avanza-bambang

Pelek adalah salah satu bagian kendaraan yang paling mudah dimodif untuk mendapatkan tampilan mobil menjadi lebih stylish. Konsep ini berlaku buat semua tipe kendaraan penumpang, salah satunya Toyota Avanza yang pemiliknya banyak merubah pelek standar dengan menggunakan beragam pelek yang ada.

Tapi ada beberapa hal yang musti diperhatikan dan tidak asal memilih pelek. Penyesuaian dalam ukuran sangat perlu dilakukan agar tidak mengorbankan rasa keamanan serta mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Pada prinsipnya, jangan sampai mengorbankan kenyamanan hanya untuk memperoleh visual yang keren. Keduanya musti tetap dipertimbangkan biar fungsionalitas Toyota Avanza tetap terjaga.

Dalam mengganti pelek standar dan ban sebenarnya punya rumusan khusus. Modifikasi diperbolehkan tapi dengan batas maksimal tiga tingkat dari batas ukuran pelek bawaan pabrik (OEM).

Sebenarnya, standar itu sah-sah saja naik 2 tingkat. bahkan, masih bisa hingga naik 3 tingkat, namun sudah wajib ada penyesuaian di bagian kaki-kakinya.

toyota-avanza-v

Contohnya, untuk pemilik Toyota Avanza terkini mempunyai pelek standar bawaan pabrik dengan diameter 14 inci. Untuk yang mau memodif dengan menaikkan ukuran peleknya menjadi 15 inch dengan besaran ban 185/65. Jika mau ditambah lebih besar lagi hingga 16 inch, ban yang digunakan harus ukuran 205/55. Selanjutnya dengan pelek 17 inch atau paling besar bisa digunakan ban 205/50 atau ukuran 215/45.

Musti diingat, semakin besar pelek, secara otomatis ban yang akan digunakan semakin tipis tingkat ketebalannya. Hal ini tentu mengurangi rasa kenyamanan mengendarai Toyota Avanza disebabkan adanya efek penyerap benturan ban menjadi berkurang dan hanya akan mengandalkan sock.

Bagian Kaki kaki
Ada hal-hal yang harus dilakukan pemilik Toyota Avanza untuk mengakali masalah ini yaitu dengan merubah bagian kaki-kaki mobil. Paling sederhananya dengan merubah per bawaan pabrik dengan tipe yang lebih kaku ayunannya. Fungsinya yaitu dengan beban pelek dan kondisi ban yang lebih besar dari standar, secara otomatis butuh daya kejut yang lebih keras.

Pesannya adalah, sebelum ganti pelek Toyota Avanza anda, sebaiknya diskusikan dulu dengan mekanik bengkel anda sehingga tahu bagian apa saja yang musti diganti. Jangan sampai, mobil enggak keren malah ditambah rugi lagi disebabkan harus jebol kaki-kaki.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI