Mobil bukan lagi menjadi sebuah prestise bagi seseorang, tapi sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi orang yang sudah berkeluarga karena mobil memberikan kenyamanan yang tidak diberikan oleh kendaraan jenis roda dua.

Namun, untuk memutuskan membeli mobil pastinya akan menjadi hal yang sulit karena harganya tidaklah murah. Harga mobil di pasaran bahkan ada yang menyamai harga rumah.

Jika budget yang dimiliki terbatas, solusi agar dapat memiliki mobil sendiri adalah mengambil cicilan mobil bekas. Kenapa harus mobil bekas? Harga mobil bekas sudah pasti jauh lebih murah dibanding harga mobil baru.

Selisih harganya jika dihitung-hitung bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Selain murah, ketika kamu membeli mobil bekas, proses yang diperlukan tergolong lebih cepat karena surat dan dokumen penting seperti BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sudah ada.

Cara jitu agar cicilan mobil bekas per bulannya jadi ringan

Meski harganya lebih murah, tapi tetap saja membayar cicilan mobil bekas setiap bulannya pasti akan menambah rincian hutang yang harus kamu bayarkan. Rata-rata cicilan mobil bekas per bulannya bisa mencapai angka Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Lantas bagaimana kalau kita ingin agar cicilan mobil bekas per bulan jadi lebih ringan? Kamu bisa menerapkan cara ini!

Cari mobil bekas yang dijual langsung oleh pemiliknya

Cara yang pertama adalah mencari mobil bekas yang dijual langsung oleh pemiliknya alias tidak mencari di dealer, pedagang mobil, atau showroom mobil bekas.

Dengan membeli mobil bekas dari penjual langsung, harga yang diberikan pasti akan lebih murah karena tidak ada komisi yang harus diberikan penjual kepada pihak ketiga.

Untuk mencari tahu, kamu bisa bertanya pada kerabat, teman, atau rekan kantor, apakah di antara mereka ada yang ingin menjual mobilnya.

Berikan uang muka yang lebih besar

Jika ingin cicilan mobil bekas jadi lebih ringan, kamu bisa memberikan uang muka yang lebih besar karena semakin besar uang muka, maka nominal pinjaman akan berkurang dan otomatis cicilan per bulan juga akan lebih ringan.

Misalkan saja kamu ingin membeli mobil bekas dengan harga Rp200 juta, jika uang muka yang kamu berikan Rp30 juta, maka pinjamannya akan menjadi Rp170 juta.

Coba kamu lakukan perhitungan sederhana dengan masa tenor yang kamu ambil adalah 60 bulan, maka cicilannya akan menjadi Rp170 juta : 60 bulan = Rp2,8 juta.

Tapi jika uang muka yang kamu berikan Rp50 juta, maka pinjamannya menjadi Rp150 juta dengan perhitungan Rp150 juta : 60 bulan = Rp2,5 juta.

Ambil masa tenor maksimal

Tak punya dana lebih untuk memberikan uang muka yang lebih besar? Tenang saja Moneysavers, ada cara lain yang bisa kamu gunakan agar cicilan mobil bekas jadi ringan. Caranya adalah dengan mengambil masa tenor maksimal.

Dengan begitu, cicilan per bulannya jadi lebih murah. Rata-rata maksimal masa tenor yang ditawarkan adalah 60 bulan atau 5 tahun lamanya.

Pilih penyedia kredit mobil yang tepat

Kalau kamu menginginkan cicilan mobil bekas yang ringan, maka pilihlah pembiayaan dari bank atau leasing yang menawarkan bunga lebih rendah.

Keuntungan Kredit Kendaraan Bermotor di HALOOTO

Nah biar kamu tidak bersusah payah mencari pembiayaan mobil bekas maupun baru yang menawarkan bunga termurah di Makassar, solusinya ya mengambil fasilitas kredit pembelian kendaraan bermotor (KKB) yang disediakan di situs HALOOTO.COM ini.

Apa itu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) HALOOTO.COM? KKB HALOOTO.COM adalah kredit kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk pembiayaan mobil atau kendaraan roda empat.

KKB HALOOTO.COM memiliki beberapa jenis produk, tapi yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah KKB mobil bekas dan KKB mobil baru.

Ketika akan mengambil produk kredit apapun, kamu harus selalu melihat apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat kalau mengambil produk kredit tersebut. Berikut keuntungan kredit kendaraan bermotor HALOOTO.COM yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Suku bunga fix dan flat

Mitra HALOOTO.COM, baik perbankan maupun leasing menerapkan dua suku bunga untuk produk pinjaman, yakni suku bunga tetap (fix rate) yang bunganya tetap alias tidak berubah hingga masa akhir peminjaman.

