mengenal teknologi cruiser kontrol mobil

Mengenal Teknologi Cruiser Kontrol Mobil

Mungkin bagi sebagian orang termasuk Anda, ada yang belum mengenal dan mengetahui tentang Cruiser kontrol mobil. Apakah itu? Cruise kontrol mobil memang belum begitu banyak dipergunakan di negara Indonesia, tetapi sudah cukup terkenal di beberapa negara luar baik itu Eropa maupun Amerika. Berikut ini akan kami bahas lebih lanjut mengenai teknologi cruise control untuk Anda.

Apakah Itu Cruise Control dan Apa Kelebihannya?

Saat ini hampir sebagian mobil-mobil mempunyai berbagai fitur teknologi yang sangat memudahkan pengendaranya, salah satu yang menjadi unggulan adalah Cruise kontrol mobil. Fitur teknologi ini memungkinkan izin pengemudinya mengendarai mobil menggunakan kecepatan yang relatif stabil tanpa harus menekan bagian pedal gas secara dalam.

Salah satu kelebihan teknologi ini bisa dirasakan secara langsung ketika berada di jalan tol. Pengemudi seringkali merasakan letih karena dituntut menekan pedal gas secara terus menerus. Penggunaan Cruise kontrol ini memungkinkan pengendara mengemudikan mobilnya agar berjalan dengan kecepatan konstan sesuai yang diinginkan tanpa harus bercapek-capek ria.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Teknologi Cruise Control?

Lantas bagaimana cara memanfaatkan teknologi ini dengan benar? Anda cukup mengaktifkannya dengan satu tombol saja, tetapi sebelumnya pengemudi hanya dapat mengaktifkan teknologi ini di atas kecepatan 40 kilometer / jam. Biasanya fitur tombol cruise control ini akan melakukan penonaktifan diri ketika pengendara mulai menginjak pedal rem.

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi, maka fitur cruise control pun muncul, mengalami perbaikan serta penambahan fitur canggih. Kini sudah muncul lagi fitur terbarunya yaitu ACC atau Adaptive Cruise Control, yang bisa mengatur kecepatan otomatis dan mampu membaca berbagai halangan yang ada di depannya. Adapun teknologi ini juga menggunakan jenis sensor guna membaca keadaan lingkungan di sekitarnya. Ketika mobil di depan kita mengurangi kecepatannya, maka teknologi ini pun mengurangi kecepatan. ACC pun mampu melakukan kondisi pengereman otomatis apabila dibutuhkan tanpa menunggu perintah pengemudi.

Ternyata teknologi cruise control juga mempunyai kekurangan disamping kelebihannya yang mutakhir. Teknologi ini tidak mampu dimanfaatkan untuk jalan berkelok ataupun yang penuh tikungan tajam. Kelemahan ini disebabkan oleh karakteristik jalanan yang membutuhkan pengereman serta kontrol utama pengemudi guna menghindari terjadinya kecelakaan. Medan jalan yang seperti ini membutuhkan banyak pengereman yang bisa menonaktifkan sistem cruise control. Maka dari itu sistem teknologi Cruise Kontrol mobil ini tidak pas atau kurang cocok bila dipergunakan dalam perkotaan padat penduduk yang sering sekali mengalami kemacetan.

Dewasa ini, di negara khususnya empat musim, fitur teknologi cruise kontrol ini malah tidak disarankan digunakan karena mobil dapat mengalami resiko selip serta kehilangan traksi, pada cuaca ekstrim contohnya musim dingin dimana salju tumbuh lebat dan membuat jalanan licin. Maka dari itu, mobil yang memakai teknologi ini harus dipergunakan dengan tepat dan sesuai dengan situasi maupun kondisi yang ada.

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI