Mobil bukan lagi sekedar moda transportasi. Tetapi ia juga telah dijadikan sebagai simbol kesuksesan seseorang. Makin keren mobilmu, makin terlihat sukses dirimu di mata keluarga, tetangga dan lingkungan sekitar.

Jess No Limit, gamers nomor satu di Indonesia, misalnya. Dalam usia belasan tahun, dia dapat membeli mobil sport Ferrari secara tunai dari hasil bermain games. Lalu Atta Halilintar, Youtuber nomor satu Asia dari Jakarta, dan Raffi Ahmad, presenter TV merangkap Youtuber juga sama-sama menjadikan mobil sebagai simbol kesuksesan.

Sebagian besar orang masih membeli mobil secara kredit. Karena sejak beberapa tahun lalu, kemudahan kredit ditawarkan untuk bisa memboyong mobil impianmu ke garasi di rumahmu. Pembelian mobil secara kredit tersebut didanai oleh bank, ataupun lembaga pembiayaan lainnya. Baik yang konvensional ataupun syariah.

Namun, sebagian orang menunggu untuk membeli mobil hingga akhir tahun telah tiba. Sebagian lainnya menunggu jelang Hari Raya Idul Fitri, atau pada saat ajang pameran. Alasannya, agar mendapat diskon maksimal dari dealer mobil yang sedang mengejar target penjualan.

Bila dana tabungan sudah cukup untuk membayar DP yang biasanya 30% dari harga mobil, maka tanpa berpikir panjang, seseorang yang sudah kepincut dengan mobil impian mereka akan langsung bergegas pergi ke dealer. Wajarlah pembelian yang terburu-buru itu terjadi. Apalagi bila kamu telah bekerja keras mengumpulkan tabungan, sukses dalam karir, mencintai dunia otomotif atau mobil-mobil keluaran terbaru.

Namun, sebaiknya tahan diri sebentar sebelum merealisasikan impianmu. Hitung dulu simulasi kreditnya. Lalu bandingkan fitur pembiayaan kredit dari satu lembaga pembiayaan dengan lembaga pembiayaan lainnya. Tujuannya, agar kamu berhemat.

1. Kalkulator Kredit Mobil

Untuk mengetahui simulasi kredit mobil tersebut, sudah ada kalkulator kredit mobil yang dapat kamu gunakan.

Kalkulator kredit ini sudah tersedia di website simulasi kredit seperti HALOOTO.COM seperti ini contohnya:

Kalkulator kredit mobil di atas sangat membantu sekali untuk mengetahui simulasi kredit dan membuat perbandingan. Seperti terlihat di gambar, di dalamnya terdapat kolom harga Otr mobil, berapa persen uang muka, tenor, wilayah pembiayaan dan kota/kabupaten domisili kamu.

Membeli mobil impian dengan DP ringan

Bila kamu saat ini hendak membeli mobil memakai fasilitas kredit pembelian kendaraan bermotor (KKB), pastikan lebih dulu apakah keuangan kamu sudah siap menanggung beban cicilan kredit? Supaya keputusan pengajuan pinjaman pembelian kendaraan tidak membuat keuangan berantakan, usahakan maksimal beban cicilan tidak melebihi 30% dari total nilai pendapatan kamu.

Sebaiknya jangan memaksakan diri membeli mobil apalagi jika gaji masih berada dikisaran upah minimum regional (UMR) atau pertimbangkan saja beli mobil bekas dengan harga dibawah Rp 100 juta, cicilan juga pasti bisa lebih ringan.

Pertimbangkan kembali apakah jumlah cicilan nanti tidak terlalu membebani. Perhitungkan juga biaya bulanan perawatan mobil apakah keuangan kamu masih bisa menanggungnya kelak? Belum lagi beban pajak tahunan.

Bila memang masih ingin memiliki mobil, kamu bisa menimbang untuk mengambil pinjaman dengan beban cicilan ringan. Simak strategi mudah memilih kredit mobil baru dengan DP murah supaya beban cicilan tidak berat:

1. Pilih pembayaran uang muka atau down payment lebih besar

Jurus selanjutnya supaya beban cicilan kredit mobil kamu lebih ringan adalah dengan memperbesar porsi uang muka atau down payment (DP). Umumnya bank atau leasing mematok porsi uang muka di atas 10%-30%.

Kalau memungkinkan memberi DP hingga 40% pun juga lebih baik sehingga beban utang tidak terlalu besar. Secara otomatis beban cicilan juga lebih kecil.

Yang perlu kamu ingat, jangan pernah sekali-kali terpikir memakai uang pinjaman untuk kebutuhan uang muka kredit mobil. Kredit mobil adalah kredit konsumtif yang tidak memberikan nilai pertambahan aset secara signifikan layaknya rumah. Selain itu, bila kamu memakai uang pinjaman untuk kebutuhan uang muka, kamu akhirnya harus mencicil untuk dua jenis hutang.

Jadi, untuk kebutuhan uang muka kredit mobil baru murah, pastikan kamu memakai uang sendiri, ya. Kalau memang belum memadai, fokuskan menabung untuk DP dengan mengurangi konsumsi barang-barang tersier seperti pakaian atau pemenuhan kebutuhan hiburan.

2. Pilih mobil sesuai kemampuan kantong

Mobil-mobil yang termasuk low cost green car atau LCGC jadi pilihan tepat jika kamu menginginkan kredit mobil baru dengan cicilan ringan. Harganya masih berada dikisaran 150 juta kebawah. Memang kini harga mobil LCGC terus naik dan hampir menyamai MPV namun tetap terjangkau untuk kalangan menengah. Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya merupakan mobil yang termasuk LCGC.

Dari segi performa mesin memang LCGC tidak bisa secepat dan segarang MPV, selain itu biasanya hanya 4 seater. Namun mobil jenis ini cocok untuk kalangan muda berpenghasilan menengah yang tinggal diperkotaan. Tak usah malu menggunakan mobil yang terkenal murah ini karena hampir semua generasi Milleniall justru memilih LCGC sebagai kendaraan pilihan.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan bukan keinginan

Jika mengikuti keinginan memang tidak akan pernah selesai, pastinya setiap orang menginginkan mobil terbaik dikelasnya. Namun perasaan ini sering menjebak kita mengambil mobil dengan harga jauh dari jangkauan dan terkesan memaksakan diri. Secara tak sadar merekapun akhirnya membayar cicilan jauh lebih tinggi.

Untuk menghindari ini sebaiknya lakukan research secara detail mengenai jenis mobil apa yang dibutuhkan, apakah untuk keperluan keluarga atau sendiri. Untuk keluarga bisa pilih 7 seater namun jika masih melajang sepertinya 4 seater juga cukup. Jangan tergoda tampilan yang keren atau mesin kelas dewa kalau sebenarnya kamu juga bukan termasuk orang yang mengerti otomotif.

Justru membeli mobil dengan spesifikasi ala-ala pembalap F1 akan menyulitkan kita ketika nanti mengalami kerusakan, akhirnya cost bulanan juga akan bertambah. Biasanya orang membeli mobil berdasarkan kapasitas penumpang, irit tidaknya bensin dan harga jual kembali.

Kredit mobil melalui HALOOTO

Saat ini ada sudah banyak bank dan perusahaan pembiayaan yang menawarkan kredit mobil baru ataupun bekas. Namun, untuk peningkatan pelayanan, beberapa bank dan perusahaan pembiayan terkemuka di Indonesia memutuskan untuk bekerjasama dengan situs HALOOTO.COM.

Ada manfaat yang bisa kamu peroleh dengan kredit mobil melalui HALOOTO.COM, salah satunya adalah suku bunga yang diterima lebih rendah dibanding jika kamu mengajukan sendiri. Selain itu, kamu tak perlu repot keluar rumah atau kantor untuk berkeliling dari dealer satu ke dealer lainnya.

Tentu saja cara ini bisa meringankan kamu untuk mendapatkan kredit mobil murah ditambah DP ringan. Jika kamu memiliki uang tunai dalam jumlah lebih, kamu bisa melunasi sebagian utang pokok. Beban angsuranmu pun menjadi berkurang.

Terlebih kredit mobil melalui situs HALOOTO.COM lebih mudah dibandingkan dengan kamu mengajukan sendiri di bank atau leasing. Selain itu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat jika menggunakan layanan HALOOTO.COM.

  • Jangka waktu sampai dengan 5 tahun untuk KKB Mobil Baru, 4 tahun untuk KKB Mobil Bekas
  • DP mulai dari 20% (sesuai ketentuan BI)
  • Berlaku untuk semua merk dan tipe mobil.
  • Suku bunga rendah
  • Proses Lebih cepat, mudah, dan tidak ribet
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan Automatic Fund Transfer (AFT)/Automatic Grab Fund(AGF).
  • Pembayaran angsuran pertama dapat dibayar 1 bulan mundur setelah realisasi kredit.
  • Asuransi kerugian all risk
  • dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Jadi bagaimana, sudah mantap mau mencicil mobil melalui HALOOTO.COM? Persiapkan segera seluruh persyaratannya. Ingat, jangan memilih mobil dengan harga di luar batas kemampuan. Hal tersebut justru akan mempersulit kondisi finansialmu sendiri. Maka dari itu, pertimbangkan dengan bijak.

Hubungi sekarang juga Customer Support HALOOTO.COM di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang ingin memiliki mobil baru atau bekas jelang pergantian tahun ini.