Zaman sekarang siapa, sih, yang tidak mau punya kendaraan bermotor, terlebih mobil. Di Indonesia, mobil selain menjadi alat transportasi, saat ini juga menjadi simbol status.

Seseorang mungkin merasa lebih percaya diri dengan mengendarai mobil. Ditambah masih carut marutnya kondisi transportasi publik di Makassar, membuat mobil menjadi favorit.

Saat ini, untuk memiliki mobil idaman di Makassar juga tidak sulit. Banyak Dealer mobil yang sudah bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan menawarkan kredit mobil dengan uang muka murah.

Tidak sedikit orang yang berani membeli mobil dengan cicilan karena syarat uang muka murah, di bawah Rp 20 juta.

Tapi, syarat DP murah bisa memberikan konsekuensi beban cicilan yang besar.

Maka itu, bila kamu saat ini tengah menimbang membeli mobil dengan memanfaatkan kredit mobil, sebaiknya memikirkan beberapa trik penting agar keputusan menyicil mobil tidak membuat keuangan pribadi berantakan.

Apa saja trik yang bisa diterapkan? Mari simak tips penting dari HALOOTO.COM berikut ini:

1. Lihat kemampuan dompet

Ini langkah pertama yang perlu kamu jalankan. Cek dulu kemampuan isi kantong. Apakah kondisi finansial kamu saat ini memungkinkan dan mampu untuk menanggung uang muka kredit mobil?

Lebih penting lagi, apakah kelak keuangan kamu mampu untuk menanggung beban cicilan kredit mobil setiap bulan?

Mobil bisa jadi kebutuhan sekunder, atau tersier. Dalam arti, kebutuhan tersebut bisa penting atau tidak, tergantung situasi dan kondisi kamu sendiri. Karena, Ini berbeda kasus bila mobil juga menjadi modal usaha bagi seorang yang berprofesi sebagai driver.

Nah, karena termasuk kategori kebutuhan cukup penting, itu berarti sebelum memutuskan membeli mobil secara kredit, kamu sudah memastikan kebutuhan lainnya sudah aman.

Selain itu, ukur pula seberapa besar beban cicilan kamu yang sudah ada. Keuangan yang sehat harus memastikan beban cicilan rutin tidak melebihi 30% dari total pendapatan setiap bulan (debt service ratio).

Bila saat ini kamu sudah menanggung cicilan utang yang pembayarannya sudah memakan 30% nilai pendapatan rutin, sebaiknya niat membeli mobil secara kredit kamu batalkan saja. Tidak perlu memaksakan diri berutang untuk memiliki hal yang konsumtif.

2. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Selain mengukur kekuatan dompet, pemilihan mobil yang hendak dibeli juga perlu pertimbangan khusus. Pilih mobil yang biaya maintenance atau perawatan rutinnya terjangkau kantong.

Pilih juga mobil yang tidak boros bahan bakar, harga jual di pasar sekunder cukup bagus dan kriteria lain yang penting.

Misalnya, kamu berasal dari keluarga besar atau hendak membentuk keluarga dengan anak lebih dari satu. Mungkin membeli mobil berjenis Low MPV yang memuat 7 seater lebih tepat ketimbang membeli mobil berjenis city car berisi 4 kursi.

Tentu saja pertimbangan harga juga sangat penting. Pilih mobil dengan harga masuk akal dengan prospek harga di pasar mobil bekas menjanjikan. Beberapa merek mobil yang cukup menjadi favorit di Makassar antara lain Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan sebagainya.

3. Cari tenor pinjaman yang tepat

Nah, bila dari sisi finansial, memang memungkinkan untuk kamu membeli mobil dengan cicilan, mulailah untuk menghitung seberapa besar kemampuan cicilan yang bisa kamu tanggung.

Ingat rumus maksimal 30% beban cicilan utang memakan pendapatan rutin kamu. Jadi, bila saat ini pendapatan rutin kamu mencapai Rp10 juta, maksimal besar cicilan utang yang boleh kamu ambil adalah Rp3 juta per bulan.
Angka itu termasuk semua jenis kredit atau utang. Mulai dari utang atau cicilan kartu kredit, KPR, sampai kelak kredit mobil.

Memang, ada trik agar cicilan menjadi lebih ringan, yaitu dengan memperpanjang tenor pinjaman. Namun, harap diingat, kredit mobil pada umumnya memakai skema hitungan kredit bunga flat.

Artinya, bunga dihitung berdasarkan angka pokok utang. Inilah yang membuat kredit kendaraan bermotor termasuk kategori kredit konsumtif berbunga mahal.

Idealnya, tenor pinjaman kredit mobil jangan sampai melebihi 3 tahun. Semakin lama tenor pinjaman yang kamu ambil, akan semakin mahal dan tidak ekonomis biaya pembelian mobil.

4. Siapkan uang muka yang besar

Saat ini memang para dealer mobil di Makassar begitu gencar memasarkan produk mereka dengan iming-iming uang muka ringan. Namun, jangan asal nubruk penawaran itu. Uang muka ringan artinya kamu perlu siap menanggung utang yang besar. Dengan demikian, beban cicilan menjadi besar juga.

Nah, bagaimana supaya tenor cicilan kredit mobil tidak perlu besar tetapi angkanya tetap masuk ke batas 30% debt service ratio? Ada cara mudah, yaitu dengan memperbesar uang muka.

Uang muka kredit mobil rata-rata dipatok mulai 10%-30%. Bila kamu malas menanggung utang besar, kamu bisa, kok, memperbesar uang muka hingga di atas angka tersebut.

Jadi, perbesar uang muka pembelian mobil dan pilih tenor kredit mobil paling lama 3 tahun. Dengan begitu keuangan pribadi kamu tetap aman walaupun menanggung cicilan mobil.

O, ya, jangan lupa memilih perusahaan pembiayaan apakah itu leasing atau bank yang menyediakan kredit kendaraan bermotor dengan bunga murah.

Saat ini rata-rata bunga kredit kendaraan bermotor berkisar 8% per tahun. Banyak yang menawarkan bunga di atas itu, namun ada juga bank yang menyediakan KKB dengan bunga di bawah 7% per tahun.

5. Jangan lupa hitung biaya administrasi dan pajak

Membeli mobil dengan cara cicilan bukan hanya memikirkan tentang kebutuhan uang muka dan beban cicilan tiap bulan.

Saat hendak akad kredit, kamu juga akan dibebani beberapa jenis biaya seperti biaya administrasi, provisi, asuransi dan angsuran pertama.

Kelak saat mobil sudah ada di garasi rumah,  kamu juga harus membayar pajak kendaraan bermotor. Semakin mahal harga mobil kamu, semakin mahal pula pajaknya.

Pajak tidak membedakan apakah itu mobil merupakan aset kamu yang didapatkan dengan cara tunai atau kredit. Jadi, sebaiknya, pastikan keuangan kamu siap dengan keputusan mengambil kredit mobil.

Sebelum memutuskan, pastikan untuk meminta informasi selengkap-lengkapnya pada dealer atau multifinance yang memberikan fasilitas pembiayaan. Mintalah simulasi cicilan dan berapa beban pembayaran pertama kali.

Dengan mengetahui gambaran dan menimbang beberapa poin di atas, kamu bisa memastikan bahwa mengambil mobil secara kredit adalah keputusan finansial yang sudah tepat atau tidak.

Keuntungan Kredit Kendaraan Bermotor di HALOOTO

Sebenarnya bisa saja kamu menabung dana untuk membeli mobil, tapi pasti membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan acapkali kebutuhan atas mobil pribadi tidak bisa menunggu lagi.

Solusinya apa? ya, jalan terbaiknya adalah mengambil fasilitas kredit pembelian kendaraan bermotor (KKB) seperti yang disediakan di situs HALOOTO.COM ini.

Apa itu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) HALOOTO? KKB HALOOTO adalah kredit kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk pembiayaan mobil atau kendaraan roda empat.

KKB HALOOTO memiliki beberapa jenis produk, tapi yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah KKB mobil bekas dan KKB mobil baru.

Ketika akan mengambil produk kredit apapun, kamu harus selalu melihat apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat kalau mengambil produk kredit tersebut. Berikut keuntungan kredit kendaraan bermotor HALOOTO yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Suku bunga fix dan flat

Mitra HALOOTO, baik perbankan maupun leasing menerapkan dua suku bunga untuk produk pinjaman, yakni suku bunga tetap (fix rate) yang bunganya tetap alias tidak berubah hingga masa akhir peminjaman.

Dan suku bunga mengambang (floating rate) di mana suku bunganya mengikuti pergerakan pasar. KKB HALOOTO menerapkan sistem suku bunga tetap dengan cara hitung flat.

Sehingga, jumlah cicilan per bulan akan tetap sama di mana cicilan dihitung dengan penghitungan bunga flat. Ditambah lagi, mengajukan kredit mobil baru di HALOOTO, bunganya sangat rendah, yakni hanya 3.09% pertahun.

2. Terjamin keamanannya

Baik itu bank atau pihak leasing, ketika akan mengajukan kredit kendaraan, kamu harus memastikan kalau pemberi kredit memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi yang bagus.

Pasalnya selama masih dalam status mencicil kendaraan, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) milikmu akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak pemberi kredit.

Semua mitra HALOOTO telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini, maka sudah dipastikan keamanan BPKB milikmu lebih terjaga.

3. Pembayaran bisa dilakukan dengan praktis

Takut lupa membayar cicilan kredit kendaraan bermotor sehingga terkena denda? Sekarang ini bank maupun leasing sudah memiliki fasilitas autodebet otomatis dari rekening milikmu sehingga ketika sudah jatuh tanggal pembayaran, maka pihak Bank atau Leasing akan langsung mendebet pembayaran cicilan bulanan mobil kamu. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi lupa membayar tagihan. Tapi pastinya sediakan dana yang mencukupi dalam tabunganmu.

4. Syarat pengajuan sangat mudah

Kredit kendaraan bermotor di HALOOTO memiliki persyaratan dan dokumen yang sangat mudah untuk dipenuhi sehingga kamu tak perlu khawatir. Ini syarat pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki pekerjaan dan sudah bekerja minimal 2 tahun
  • Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  • Surat persetujuan suami/ istri (bagi yang sudah menikah
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau bukti rekening listrik
  • Fotokopi slip gaji 1 bulan terakhir (untuk karyawan)
  • Fotokopi izin praktek (bagi profesional)
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

5. Sudah dilengkapi dengan asuransi

KKB HALOOTO sudah dilengkapi dengan asuransi kendaraan di dalamnya. Jenis asuransi yang digunakan adalah all risk untuk tahun pertama dan TLO (Total Lost Only) untuk tahun-tahun berikutnya.

Asuransi kendaraan all risk merupakan jenis asuransi yang menjamin semua kerugian pada kendaraanmu, mulai dari perbaikan hingga kerugian lainnya. Sedangkan asurasi TLO adalah asuransi yang hanya menjamin kerugian yang timbul akibat pencurian atau kerusakan yang mencapai 70%.

Jadi tak perlu takut lagi untuk mengambil mobil secara kredit. Butuh penawaran yang lebih menarik seperti promo bunga murah, cashback hingga puluhan juta rupiah? Hubungi sekarang juga tim Support HALOOTO di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI