persiapan mudik

Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Toyota.

Setiap tahunnya, warga Indonesia pasti menantikan salah satu momen penting berjuluk lebaran yang merupakan kesempatan untuk menjalin silaturahim lebih dalam dengan kawan maupun keluarga di desa yang mungkin sudah lama tak bersua. Banyak orang termasuk Anda tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk pulang kampung atau mudik dan menyambut momen gembira bersama keluarga di kampung halaman. Selain itu, Anda juga tak ingin melewatkan kesempatan untuk berkeliling dan mengunjungi sanak saudara maupun sahabat selama momen lebaran berlangsung. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan kendaraan Anda untuk keperluan lebaran tersebut. Mobil Toyota terbukti merupakan pilihan tepat untuk menemani Anda dan keluarga saat mudik dan berkeliling. Akan tetapi, Anda tetap harus melakukan Persiapan Mudik menggunakan mobil toyota untuk memastikan bahwa perjalanan mudik Anda aman dan nyaman. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai langkah untuk mempersiapkan kendaraan Anda saat mudik lebaran.

Cek Mesin

Tidak bisa dipungkiri bahwa mesin merupakan salah satu bagian paling penting pada kendaraan Anda. Toyota boleh jadi mempunyai mesin tangguh yang senantiasa siap mengantar Anda ke mana saja. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan perjalanan mudik, hal pertama yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai langkah persiapan adalah melakukan pengecekan terhadap mesin mobil Anda. Ada beberapa komponen vital pada mesin yang perlu Anda cek dengan saksama termasuk oli transmisi, air radiator, minyak power, minyak rem, dan lain sebagainya. Hasil pengecekan yang optimal bisa Anda dapatkan jika Anda melakukannya di diler Toyota terdekat. Selain mesin, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada semua lampu yang ada termasuk lampu utama dan lampu kabut karena keduanya sangat berguna untuk menerangi kondisi jalan kususnya di malam hari atau ketika cuaca berkabut. Tentu Anda juga tidak boleh lupa untuk melakukan pengecekan pada lampu isyarat pada mobil Anda termasuk lampu belakang, lampu, sen, dan lampu rem. Sebaiknya Anda juga melakukan prosedur general checkup yang meliputi pengecekan mesin, kelistrikan mobil, chassis, dan drive train yang disesuaikan dengan odometer mobil Anda.

Kaki-Kaki

Mesin bukan satu-satunya bagian penting pada mobil Anda karena Anda juga perlu memastikan bahwa kaki-kaki mobil menjalankan fungsinya dengan sempurna. Mendeteksi fungsi kaki-kaki mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mendengarkan bunyi kaki-kaki mobil. Jika tidak ada bunyi, kemungkinan kondisi kaki-kaki mobil masih bagus. Indikasi masalah pada kaki-kaki mobil bisa dirasakan melalui handling pada mobil itu sendiri. Jika Anda merasakan bahwa kaki-kaki mobil masih cukup bagus, hal yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan prosedur spooring sehingga mobil Anda tetap bisa dikendalikan dengan mudah selama perjalanan mudik. Tentu Anda juga tidak boleh lupa untuk memberikan perhatian lebih terhadap rem mobil Anda. Rem mempunyai peran yang sangat penting dalam mengendalikan laju kendaraan Anda. Jika Anda ingin menikmati perjalanan mudik yang nyaman dan aman, tidak bisa dipungkiri bahwa Anda wajib melakukan pengecekan terhadap fungsi rem mobil Anda. Pengecekan rem ini menjadi sangat penting apalagi jika Anda sudah lama tidak melakukan servis pada mobil Anda. Memang sebaiknya Anda melakukan servis rutin pada mobil Anda paling lama enam bulan sekali. Dengan pengecekan rem yang dilakukan secara rutin, rem akan dibongkar sekaligus dibersihkan. Selain itu, servis rutin ini justru akan membantu Anda untuk mengetahui lebih dini jikalau rem mobil Anda memerlukan penggantian.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI