diesel

Solar atau Bahan bakar diesel di Indonesia tidak sebaik solar di beberapa negara maju. Meski telah memakai filter bahan bakar, tetapi kendaraan diesel di Indonesia kadang masih meninggalkan kotoran di tangki bahan bakar.

Untuk itu, disarankan bagi pemilik mobil berbahan bakar diesel agar tangki bahan bakar sebaiknya dikuras setelah melakukan perjalanan dengan jarak tempuh jarak 30.000 sampai 40.000 kilometer. Ini karena, tingkat kandungan kadar air solar di Indonesia, banyak. Kontaminan-kontaminan dengan sifat seperti pasir, banyak. Hal Ini akan mengendap di fuel tank.

Baca Juga: Anda Pencinta Mobil Matik.. Tips Ini Wajib Anda Baca

Mungkin saja saat saringan dibuka sudah seperti lumpur. Apalagi di fuel tank. Makin lama makin menumpuk. Jadi 30-40 ribu atau setahun lah diperkirakan dikuras. Kalau sudah 30km – 40 ribu km bukan saja solar yang keluar, lumpur juga keluar di situ.

Filter bahan bakar atau fuel filter memang bertugas menyaring kotoran yang ada di bahan bakar. Menghindari Jangan sampai kotoran bisa lolos dan masuk ke injector kendaraan sehingga kemungkinan akan merusak injector.

Filter adalah salah satu alat untuk menyelamatkan agar kotoran tidak sampai lolos ke injector. Kalau sampai terjadi mampet berarti filternya bagus, injectornya aman.
Coba anda bayangkan jika injector mengalami kerusakan, berapa harga kalau mau ganti baru dibanding anda pakai fuel filter. Jadi disarankan kepada customer, pelanggan, bengkel-bengkel dengan tujuan pengguna diesel engine sebaiknya dilakukan pengurasan secara berkala.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI