tips-cuci-mobil-toyota-makassa

Jika hujan kadang masih saja turun, Perawatan mobil seperti membawa mobil ke Carwash mobil, misalnya di Kota Makassar sangat baik dilakukan.

Namun daripada menunggu diam saat mobil dicuci, baiknya anda ikut mengamati kolong mobil saat mobil anda dicuci. Pasalnya, di bagian kolong mobil ditengarai yang paling kotor.

Sebelumnya, cara mencucinya pun harus anda perhatikan benar. Tentu saja bila asal semprot bisa membuat beberapa bagian menjadi bermasalah. Air yang disemprotkan menggunakan mesin steam bertekanan sangat besar. Anda tidak tahu bagian mana saja yang berada di kolong mobil, seperti termasuk kabel-kabel serta bagian elektronik lainnya. Kalau asal seprot, takutnya air semprotan akan merusak beberapa bagian tersebut.

Biasanya yang sering melakukan ini adalah petugas jasa cuci mobil. Karena ingin memuaskan konsumen dengan cara membersihkan semua bagian mobil dengan cepat, biasanya mereka asal semprot bagian kolong dengan mesin steam. Jadi baiknya perlu juga anda untuk memberitahukan, saat mencuci mobil agar tidak menyemprot bagian yang aman untuk di steam.

Baca Juga:

Begitu pula saat mobil  anda mulai dicuci, dan ada bagian yang terlewat dicuci, anda sebaiknya memberi masukan kepada petugas cuci mobil tersebut khususnya bagian mana saja di kolong mobil yang mesti diperhatikan. Apalagi bagian kolong mobil akan sangat terlihat jelas bila bengkel cuci mobil anda menggunakan komponen lift.

Nah saat mobil sudah naik dan hendak dicuci, bagian seperti dek bawah mesin, rumah girbok harus dicuci. Dan proses cucinya harus menggunakan shampo cuci mobil.

Tujuannya, agar bisa diketahui apakah ada kebocoran oli disitu. Lanjut pada bagian rangka mobil. Jangan terlewatkan bagian cover selang tangki bahan bakar. Umumnya di situ terdapat kotoran pasir yang nyempil, menggumpal kemudian menumpuk.

Setelah bagian tersebut dicuci, bagian kolong spatbor atau fender jangan sampai dilewatkan. Cara mencucinya cukup disemprot saja, kemudian dilumuri shampo cuci,disikat dan kemudian dibilas bersih.

Tak jarang titik karat dijumpai di bagian ini. Dan jika didiamkan, lama-kelamaan akan keropos.

Nah jika proses cuci yang bersih dan bagian yang terpenting tidak terlewatkan, maka akan memudahkan saat proses cuci kembali.

Akan tetapi, terlalu sering mencuci mobil juga akan menimbulkan bahaya tersendiri.

Jika mencuci mobil di carwash yang menggunakan lift hidrolik, kemungkinan akan membuat komponen suspensi mobil anda melemah. Hal ini diakibatkan karena sistem suspensi dan kemudi mobil berada dalam kondisi menggantung hingga dapat mengubah spooring. Maka dari itu, disarankan juga agar mencuci mobil menggunakan lift hidrolik maksimal dilakukan dua kali dalam sebulan.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI