tips mengendarai mobil selama bulan puasa

Beragam Tips Mengendarai Mobil selama Bulan Puasa

Tips mengendarai mobil selama bulan puasa mutlak diperlukan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ketika sedang berpuasa. Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan. Tak peduli apapun kegiatan Anda, puasa harus dijalankan. Termasuk berkendara jauh, tak bisa menjadikan siapapun menghindari puasa. Tak jarang siapapun yang berkendara selama bulan puasa mengalami perasaan kurang nyaman karena badan yang lemas, mengantuk juga sulit fokus. Maka dari itu, perlu beberapa strategi berkendara ketika sedang menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Apakah Anda berencana mengendarai mobil selama bulan puasa? Simak tips mengendarai mobil selama bulan puasa berikut ini.

Makanan Bergizi saat Sahur dan Buka

Memakan makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka merupakan hal yang paling utama yang harus Anda perhatikan. Ketika Anda mengendarai mobil selama berpuasa, cukup banyak tenaga yang Anda butuhkan. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga tersebut, Anda harus memakan makanan yang bergizi saat sahur maupun berbuka.

Jika hal ini dilakukan, kantuk yang biasanya terasa akan diminimalisir kemunculannya dan badan Anda juga menjadi tidak mudah lemas. Selain makan makanan yang bergizi, pastikan juga Anda cukup minum agar Anda tetap bisa fokus ketika berkendara dan tidak lemas karena kekurangan cairan.

Biasanya dokter akan menyarankan bagi Anda yang akan berkendara selama bulan puasa untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran dengan kandungan serat tinggi agar tubuh fit ketika berkendara. Beberapa sayur dan buah yang memiliki kandungan serat tinggi yakni kentang, pisang, alpukat, apel dan sebagainya baca juga tips menghindari ngantuk pada saat berkendaraan

Hindari Mengkonsumsi Kopi atau Minuman Manis

Tips mengendarai mobil selama bulan puasa yang aman yakni menghindari kopi serta minuman manis. Jika Anda menyukai kopi dan minuman manis, sebaiknya hindari dahulu untuk mengkonsumsinya terutama saat sahur. Alasannya, minuman tersebut menyebabkan peningkatan kadar gula di tubuh Anda, sehingga Anda akan mudah buang air kecil. Padahal ketika sedang berpuasa, tidak ada air yang masuk. Hal ini akan menyebabkan tubuh kita lemas dan bisa mengalami dehidrasi. Sebainya kurangi mengkonsumsi kopi ataupun minuman manis lainnya dan peranyak meminum air mineral.

Periksa Mobil ke Bengkel

Sebelum Anda berpergian di bulan puasa, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel. Hal ini untuk memastikan keadaan mobil Anda aman untuk digunakan selama berpergian sehingga tidak akan menimbulkan gangguan.

Isritahat Cukup

Istirahat yang cukup mutlak diperlukan bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh selama berpuasa. Ketika sedang mengendarai mobil dan Anda merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya segera beristirahat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya ketika sedang berkendara, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat beberapa kali, seperti beristirahat ketika waktu makan siang, waktu sholat dan sebagainya. Istirahat juga merupakan salah satu faktor penting dalam tips mengendarai mobil selama bulan puasa.

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI