sales-rekomendasi-toyota-makassar

Mari Periksa 5 Cairan Ini Untuk Kenyamanan Berkendara Anda

Guna mendapatkan sensasi kenyamanan saat berkendara, tidak hanya berkutat dengan beragam fitur penunjang yang dimiliki oleh mobil atau mungkin fasilitas audio yang mumpuni, karena hal tersebut baru bisa dinikmati saat kondisi mobil dalam keadaan prima. Lalu bagaimana menjaga mobil Toyota anda tetap prima? Pastinya, dengan melakukan pemeriksaan rutin. Dan terdapat beberapa bagian yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri, tanpa harus bertamu ke bengkel, salah satunya yaitu mengecek berbagai macam cairan di balik kap mesin.

Dimulai dari cairan yang berperan amat penting di dalam jantung mekanis hingga yang mampu menyajikan pandangan yang jernih saat berkendara. Tak hanya menjelaskan perannya dan cara memeriksanya, toyota-makassar.net juga akan memaparkan kejadian-kejadian yang bisa dihindari jika rutin melakukan pemeriksaan tersebut, seperti contohnya mesin tidak bisa menyala, rem mobil tidak optimal sampai dengan overheat.

Ok, Apa sajakah yang termasuk cairan tersebut? Berikut toyota-makassar.net sampaikan penjelasannya

Pelumas Mesin

tips-merawat-mobil-toyota-di-makassar
Di urutan pertama yang harus diperiksa yaitu pelumas mesin alias oli mesin. Cairan ini merupakan hal yang vital di dalam depot tenaga, karena tugas yang diembannya berupa mencegah gesekan dan mengurangi panas yang terjadi akibat proses pembakaran. Untuk mengeceknya mudah saja, hanya dengan menggunakan deep-stick (atau mudahnya dibaca dipstick). Dimana prosesnya adalah tarik tuas dipstick kemudian lap dengan kain bersih dan dicelup lalu beberapa detik diangkat kembali.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui seberapa besar ketersediaan pelumas di dalam depot tenaga via indikator berupa huruf F (Full) atau H (High) dan L (Low). Apabila kondisinya berada di antara dua garis tersebut, artinya kondisi masih normal, tetapi bila berada di L atau dibawahnya, segera untuk menambah pelumas dengan viskositas yang sama.

Tak hanya itu, kualitas dari pelumas mesin juga tergambar via warna yang menempel di dipstick. Jika warna yang ditampilkan berwarna kuning kegelapan, maka Anda boleh menggunakannya, tetapi bila sudah kehitaman, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan rutin yang didalamnya termasuk penggantian pelumas mesin dan juga filter oli. Apabila tidak dijalankan pergantian tersebut bisa merusak berbagai komponen di dalam ruang mesin.

Minyak Rem

tips-merawat-mobil-toyota-di-makassar
Saat mobil berjalan, komponen lain yang diperlukan untuk dicek berikutnya adalah peranti deselerasi dan salah satu komponennya adalah minyak rem. Adapun peran yang dijalaninya adalah untuk melapisi perangkat pengereman di mobil Toyota Anda. Karakter dari minyak rem ini mempunyai tingkat kekentalan yang stabil pada suhu tinggi ataupun rendah dan dibekali dengan titik didih yang tinggi, untuk dapat mengatasi panas yang berlebih sebagai efek dari pengereman.

Lokasi yang menjadi tempat domisili minyak rem berada di bagian belakang dan ukurannya tergolong kecil. Sama seperti pelumas mesin, cara memeriksanya, cukup dengan melihat level atau tingkatan minyaknya, melalui botolnya yang memiliki skala volume. Rem berfungsi tidak sempurna meskipun sudah ditekan, merupakan salah satu ciri bila minyak rem ini berkurang. Secara klasifikasi, minyak rem dikategorikan dengan kode DOT atau Departement Of Transportation dari Amerika Serikat, dimana semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi pula titik didihnya. Untuk spesifikasi dari minyak rem yang sesuai dengan mobil Toyota Anda, bisa dilihat pada buku manual kendaraan.

