tips-mengganti-kampas-rem-toyota-avanza

Mengganti kampas rem depan Toyota Avanza bagi anda yang menggunakan Toyota Avanza, bisa anda lakukan sendiri dirumah. Alatnya pun juga enggak perlu sampai harus belanja ke bengkel.

Cukup anda siapkan dongkrak standar dengan kunci sok ukuran 21 mm untuk membuka ban serta ring ukuran 14 mm untuk membuka kaliper. Urutan kerjanya yaitu buka pengunci ban terlebih dahulu dengan kunci sok, setelah ban terlepas , baru kemudian lanjutkan dengan membuka baut pengunci kaliper dengan kunci ring tadi atau kunci pas.

Kemudian angkat kaliper dan lepas kampas rem dari rumahnya. Mengganti kampas rem bisa dengan yang baru, original atau yang aftermarket misalnya seperti produk MK Kashiyama.

Kampas rem jika sudah diganti, posisikan lagi kaliper seperti keadaan semula dan kunci dengan baut ukuran 14.

Kalau kondisi kampas rem yang sebelumnya sudah habis betul, biasanya anda perlu menekan piston, agar kampas lebih mudah terpasang.

Setelah semuanya beres, baru kemudian pasang lagi ban, tapi jangan salah dan sembarangan. Dongkrak jangan sampai dilepas sebelum seluruh baut ban terpasang. Setelah semua baut terpasang, baru dongkrak bisa diturunkan dan kembali semua baut dikencangkan dengan sistem arah menyilang (kiri atas, kanan bawah, kanan atas dan kiri bawah).

Setelah melakukan penggantian kampas rem pada Toyota Avanza anda, jangan lupa untuk melakukan cek ulang sistem pengereman setiap kelipatan 10 ribu km. Ok, Selamat Mencoba

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI