Hutang pasti membuat pusing, apalagi jika jumlahnya sudah melebihi kemampuan keuangan kita. Jika situasi ini terjadi, pastinya tuk mengangsur hutang itu jadinya terasa sangat berat. Apalagi jika meminjam kepada perusahaan pembiayaan atau bank.

Dana pinjaman dengan sistem gadai BPKB Mobil, Motor atau SHM, termasuk juga kredit Pemilikan Kendaraan jika ada. Sebenarnya pinjaman sebaiknya bisa memberikan kemudahan tuk memiliki barang atau mengatasi persoalan keuangan lainnya. Tapi, sayangnya pinjaman-pinjaman itu malah menjadi beban tiap bulannya. Jika pinjaman sudah tidak bisa lagi dibayar atau dicicil, saat itulah yang disebut dengan kredit macet.

Dengan kata lain, kredit macet adalah kondisi dimana peminjam atau debitur sudah tidak mampu lagi mengangsur hutangnya dikarenakan dana yang dimiliki sudah tidak mencukupi. Sementara di lain sisi, bunga pinjaman terus berjalan dan tiap bulannya jadi lebih besar.

Baca Juga: Promo Gadai BPKB Mobil & Motor Terbaru Di Makassar

Hal ini membuat total pinjaman anda makin besar dan kian sulit untuk diangsur. Biasanya kondisi seperti itu terjadi karena debitur terlalu memaksakan jumlahnya. Pinjaman yang kelewat besar bisa membuat kita tidak mampu mencicil sampai akhirnya debitur melalaikan kewajibannya tuk melakukan cicilan secara tepat dan teratur, karena uang yang dimilikinya harus digunakan menutupi kebutuhan keluarga yang lain.

Cara Hutang di Pembiayaan Dibayar Oleh Pembiayaan Di Makassar

Jika anda berada dalam kondisi kredit macet, tidak perlu panik. Tetap tenang dan bersikap kooperatif dengan pihak kreditur. Jangan menghindar dari telepon-telepon bank atau leasing karena hanya akan menambah masalah.

Anda sebaiknya mendatangi pihak bank atau leasing dan bicarakan baik-baik tentang kondisi Anda dengan jujur dan jelas kenapa bisa alami kredit macet. Cobalah ajukan restrukturisasi pinjaman. Cara ini dijamin bisa menyelesaikan permasalahan kredit macet Anda.

Restrukturisasi adalah upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki perkreditan dari debitur atau peminjam. Perbaikan tersebut dilakukan karena debitur mengalami kesulitan melakukan pembayaran untuk melunasi hutangnya. Dan secara umum, ada tiga jenis restrukturisasi yang dapat diberikan pada debitur yang berada dalam kondisi kredit macet. Tiga jenis itu antara lain:

Baca Juga: Cara Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Acc Cab Makassar

a. Penjadwalan Kembali (Rescheduling)

Sebuah pinjaman atau kredit pasti memiliki jangka waktu pembayaran (tenor) hingga hutang lunas beserta bunganya. Pada kasus restrukturisasi kredit macet, pihak bank akan menyesuaikan tenor pinjaman Anda agar bisa kembali menyicil pembayaran kredit.

Tenor pinjaman dari debitur yang mengalami kredit macet diperpanjang agar angsuran jadi lebih ringan. Perpanjangan tenor ini bisa disepakati sesuai kemampuan bayar anda. Sebagai contoh, Anda punya Kredit mobil selama satu tahun, tetapi ditengah jalan alami macet. Pihak Leasing akhirnya melakukan rescheduling menjadi tiga tahun agar Anda bisa menyicil dengan nilai yang lebih kecil atau ringan.

b. Persyaratan Kembali (Restructuring)

Ada syarat-syarat yang dapat diubah oleh pihak bank ketika mendapati ada nasabahnya yang mengonfirmasikan ia mengalami kendala dalam pembayaran. Perubahan syarat tersebut dapat mencakup perubahan jadwal pembayaran, jangka waktu, ataupun persyaratan lainnya. Namun yang mesti digarisbawahi, persyaratan kembali ini bisa dilakukan dengan syarat tidak mengubah maksimum plafon kredit.

Contoh kasusnya, saat usaha Anda melambat dan merugi sampai akhirnya tidak bisa mengangsur pinjaman, pihak bank akan menawarkan pinjaman baru dengan harapan usaha Anda bisa kembali berkembang. Dengan demikian, Anda bisa mengembangkan usaha kemudian membayar pinjaman-pinjaman Anda sampai lunas.

c. Penataan Kembali (Reconditioning)

Secara sederhana, penataan kembali dapat diartikan sebagai upaya bank mengubah kondisi kredit untuk meringankan tanggung jawab debitur yang terlibat kredit macet. Caranya bisa dengan menambah fasilitas kredit, mengonversi tunggakan menjadi pokok kredit baru, sampai penjadwalan dan persyaratan kembali.

Dengan penataan kembali, bank bahkan bisa menurunkan bunga yang dibebankan kepada debitur. Ini dengan maksud agar setidaknya nasabah tersebut mampu melunasi utang pokoknya kepada bank. Bahkan jika kondisi debitur sudah sangat kritis hingga dianggap tidak mampu lepas dari kredit macet, bank bisa memberikan opsi pembebasan bunga kepada debitur tersebut. Jadi, debitur cukup membayar pinjaman pokok yang tersisa.

Baca Juga: Tata Cara Over Kredit Mobil Di Leasing Kota Banjarmasin

Lebih Baik Hindari Kredit Macet

Hal yang harus diingat, nama debitur akan langsung tercatat di Sistem Infomasi Debitur (SID) Bank Indonesia begitu mendapat restrukturisasi pinjaman dari pihak bank. Catatan tersebut nantinya akan menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari sebab nama Anda telah tertera sebagai pihak yang pernah mengalami kredit macet. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari kredit macet dengan tetap teguh memegang prinsip-prinsip pinjaman dan tekun melakukan pembayaran yang telah disepakati.

Baca Juga: Persyaratan Gadai BPKB Motor Di Radana Finance Maros

Setelah mengetahui berbagai tips mengatasi kredit macet, maka anda bisa mempertimbangkan dengan matang untuk melanjutkan (mengajukan pinjaman) atau membatalkannya. Pastikan kebutuhan bisa benar-benar terwujud kalau meminjam dana gadai BPKB Mobil atau Motor.Jika pertimbangan sudah matang dan keputusan akhir adalah meminjam maka pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, motor di Mandiri Utama Finance adalah solusi terbaik.

Jadi buat anda yang di Makassar ingin mengajukan pinjaman dana tunai gadai BPKB Mobil, Motor atau SHM, bisa melalui situs HALOOTO.COM atau menghubungi Customer Support HALOOTO di nomor kontak: 0811-444-928 atau 0811-441-062. Termasuk juga jika anda ingin melakukan simulasi kredit sebelum mengajukan pinjaman gadai BPKB Mobil, Motor atau SHM manapun bisa melalui LINK berikut: Simulasi Kredit BPKB

Baca Juga: Cara Kredit Mobil Toyota Di Makassar Cepat Disetujui

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI