29517_29516_29515_29514_29511_29510_29509_29508_29507_22779_22776_22774_eibach-pro-kit-lowering-springs-civic-type-r-07-11-fn2-3773139230563552fce5e38f02d

TIPS PENGGANTI PER MOBIL BIAR NYAMAN

Kenyamanan adalah hal utama yang diinginkan oleh penumpang maupun pengemudi saat dalam perjalanan. Untuk itu, banyak orang khususnya yang memiliki mobil melakukan banyak hal untuk membuat mobilnya nyaman saat dikendarai. Kenyamanan pada mobil biasanya yang berkaitan dengan suspensi. Setiap jenis mobil tentu memiliki karakteristik yang berbeda pada peredaman suspensinya. Perbedaan itu biasanya berhubungan dengan apakah per tersebut terasa empuk atau keras saat mobil dikendarai. Per yang kurang empuk membuat pada pengendara mobil tentu menjadi tidak nyaman.

Jenis Per Dan Tipsnya

Untuk mengganti per mobil anda, sebaiknya dikonsultasikan dulu pada ahlinya. Disana anda akan diberikan beberapa penjelasan terkait hal tersebut.

 

  1. Per Keong (Shockbeaker/ ulir)

Pada mobil yang memiliki per yang tidak pas biasanya akan mengeluaran suara anek saat mobil dikendarai, terutama saat melintasi jalanan yang rusak. Jika anda memilih per usahakan tingginya sama dengan as sokbreker. Hal ini untuk mencegah agar tidak goyang dan mangkok tidak lepas. Jenis per ini bermacam- macam, namun untuk memilik per yang keras atau empuk terdapat kategorinya. Beberapa kategori diantaranya, pertama memperhatikan diameter batang per. Jika diameternya besar, itu berarti per keras. Namun sebaliknya jika diameternya kecil berarti empuk. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah jarak lilitan. Per dengan jarak lilitan renggang merupakan per dengan kategori keras. Selain kedua hal tersebut, material per juga bisa menjadi ukuran apakah per keras atau empuk. Per dengan meterial baja biasanya lebih lentur.

  1. Per Daun (Leaf Spring)

Per jenis ini adalah yang sering dipakai pada jenis minibus dan truck. Intinya, untuk mobil yang bermuatan barang biasanya memakai jenis per ini. Jika jenis per ini digunakan pada mobil penumpang, sudah tentu tidak nyaman. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sementara anda masih memakai sokbreker oli, maka bisa anda ganti dengan model gas. Hal ini akan membantu dalam memperoleh pantulan ke atas atau yang sering disebut dengan istilah rebound. Untuk memperkeras bantingan, lembaran bisa ditambah dan sesuaikan ukurannya dengan kuping yang mengikat lembaran di rangka. Sebaliknya agar lebih empuk, lembaran bisa dikurangi.

BACA JUGA:

modifikasi-toyota-agya-makassar

Cara Lain Nyeperin Mobil

Selain cara- cara di atas, nyeperin mobil bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Penjepitan Per (Spring Clamping)

Cara ini dilakukan dengan menjepit beberapa ulir per dengan menggunakan clam atau mengikatnya dengan kawat baja. Cara ini banyak dipilih oleh mereka yang suka dengan tampilan lebih pendek.

  1. Lowering Spring

Cara kedua ini adalah yang sering dianjurkan saat ini, yaitu dengan mengganti per dengan per aftermarket. Proses ini dilakukan dengan cara yang tidak mudah. Segala sesuatu tentang per yang meliputi bentuk, bahan dan ukuran per harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan baik.

  1. Shock KIT

Cara ini merupakan paket pergantian per dengan shock. Shock kit bisa disetel tinggi atau rendah, tingkat kekerasan juga diperhitungkan sehingga pergantiannya menjadi jelas dan maksimal.

Demikian beberapa tips untuk ganti per mobil yang bisa menjadi referensi untuk anda. Di dalam melakukan pergantian, diskusikan terlebih dahulu dengan ahlinya agar hasilnya bisa sesuai keinginan. Terlebih lagi keselamatan tetap terjaga. Bagi orang tertentu pergantian per bisa dijadikan modifikasi mobil, namun sebagian orang memang ingin menjadkan mobilnya menjadi lebih nyaman dan memiliki suspensi yang empuk. Berbagai cara tersebut bisa dilakukan dan disesuaikan dengan keadaan dan merk mobil anda.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI