Pasar Otomotif Menurun.. Toyota 'Senyum Simpul'

Bulan Mei lalu, pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) anjlok 32,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penurunan terutama dialami segmen medium SUV sebesar 37,7%, high 23,2%, dan high compact 31,5%.

Tapi Tidak Untuk Toyota, di segmen ini yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV menunjukkan keunggulannya, dengan tetap meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush dalam semangat Let’s Go Beyond yaitu TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo, dengan kapasitas 7 penumpang berhasil mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.252 unit atau naik 28,2% sehingga berhasil menjadi market leader di segmennya.

Sementara itu, pada periode yang sama All New Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini, masih tetap memimpin di segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 2.292 unit dengan market shares 33,2% di kelasnya. Bukti bahwa, Respons pelanggan terhadap SUV Toyota tetap tinggi, meski secara keseluruhan di pasar otomotif nasional penjualan di segmen SUV ini mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Untuk Segmen hactback, Agya berhasil mencatat pertumbuhan penjualan 8,8% sehingga market shares naik menjadi 42,5%, Etios market shares naik menjadi 19,1% dan pangsa pasar Yaris tumbuh 15,5% sehingga mampu menguasai pangsa pasar sebesar 52,2%.

Di Kelas MPV, Toyota tetap memimpin dengan angka penjualan 18.299 unit dengan market shares 54%. Toyota Avanza sebagai market leader segmen low MPV berhasil meraih penjualan 13.296 unit sehingga market shares Avanza kini menjadi 54,1%. Sementara itu, Kijang Innova di segmen medium MPV meraih angka penjualan sebesar 4.759 unit dengan market shares 72,5%.

Pasar Otomotif Menurun.. Toyota 'Senyum Simpul'

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI