Gembira akan memiliki kendaraan baru dari dealer, terkadang membuat konsumen melupakan hal kecil yang akan merugikan. Pada saat transaksi awal misalnya, uang tanda jadi atau booking fee, dari tiap dealer agen pemegang merek telah ditetapkan jumlahnya.

Uang tanda jadi berkisar dari Rp 1,5 juta hingga Rp 10 juta atau lebih untuk mobil mewah. Uang tersebut menjadi bukti atau pengikat keseriusaan konsumen dalam perencaaan pembeliaan baik secara tunai maupun cicilan.

Dengan begitu calon pembeli berhak untuk memilih varian dan warna mobil yang diinginkan. Sales person pun berkewajiban menyediakan mobil yang telah disepakati.

Lazimnya dalam taransaksi pembelian mobil baru dengan membayarkan uang tanda jadi, jika konsumen membatalkan pembelian tanpa adanya kesalahan dari pihak penjual, maka otomatis booking fee menjadi hangus.

Kecuali jika ada kesepakataan tentang hal-hal lain yang di cantumkan di lembar pembayaran tanda jadi. Namun, terkadang dengan alasan tak ingin repot, pembayaraan tanda jadi ini sering dilakukan tidak melalui kasir resmi, melainkan secara tunai yang di titipkan melalui sales person yang melayani saat itu.

Kebiasaan ini kerap dilakukan saat melakukan pembeliaan mobil baru di luar show room, seperti rumah atau saat berlangsung pameran.

Perilaku konsumen seperti ini justru membuka celah bagi tindak penggelapaan uang, apa lagi konsumen langsung memberikan down payment (DP) sepenuhnya apabila ingin membeli secara non tunai.

Bukan tidak mungkin hal ini menggiurkan sales person yang berniat jahat terhadap konsumen. Agar terhindar dari hal tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal.

Bayar Lewat Kasir Resmi

Sebelum melakukan proses pemesanan mobil baru, sangat disarankan bagi konsumen mengenal sales person yang membantunya.

Terlebih jika sudah proses transaksi dengan membayar uang tanda jadi. Pastikan juga Anda sebagai konsumen menerima kuitansi pembayaraan resmi.

Bahkan, jika kita harus bertransaki di luar, seperti saat pameran, sebaiknya ajak sales person yang melayani untuk bertransaki melalui mesin ATM untuk di transfer ke rekening atas nama perusahaan dan menyimpan struknya sebagai bukti administrasi.

Bayar Hanya Tanda Jadi

Namun patut di ingat, saat pembayaraan pertama kali konsumen hanya membayarkan tanda jadi.

Jika pembeliaan mobil dilakukan secara tunai, pembayaraan untuk pelunasaan dilakukan setelah konsumen memberikan surat kuasa atas pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan menerima konfirmasi ketersediaan unit dari dealer.

Berbeda dengan pembeliaan secara kredit, konsumen baru diwajibkan untuk membayar uang muka (DP) secara penuh, setelah proses survei yang dilakukan perusahaan pembiayaan untuk memberikan pelunasaan uang muka ke rekening resmi perusahaan leasing.

Sebagai konsumen yang cermat, sebaiknya tetap teliti terahadap jenis trasnsaksi apapun. Sekecil apapun celah, dapat di manfaatkan oleh pihak yang berniat ‘jahil’ dalam mencari mangsa tindak kejahataannya.

Intinya jangan pernah menitipkan apapun kepada sales person atau oknum yang mengaku dari leasing atau lembaga pembiayaan untuk mencegah tindak kejahatan penggelapan uang.

Simpan SPK dan Kuitansi

Surat Pemesan Kendaraan (SPK) pada umumnya ditulis oleh tenaga penjual setelah melalui deal dengan konsumen dan dilanjutkan dengan pembayaraan uang tanda jadi.

Dalam SPK ini pun dibubuhi oleh detail informasi pemilik yang akan tertera di BPKB dan STNK. Seperti detail mengenai tipe, warna dan harga yang di setujui (termasuk dikenakan potongan harga atau cashback) serta kelengkapan lainnya.

SPK ini harus disimpan dengan baik oleh konsumen, karena diperlukan dalam proses pembayaraan selanjutnya baik cash ataupun kredit dan saaat penyerahan mobil baru dari diler ke konsumen.

Selain itu, SPK ini bisa mengikat konsumen dari perubahan harga jual yang tidak diharapkan, meski kadang ada syarat dan ketentuan yang menyatakan tak meng-cover hal itu.

Berkas-berkas tersebut pula yang kelak digunakan untuk mengambil uang tanda jadi Anda bilamana pengajuan kredit ditolak leasing.

Keuntungan Kredit Kendaraan Bermotor di HALOOTO

Sebenarnya bisa saja kamu menabung dana untuk membeli mobil, tapi pasti membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan acapkali kebutuhan atas mobil pribadi tidak bisa menunggu lagi.

Solusinya apa? ya, jalan terbaiknya adalah mengambil fasilitas kredit pembelian kendaraan bermotor (KKB) seperti yang disediakan di situs HALOOTO.COM ini.

Apa itu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) HALOOTO? KKB HALOOTO adalah kredit kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk pembiayaan mobil atau kendaraan roda empat.

KKB HALOOTO memiliki beberapa jenis produk, tapi yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah KKB mobil bekas dan KKB mobil baru.

Ketika akan mengambil produk kredit apapun, kamu harus selalu melihat apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat kalau mengambil produk kredit tersebut. Berikut keuntungan kredit kendaraan bermotor HALOOTO yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Suku bunga fix dan flat

Mitra HALOOTO, baik perbankan maupun leasing menerapkan dua suku bunga untuk produk pinjaman, yakni suku bunga tetap (fix rate) yang bunganya tetap alias tidak berubah hingga masa akhir peminjaman.

Dan suku bunga mengambang (floating rate) di mana suku bunganya mengikuti pergerakan pasar. KKB HALOOTO menerapkan sistem suku bunga tetap dengan cara hitung flat.

Sehingga, jumlah cicilan per bulan akan tetap sama di mana cicilan dihitung dengan penghitungan bunga flat. Ditambah lagi, mengajukan kredit mobil baru di HALOOTO, bunganya sangat rendah, yakni hanya 3.09% pertahun.

2. Terjamin keamanannya

Baik itu bank atau pihak leasing, ketika akan mengajukan kredit kendaraan, kamu harus memastikan kalau pemberi kredit memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi yang bagus.

Pasalnya selama masih dalam status mencicil kendaraan, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) milikmu akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak pemberi kredit.

Semua mitra HALOOTO telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini, maka sudah dipastikan keamanan BPKB milikmu lebih terjaga.

3. Pembayaran bisa dilakukan dengan praktis

Takut lupa membayar cicilan kredit kendaraan bermotor sehingga terkena denda? Sekarang ini bank maupun leasing sudah memiliki fasilitas autodebet otomatis dari rekening milikmu sehingga ketika sudah jatuh tanggal pembayaran, maka pihak Bank atau Leasing akan langsung mendebet pembayaran cicilan bulanan mobil kamu. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi lupa membayar tagihan. Tapi pastinya sediakan dana yang mencukupi dalam tabunganmu.

4. Syarat pengajuan sangat mudah

Kredit kendaraan bermotor di HALOOTO memiliki persyaratan dan dokumen yang sangat mudah untuk dipenuhi sehingga kamu tak perlu khawatir. Ini syarat pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki pekerjaan dan sudah bekerja minimal 2 tahun
  • Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  • Surat persetujuan suami/ istri (bagi yang sudah menikah
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau bukti rekening listrik
  • Fotokopi slip gaji 1 bulan terakhir (untuk karyawan)
  • Fotokopi izin praktek (bagi profesional)
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

5. Sudah dilengkapi dengan asuransi

KKB HALOOTO sudah dilengkapi dengan asuransi kendaraan di dalamnya. Jenis asuransi yang digunakan adalah all risk untuk tahun pertama dan TLO (Total Lost Only) untuk tahun-tahun berikutnya.

Asuransi kendaraan all risk merupakan jenis asuransi yang menjamin semua kerugian pada kendaraanmu, mulai dari perbaikan hingga kerugian lainnya. Sedangkan asurasi TLO adalah asuransi yang hanya menjamin kerugian yang timbul akibat pencurian atau kerusakan yang mencapai 70%.

Jadi tak perlu takut lagi untuk mengambil mobil secara kredit. Butuh penawaran yang lebih menarik seperti promo bunga murah, cashback hingga puluhan juta rupiah? Hubungi sekarang juga tim Support HALOOTO di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017.