Cairan Radiator

tips-merawat-mobil-toyota-di-makassar
Menjaga suhu mesin agar tetap stabil merupakan tugas dari radiator dan salah satu pendukungnya adalah cairan pendinginnya, yang biasanya disebut sebagai engine coolant atau cairan radiator. Mengingat, pekerjaannya yang selalu berkaitan erat dengan radiator, maka penempatan dari tangki penyimpanan cairan ini, tidak akan jauh dari lokasi radiator. Untuk memeriksanya, cukup dengan melihat ketinggiannya yang berada pada posisi normalnya yakni berada di antara level max (maksimum) atau min (minimum).

Untuk mobil-mobil toyota keluaran teranyar, bila tangki penyimpanannya berkurang ketinggiannya, maka direkomendasikan untuk menggunakan cairan khusus, bukan menambahkannya dengan air keran. Perbedaannya dengan air keran terdapat pada jenis karakternya yakni bersifat penyerap panas, mencegah endapan dan tidak bersifat korosif. Selain itu, apabila terlihat sudah keruh, disarankan untuk melakukan pengurasan air radiator dan mengisinya lagi dengan spesifikasi yang sesuai dengan standar pabrikan, misalnya Toyota. Kejadian yang bisa terjadi ketika lalai memperhatikan hal ini adalah mesin mengalami overheat dan tidak bisa berjalan.

Aki / Baterai

tips-merawat-mobil-toyota-di-makassar
Sulit starter atau kondisi ekstrimnya, mesin mobil tidak mau menyala merupakan beberapa kejadian yang dapat dialami bila Anda lupa untuk memeriksa aki. Komponen yang disebut juga sebagai baterai mobil ini, berdasarkan jenisnya dapat dibagi menjadi dua, yakni low maintenance (minim perawatan) atau umumnya dikenal aki basah dan free maintenance (bebas perawatan) atau disebut juga dengan aki kering. Meskipun ada istilah basah atau kering, namun kedua jenis aki ini tetap menggunakan cairan kimia H2SO4 atau asam sulfat.

Cara memeriksanya cukup mudah, untuk aki basah, cukup mengacu kepada indikator garis bertuliskan upper level sebagai batas atas dan lower level untuk batas bawah di bagian depan atau sampingnya. Apabila, hasil pengamatan memperlihatkan garis dari air aki mendekati lower level maka ada baiknya untuk melakukan pengisian ulang dengan aquades. Lalu bagaimana dengan aki kering? Karena sifatnya bebas perawatan, Anda tidak perlu melakukan pengisian ulang, namun cukup melihat indikator warna pada bagian atasnya, jika masih berwarna hijau atau biru maka posisi aki masih prima dan bila putih artinya setrum di dalam baterai tersebut telah berkurang dan alangkah baiknya melakukan pengecasan.

Air Wiper

tips-merawat-mobil-toyota-di-makassar
Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah cairan pembasuh kaca. Karena, kinerja dari wiper tanpa cairan ini akan menjadi sia-sia terutama saat kondisi kaca depan mobil sedang kotor. Ya, karet wiper membutuhkan cairan dalam rangka membasuh kaca depan atau belakang dengan lebih baik dan ketika memaksakan untuk mengaktifkannya, maka pandangan menjadi tidak jelas dan tentunya akan mengganggu kenyamanan dalam mengemudi apalagi saat hujan. Posisi dari tabung penyimpanan air wiper umumnya, menempati area samping dari bonnet mobil. Pun untuk volume dari tempat penyimpanannya menggunakan satuan liter.

Meskipun terdengar cukup sepele, akan tetapi, banyak pengguna mobil masih mengisi komponen ini dengan air keran bila sudah habis. Padahal, untuk hasil maksimal, dibutuhkan cairan dengan konsentrat khusus yang bertujuan mengoptimalkan kinerja wiper. Di pasaran, air wiper khusus ini, identik dengan warna kebiruan dan metode dalam penggunaannya ada yang tinggal dituang dan juga model dicampurkan dengan air melalui perbandingan yang sudah ditentukan. Ketika digunakan, maka semprotan akan menghasilkan busa ke kaca dan saat disapu oleh wiper maka kaca mobil menjadi lebih jernih pandangannya.

Untuk informasi terkait dengan promo, spesifikasi, harga, pembelian dan prosedur pemesanan Toyota di Makassar, silahkan hubungi nomor kontak dibawah ini

MARKETING & SALES
MARIO IRIANTO H
081242158413 | PIN BB : 5F566460

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI