baj

Ketika musim hujan datang tentu harus mengetahui bagaimana tips merawat kendaraan pada saat musim hujan. Karena pada dasarnya ketika musim hujan datang, kendaraan menjadi dampak yang sangat besar jika terkena air hujan. Dan tidak jarang bahkan sering terjadinya kecelakaan karena kondisi kendaraan yang terkena dampak dari air hujan. Dan cara yang tepat dalam mengoptimalkan kondisi kendaraan tentu harus dilakukan. Cara yang dilakukan tentu harus melalui tahap yang dilakukan secara rutin agar hasilnya menjadi maksimal.

Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Tips merawat kendaraan pada saat musim hujan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Cek Suspensi

Untuk menghadapi musim hujan, suspensi dari kendaraan baik motor atau mobil agar selalu dalam kondisi yang terbaik. Dan bisa tetap dikendalikan dengan baik meskipun dalam keadaan jalan yang licin. Sehingga bisa terhindar dari risiko kecelakaan yang dapat datang kapan saja.

  1. Wiper

Untuk mobil, bagian wiper sangat penting untuk mencegah air hujan yang ada di kaca depan mobil. Tentu ketika wiper tidak berfungsi secara sempurna akan mengganggu pandangan pengendara ketika hujan datang. Periksa karet pada wiper apabila memang sudah menipis dan juga bagian sistem kelistrikan pada wiper apakah masih bekerja dengan baik.

  1. Mencuci

Ketika terkena air hujan, tentu harus melakukan cuci kendaraan. Dan dalam mencuci kendaraan, diharuskan mencucinya dengan baik dan benar. Karena jika masih terdapat bagian yang kotor dan tidak bersih akan meninggalkan karat pada kendaraan Anda.

  1. Bersihkan Menyeluruh

Bukan hanya bagian luar dari mobil saja, tetapi sebaiknya memperhatikan kebersihan bagian dalam mobil. Karena ketika berada di luar mobil dan memakai sepatu yang masih basah dan masuk ke dalam mobil. Maka nantinya akan meninggalkan air yang masih terbawa. Baik menempel pada jok mobil atau bagian yang lainnya. Untuk itu selalu membersihkan mobil secara menyeluruh agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil.

  1. Sistem Pengapian

Komponen pada sistem pengapian sangat rentan sekali terhadap kondisi hujan. Memeriksa keadaan busi apakah masih dapat digunakan dengan baik. Dan juga memeriksa bagian kabel, apakah ada yang memang harus dilakukan penggantian atau tidak sama sekali.

  1. Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan sangat perlu diperiksa, karena ketika terkena air maka akan mengalami gangguan dan mesin akan mengalami mati total. Memastikan arus listrik yang mengalir menuju starter tetap kuat dan juga stabil. Sehingga nantinya bisa terhindar dari masalah “mogok”.

  1. Cek Angin Pada Ban

Jangan sampai nantinya ketika sedang berkendara terkena hal yang bernama “ban bocor” ataupun ban kempes karena digunakan saat hujan. Dan lebih baik selalu mengecek kondisi pada agar tidak terjadi masalah.

Mengecek Kendaraan Secara Optimal

Berbagai kondisi yang bisa terjadi pada kendaraan yang tidak diharapkan tentunya dapat terjadi kapan saja dan juga dimana saja. Oleh karena itu, harus melihat bagaimana kondisi kendaraan selalu dalam keadaan yang prima. Sehingga nantinya dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Selain itu juga rutin melakukan servis kendaraan agar kondisi kendaraan tidak terjadi masalah. Melakukan servis setiap 3 bulan sekali bisa dilakukan dalam usaha menjaga kondisi kendaraan. Karena rentang waktu tersebut dirasa sangat ideal dalam mengganti berbagai masalah yang biasanya memang muncul, khususnya ketika musim hujan datang. Air hujan juga bisa saja masuk ke dalam bagian mesin mobil, bagian pintu dan juga bagian yang sulit terjangkau lainnya. Demikian informasi tentang tips merawat kendaraan pada saat musim hujan, semoga informasi ini berguna dengan baik.

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI