tips mengetahui stnk mobil bodong

Tips Mengetahui STNK Mobil Bodong

Diwajibkan bagi setiap orang untuk memahami tips mengetahui stnk mobil bodong, khususnya jike hendak membeli kendaraan roda empat ini. Baik kondisi mobil yang baru atau bekas, risikonya sama-sama mengkhawatirkan. Punya mobil baru pun menghadapi risiko yang sama. Ketika hendak melakukan proses perpanjangan STNK yang menggunakan jasa tertentu.

Pemilik kendaraan barangkali tak pernah tahu bagaimana proses itu dijalankan karena ia cuma membayar ongkos perpanjangan STNK itu. Risiko yang lebih besar juga bisa ditanggung oleh pembeli mobil bekas karena ia sudah mendapatkan kendaraan dari tangan kedua beserta surat-surat yang bukan atas nama dirinya sendiri.

Lalu bagaimanakah cara mengecek sekaligus memastikan bahwa STNK mobil yang diterima itu palsu atau asli? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Kualitas Cetakan Tinta

tips mengetahui stnk mobil bodong

Pastikanlah bahwa tinta yang tercetak pada STNK itu memang tak mudah luntur. Ciri pertama yang paling mudah untuk diidentifikasi ialah mengecek cetakan tinta pada STNK itu. Jika huruf-huruf atau cetakan lainnya terlihat kabur dan agak tidak jelas, STNK itu wajib diwaspadai. STNK yang asli selalu dicetak dengan menggunakan tinta berkualitas bagus alias sesuai standar. Gampang untuk membuktikannya. Percikkan sedikit air pada kertas STNK itu. Jika sedikit memudar atau luntur, dipastikan bahwa itu merupakan STNK abal-abal. Sebaiknya urungkan niat untuk membeli kendaraan itu jika tinta di STNK mudah luntur.

Hologram

tips mengetahui stnk mobil bodong

Cara berikutnya ialah dengan mengecek apakah STNK itu punya hologram korps POLRI. Stiker hologram ini merupakan satu-satunya tanda yang sangat mudah untuk diidentifikasi jika hendak memastikan keaslian dari sebuah STNK. Letaknya berada tepat di atas tulisan STNK. Kalau bentuknya tidak biasa, aneh, atau mencurigakan, jangan langsung membeli kendaraan itu. Tidak setiap orang bisa memastikan keaslian dari hologram ini karena penipu yang lihai barangkali punya kemampuan menirunya nyaris persis seperti asli. Oleh karena itu, sebaiknya bandingkan dengan contoh hologram korps POLRI yang asli. Bisa dengan meminjam milik teman dan membandingkannya. Namun kalau pada dasarnya memang sudah ragu, sebaiknya tak usah membeli kendaraan itu.

Benang Rajutan

IMG-20160525-WA0006

STNK yang asli juga punya tanda khusus yang tersembunyi. Wujudnya berupan benang rajutan yang berada di dalam STNK. Mirip dengan uang kertas asli yang punya semacam kertas tipis dan dimasukkan di dalamnya. Benang rajutan ini juga bisa ditemukan dalam STNK yang asli. Butuh sedikit kecermatan dan ketelitian untuk mengecek apakah di dalam STNK itu ada benang yang dimaksud. Jika tidak ada benang yang serupa itu, lebih baik batalkan saja niat untuk membeli kendaraan itu. Benang rajutan merupakan ciri dari STNK asli yang seharusnya bisa langsung dikenali jika cermat dalam mengecek lembaran surat kendaraan tersebut.

Solusi Lain?

Bagaimana jika masih kesulitan untuk mengidentifikasi keaslian dari sebuah STNK mobil? Kemungkinan ini sangatlah kecil karena rata-rata orang bisa langsung mengecek ciri-ciri di atas. Namun ada kalanya produk penipuan bisa dirancang dan dikemas secara presisi sampai-sampai kita nyaris sulit untuk membedakannya. Solusinya adalah dengan bertanya pada orang yang lebih paham atau mengajaknya saat mengecek keaslian dari sebuah STNK. Ada juga solusi dengan mengecek keaslian dari nomor kendaraan dan surat pajaknya dari internet. Cara ini bisa dilakukan pertama kali untuk memastikan terlebih dahulu nomor kendaraan dan informasi mengenai pemiliknya. Meskipun demikian, cek dengan cermat pada ciri-ciri fisik dari STNK mobil yang hendak dibeli.

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI