tips menghindari kejahatan di jalan raya

Tips Menghindari Kejahatan di Jalan Raya 

Tips menghindari kejahatan di jalan raya bagi para pengendara wanita memang saat ini sangatlah dibutuhkan, mengingat aksi kejahatan di jalan raya semakin marak terjadi belakangan ini. Tentunya hal tersebut semakin menuntut para pengendara harus lebih waspada setiap saat, terutama untuk para pengendara wanita yang dianggap sebagai mangsa empuk kejahatan jalan raya. Karena wanita cenderung tidak mampu melakukan perlawanan dan hanya pasrah ketika kendaraannya terpaksa harus diambil oleh pelaku kejahatan.

Ada banyak ragam modus kejahatan yang terjadi di jalan raya. Mulai dari penjambretan, pencurian kendaraan sampai dengan aksi perampasan yang disertai juga dengan kekerasan. Oleh karena itu, penting bagi para pengendara, terutama wanita untuk memperhatikan beberapa tips penting yang diharapkan mampu menghindarkan Anda dari kejahatan di jalan raya seperti yang ada di bawah ini.

Kenakan Pakaian Yang Lebih Aman

Berkendara yang lebih aman mengharuskan Anda sebagai wanita menggunakan pakaian tertutup, jaket tebal, celana panjang dengan sepatukets. Meskipun hal ini dilakukan semata-mata hanya agar identitas wanita Anda tertutupi selama berkendara. Dalam urusan pakaian ini termasuk juga memilih helm full face dibandingkan dengan helm feminin yang dipenuhi motif maupun corak.

Amankan Barang-barang Dalam Jaket

Ketika Anda lebih sering bepergian dengan membawa tas wanita untuk menyimpan barang-barang, maka Anda perlu menyiasatinya dengan menyembunyikan tas tersebut di dalam jaket. Hal ini juga berlaku untuk rambut Anda, jika memang Anda memiliki rambut yang cenderung panjang.

Waspada Selama Berkendara

Hal penting yang sama sekali tidak boleh luput dari ingatan Anda adalah terus waspada selama Anda sedang berkendara. Pastikan Anda memperhatikan sekitar melalui kaca spion setiap 5-8 menit. Ini harus Anda lakukan untuk memastikan tidak ada pelaku kejahatan yang tanpa Anda sadari sudah membuntuti kendaraan Anda.

Jangan Gunakan Jalan Sepi

Usahakan untuk menghindari jalanan yang sepi. Terutama ketika malam hari. Bahkan jika memang memungkinkan lebih baik Anda tidak mengemudi saat malam hari. Pasalnya pelaku kejahatan lebih sering melakukan aksinya di jalanan yang sepi, terutama saat malam hari. Karena mereka jauh lebih mudah melumpuhkan sasaran tanpa adanya massa.

Siapkan Perangkat Keamanan Tambahan

Gunakan berbagai perangkat keamanan tambahan di kendaraan Anda. Sekarang ini sudah sangatlah banyak produsen aksesori yang menjual peranti keamanan tambahan seperti misalnya immobilizer maupun Global Positioning System (GPS) yang dapat digunakan khusus untuk kendaraan roda dua

Bagaimanapun menghindari kejahatan dapat dilakukan berawal dari diri Anda sendiri. Jangan pernah memberikan kesempatan para pelaku kejahatan untuk bertindak semena-mena terhadap Anda saat tengah berkendara di jalan raya. Oleh karena itu, pastikan mulai saat ini Anda menerapkan semua tips menghindari kejahatan di jalan raya yang telah disampaikan di atas.

 

 

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI