faktor usia kendaraan yang cukup lama serta jarak tempuh mobil yang cukup jauh. Selain itu, adanya komponen yang terbakar juga bisa menyebabkan ECU mengalami kerusakan.

Penyebab ECU rusak bisa dibagi menjadi 2, yakni karena faktor luar maupun karena sistem EFI sendiri.

  1. Faktor Eksternal
  • ECU yang terendam karena banjir ataupun dicuci
  • ECU mengalami benturan yang cukup keras
  • Mobil berada pada daerah yang memiliki cuaca ekstrem
  • Mobil berada pada daerah yang radiasi gelombang elektromagnetiknya memiliki tingkat cukup tinggi
  1. Faktor Sistem EFI
  •  Penanganan yang tidak sesuai dengan standarnya. Umumnya kejadian ini terjadi pada bengkel yang tidak memiliki kemampuan atau pengalaman memperbaiki kendaraan injeksi atau EFI.
  • Aksesoris tambahan pada mobil juga bisa menyebabkan ECU mengalami masalah. Penambahan aksesoris yang berlebihan akan menyebabkan arus serta supply tegangan ECU menurun dan ECU akan terganggu.
  • Usia mobil yang melebihi 10 tahun juga bisa menyebabkan ECU bermasalah. Untuk itu, agar kendaraan Anda baik, Anda benar-benar harus memahami dengan baik tips mengenal ECU untuk mobil Toyota.

semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda,jika ada keluhan serta penawaran bisa klik link ini toyota e-care

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI