tips menghindari ngantuk pada saat berkendaraan

Tips Menghindari Ngantuk Pada Saat Berkendaraan

Menjalankan aktivitas touring bersama kawan-kawan maupun komunitas sungguh menyenangkan dan seru untuk dilakukan. Selain itu perjalanan menggunakan kendaraan pribadi juga memberi pengalaman menarik dan bisa lebih mempunyai ruang privasi dibandingkan bepergian menggunakan supir pribadi atau rental. Namun ternyata bepergian atau berkendara sendiri memiliki musuh menakutkan yang harus dihindari dan diperangi, yaitu rasa kantuk yang menyerang. Bagaimana cara penyelesaiannya? Berikut ini mari kita simak penjelasan selengkapnya.

Tips Cerdik Menghindari Rasa Kantuk yang Menyerang Saat Mengemudi

Untuk lebih menambah informasi, kami akan bagikan beberapa tips unggulan mengatasi kantuk saat berkendara yang bisa dicoba dan dipraktekkan sendiri seperti di bawah ini:

  1. Anda harus memastikan keadaan tubuh Anda sudah bugar sebelum memulai perjalanan. Anda bisa memulainya dengan mandi kemudian mencuci muka sebelum berangkat yang efeknya bisa membuat Anda lebih fresh dan prima.  Selain itu, bisa juga dilakukan sedikit pemanasan, yang berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan serta melemaskan bagian otot yang tegang.
  2. Jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu serta minum secukupnya sebelum mengemudi untukmengatasi kantuk saat berkendara. Tapi perlu diingat untuk menghindari minum alkohol maupun jenis minuman yang memicu atau merangsang adrenalin.
  3. Saat berada di jalan atau selama perjalanan, jangan membiarkan diri sendiri larut di dalam lamunan maupun memikirkan hal lain yang tidak berkaitan dengan berkendara. Selalu upayakan fokus dan berkonsentrasi selama perjalanan yang ditempuh saat itu, bisa dengan memerhatikan kondisi jalan, rambu lalu lintas maupun keadaan lingkungan di sekitar Anda.
  4. Lebih mempersiapkan diri dengan membawa perbekalan. Letakkan air minum di daerah yang mudah untuk dijangkau. Apabila ingin makan, usahakan untuk menghentikan kendaraan lebih dahulu.
  5. Memerhatikan penggunaan sabuk pengaman, supaya tidak terlalu kencang, dan bisa membuat pernapasan Anda terganggu. Apabila rasa mengantuk tidak bisa ditahan, Anda bisa segera menepi ke tempat aman. Selain itu Anda bisa singgah ke rumah makan maupun warung kopi supaya bisa mencicipi kopi panas, dan memiliki waktu mencuci muka lagi.
  6. Tidur barang sejenak minimal 15 menit sungguh ampuh untuk menjernihkan otak dan memengaruhi langsung secara psikologis.  Jangan memaksakan diri yang sudah lelah serta mata mengantuk dan membohongi diri sendiri untuk terus berkendara tanpa memerhatikan keadaan maupun kondisi tubuh.
  7. Jangan terus-terusan terpapar AC mobil, Anda bisa membuka kaca mobil dan mematikan pendingin, mulailah menghirup udara dari luar. Kondisi kabin dingin bisa menyebabkan tubuh terlalu nyaman ketika berkendara dan menyebabkan kantuk.

Demikian beberapa tips mengatasi kantuk saat berkendara yang kami sampaikan dengan rinci, semoga bisa menginspirasi serta memberikan informasi berguna bagi Anda. Selalu utamakan keselamatan saat berkendara dan jangan membahayakan diri sendiri.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI