Mobil Matik Transmisi AT Dan AMT di Makassar

Mobil Matik Transmisi AT Dan AMT di Makassar

Saat ini, ada banyak pilihan transmisi yang bisa digunakan di sebuah mobil yang dihadirkan di Makassar. Yang paling populer, beberapa dealer resmi mobil di Makassar sering mengandalkan pemakaian transmisi manual (MT) dan otomatis (AT).

Tapi, sebenarnya dari dua pilihan transmisi itu, ada juga mobil baru yang memakai teknologi Automated Manual Transmission atau AMT. Transmisi AMT merupakan penggabungan transmisi manual tapi tidak harus menekan kopling tapi digantikan dengan aktuator elektronis.

Untuk perbedaan paling mendasar, untuk AMT sudah ada pengaturan semimanual. Kalau AT hanya sebatas Over Drive (D3) dan D1, AMT ada opsi pemilihan gigi secara semimanual alias tanpa kopling.

Bagi anda yang masih belum tahu perbedaan antara transmisi otomatis (AT) dengan transmisi automated manual transmission (AMT), berikut penjelasannya.

Mobil Transmisi Otomatis (AT) di Makassar

Mobil Matik Transmisi AT Dan AMT terbaru 2018 di Makassar

Transmisi otomatis konvensional atau AT mempunyai komponen utama seperti Planetary Gear Unit, Hydraulic Control Unit, dan Torque Converter. Jika ingin mengubah tingkat kecepatan di sistem transmisi otomatis, ada mekanisme gesek termasuk tekanan minyak untuk transmisi otomatis. Di transmisi otomatis, roda gigi planetary difungsikan untuk mengubah tingkat kecepatan dengan torsi, sama dengan di roda gigi untuk penggunaan transmisi manual.

Transmisi otomatis dikendalikan dengan menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu. Adapun, posisi tuas transmisi otomatis mengikuti format P-R-N-D-3-2-L.

Untuk mobil bertransmisi otomatis, ada 4A/T, dilanjutkan varian 5A/T. Tapi, varian ini tidak banyak bedanya dengan 4A/T, formatnya saja yang beda. Jika format 4A/T P-R-N-D-S/2-L/1, maka format 5A/T adalah P-R-N-D-D3 tambahan O/D-2-1. Jenis ini banyak digunakan untuk mobil sekarang.

Transmisi Automated Manual Transmission (AMT)

Mobil Matik Transmisi AT Dan AMT terbaru di Makassar

Transmisi ini menggabungkan transmisi manual, tapi cara kerjanya menyerupai transmisi otomatis.

Untuk mobil Suzuki, transmisi AMT ini dinamakan transmisi AGS. Nah, yang terbaru diperkenalkan, yaitu mobil Wuling menyebut transmisi AMT ini dengan sebutan i-AMT di Cortez.

Secara umum, penggunaan transmisi semiotomatis adalah transmisi perpindahan gigi untuk percepatan tanpa harus menginjak atau menekan kopling. Sistem transmisi AMT menggunakan gearbox manual tanpa diberi pedal kopling. Adapun fungsi kopling sudah digantikan aktuator hidraulis yang bekerja berdasarkan putaran mesin.

Untuk perpindahan gigi secara otomatis dilakukan oleh Transmission Control Module (TCM).

Booking Service Online Mobil Di Halo Oto Makassar

Nah, khusus pembahasan kali ini, bagi anda pengguna mobil di Makassar, jika ada permasalahan di mesin mobil, atau bermaksud ingin melakukan servis berkala, biar tidak capek mengantri di Bengkel resmi, bisa memanfaatkan fitur layanan Booking Home Service, Mobile Care, Customer Service yang ada di layanan aplikasi Halo Oto.

Halo Oto, platform layanan online di Makassar menawarkan solusi End to End untuk pembelian mobil baru atau bekas, pembelian Spare Part mobil, Booking Service, Mobile Care, sampai kebutuhan akan pinjaman dana tunai dengan jaminan gadai bpkb mobil atau motor khusus wilayah Makassar dan sekitarnya.

Mengaktifkan layanan Halo Oto, pengguna kendaraan khususnya mobil di Makassar tidak perlu lagi repot ke bengkel resmi. Cukup lakukan booking service di Halo Oto, maka tim dari dealer resmi mobil anda akan langsung berkunjung ke kantor atau kerumah.

Halo Oto sudah bekerjasama dengan semua authorized dealer resmi di Makassar, sehingga sangat bisa membantu menghandle segala kebutuhan kendaraan anda.

Seluruh mitra Halo Oto di Makassar dan sekitarnya bisa mengakses layanan eksklusif ini hanya dengan menginstall Halo Oto Mobile di smartphone kemudian mendaftarkan kendaraan selanjutnya tinggal order Booking Home Service, Mobile Care atau lainnya. Bahkan di Halo Oto anda bisa mengecek history servis kendaraan setelah diservis.

Lakukan Booking Service minimal 2 hari sebelum waktu yang anda mau via layanan mobile HALO OTO. Mitra Halo Oto boleh memastikan layanan Booking Service Halo Oto dengan menelpon Customer Support Halo Oto di nomor: 0812-4215-8413. Dengan layanan Booking Service Halo Oto, Anda terhindar dari antrian service.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI