Saat ini, mobil bukan hanya dijadikan sebagai alat transportasi harian, tetapi juga ideal dijadikan sebagai pilihan investasi. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin memiliki mobil.

Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan bila hendak membeli mobil pertama Anda. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti.

1. Sesuaikan Mobil Menurut Kebutuhan

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan desain yang terlihat mewah. Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga, misalnya model multi purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga yang berukuran compact.

2. Pilih Mobil dari Dealer Terpercaya

Anda wajib memilih dealer mobil dengan kredibilitas baik untuk mendapatkan promo dan penawaran menarik. Pastikan Anda telah mengecek reputasi dealer mobil tersebut.

3. Harga Jual Kembali Stabil

Anda harus memikirkan harga jual kembali sebelum membeli mobil. Jika harga jual kembali bagus dan stabil, Anda bisa memprioritaskan mobil tersebut untuk mengurangi kerugian saat ingin menjualnya kembali.

4. Fitur Keselamatan

Selanjutnya, perhatikan fitur-fitur mobil incaran Anda. Bila ingin berkendara dengan aman dan nyaman, pastikan mobil tersebut telah dilengkapi fitur-fitur keselamatan.

5. Ketersediaan Bengkel

Pilihlah mobil yang memiliki banyak cabang bengkel resmi. Hal ini untuk memudahkan Anda bila ingin memperbaiki mobil nantinya.

6. Dukungan Asuransi

Membeli mobil secara tunai atau kredit, asuransi tetap menjadi hal penting untuk diperhatikan. Program yang ditawarkan asuransi bisa menghindari Anda dari pengeluaran berlebih jika mobil mengalami kerusakan ataupun kecelakaan.

7. Lakukan Test Drive

Dengan test drive, Anda bisa merasakan performa mobil incaran Anda. Sebaiknya, lakukan test drive pada beberapa tipe produk untuk mengetahui mobil yang pas.

8. Daftar Pilihan Mobil bagi Pemula

Buatlah daftar pilihan mobil yang sesuai untuk Anda. Misalnya untuk pemula, mungkin bisa pilih salah satu dari lima model mobil terbaru berikut ini.

Suzuki Ignis

Mobil ini cocok untuk milenial karena menawarkan model yang inovatif di kelas city car. Untuk Anda yang mencari mobil compact, mobil seharga Rp 144 ini bisa jadi pilihan Anda.

Suzuki Ignis juga memiliki fitur keselamatan komplit dan hiburan modern serta terkenal irit bensin, dan sudah dilengkapi platform Heartec untuk menyerap dampak saat mobil mengalami tabrakan. Namun desain belakang Ignis dinilai terlalu nyentrik.

Daihatsu Sirion

Tampil dinamis melalui kabin luas, Sirion sangat cocok dikendarai oleh wanita. Mobil ini juga menawarkan dua opsi transmisi yaitu manual dan otomatis. Kelebihan lainnya, Sirion sudah menggunakan mesin Dual VVT-I dari Toyota dan sederet fitur keselamatan.

Namun Sirion memiliki sejumlah kekurangan karena menggunakan suspensi yang tergolong keras. Selain itu, mobil ini pun masih CBU sehingga berpengaruh pada harga jualnya. Untuk OTR Jakarta, Sirion dijual mulai Rp 182 jutaan.

Wuling Confero

Mobil ini mampu bersaing dengan MPV lainnya berkat penggunaan fitur lengkap yang biasanya terdapat pada mobil premium. Mobil ini dapat menampung penumpang hingga 8 orang melalui kabin yang nyaman dan berkelas.

Confero menggunakan mesin 4-silinder DOHC, DVVT besutan General Motors. Desain Confero tampak serupa dengan Low MPV lain. Harganya belinya sangat ekonomis mulai Rp 132 juta saja.

Mitsubishi Xpander

Mobil Low-MVP paling inovatif di tahun 2018 ini mengusung desain revolusioner yang lebih menarik dibanding mobil merek lain di kelas yang sama. Xpander menawarkan mesin berteknologi MIVEC dan kursi fleksibel yang nyaman.

Dijual mulai Rp 194 juta, kekurangan dari mobil ini terletak pada penggunaan rem belakang yang masih tromol, besaran tenaga, dan torsi yang biasa saja.

Datsun Cross

Mobil ini memiliki desain SUV yang kental dengan kesan modern dan tergolong crossover paling murah. Datsun Cross sanggup menampung 5+2 penumpang sehingga cocok digunakan oleh keluarga kecil. Mobil ini pun disertai mesin HR12DE yang diklaim optimal untuk kaum urban.

Dengan harga jual mulai Rp 162 jutaan, mobil ini memiliki kekurangan pada desain yang mirip dengan koleksi mobil Datsun lawas seperti Go+ Panca. Jangan mengharapkan kelegaan di kabin mobil baris ketiga.

Bagaimana, sudah siapkah untuk membeli mobil pertama Anda? Setelah menilai kekurangan dan kelebihannya, jangan lupa tanyakan soal promo bunga rendah, cicilan ringan, promo cashback hingga puluhan juta rupiah dan lainnya dengan mengakses situs HALOOTO.COM atau menghubungi tim Support HALOOTO.COM di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017. Selamat Dengan Mobil Barunya Ya!