Dan suku bunga mengambang (floating rate) di mana suku bunganya mengikuti pergerakan pasar. KKB HALOOTO.COM menerapkan sistem suku bunga tetap dengan cara hitung flat. Sehingga, jumlah cicilan per bulan akan tetap sama di mana cicilan dihitung dengan penghitungan bunga flat.

Menariknya lagi, hanya di HALOOTO.COM yang menawarkan bunga paling murah untuk kredit mobil baru, yakni hanya 3.09% pertahun.

2. Terjamin keamanannya

Baik itu bank atau pihak leasing, ketika akan mengajukan kredit kendaraan, kamu harus memastikan kalau pemberi kredit memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi yang bagus. Pasalnya selama masih dalam status mencicil kendaraan, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) milikmu akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak pemberi kredit.

Semua mitra HALOOTO.COM telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini, maka sudah dipastikan keamanan BPKB milikmu lebih terjaga.

3. Pembayaran bisa dilakukan dengan praktis

Takut lupa membayar cicilan kredit kendaraan bermotor sehingga terkena denda? Sekarang ini bank maupun leasing sudah memiliki fasilitas autodebet otomatis dari rekening milikmu sehingga ketika sudah jatuh tanggal pembayaran, maka pihak Bank atau Leasing akan langsung mendebet pembayaran cicilan bulanan mobil kamu.

Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi lupa membayar tagihan. Tapi pastinya sediakan dana yang mencukupi dalam tabunganmu.

4. Syarat pengajuan sangat mudah

Kredit kendaraan bermotor di HALOOTO.COM memiliki persyaratan dan dokumen yang sangat mudah untuk dipenuhi sehingga kamu tak perlu khawatir. Ini syarat pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki pekerjaan dan sudah bekerja minimal 2 tahun
  • Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  • Surat persetujuan suami/ istri (bagi yang sudah menikah
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau bukti rekening listrik
  • Fotokopi slip gaji 1 bulan terakhir (untuk karyawan)
  • Fotokopi izin praktek (bagi profesional)
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

5. Sudah dilengkapi dengan asuransi

KKB HALOOTO.COM sudah dilengkapi dengan asuransi kendaraan di dalamnya. Jenis asuransi yang digunakan adalah all risk untuk tahun pertama dan TLO (Total Lost Only) untuk tahun-tahun berikutnya.

Asuransi kendaraan all risk merupakan jenis asuransi yang menjamin semua kerugian pada kendaraanmu, mulai dari perbaikan hingga kerugian lainnya. Sedangkan asurasi TLO adalah asuransi yang hanya menjamin kerugian yang timbul akibat pencurian atau kerusakan yang mencapai 70%.

Jadi tak perlu takut lagi untuk mengambil mobil baru atau bekas secara kredit. Butuh penawaran yang lebih menarik seperti promo bunga murah, cashback hingga puluhan juta rupiah? Hubungi sekarang juga tim Support HALOOTO.COM di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017.

Bisakah Gadaikan mobil bekas tuk Pengajuan Pinjaman?

Jika cicilan mobil bekas sudah dilunasi dengan baik, ketika kamu membutuhkan dana dan ingin mengajukan pinjaman, kamu bisa menggunakan mobil bekas tersebut untuk dijadikan sebagai agunan atau jaminan dalam kredit multiguna.

Memangnya bisa?

Tentu saja bisa karena baik itu mobil baru maupun mobil bekas, asalkan ada BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan) mobil, maka mobil tersebut bisa diagunkan. Jumlah pinjaman dana yang diberikan oleh bank dengan mengagunkan mobil bekas ini rata-rata berkisar antara 70-80% dari nilai jualnya.

Jadi misalkan nilai jual mobil bekasmu adalah Rp 150 juta, maka perhitungannya menjadi Rp150 juta x 80% = Rp 120 juta jumlah maksimum plafon pinjaman.

Kamu bisa mengajukan kredit multiguna dengan mengagunkan BPKB mobil bekas melalui situs HALOOTO.COM. Caranya cukup kunjungi situs resmi HALOOTO.COM lalu pilih menu kredit multiguna lalu kamu tinggal klik AJUKAN SEKARANG. Nantinya akan ada form berupa nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan jenis agunan.

Kalau sudah, kamu tinggal menunggu staf HALOOTO.COM menghubungi untuk mengonfirmasi dan meminta kelengkapan data dokumen. Jika dokumen persyaratan yang diberikan sudah lengkap, nantinya tinggal menunggu proses pengajuan di bank.

Kalau pengajuan kredit muligunamu diterima, dana akan cair ke rekeningmu dalam jangka waktu 1-2 hari kerja. Mudah dan cepat bukan?

Kalau kamu masih ragu ingin memilih kredit multiguna yang mana, konsultasikan saja terlebih dahulu dengan staf HALOOTO.COM melalui layanan chat atau telepon ke nomor 0811-444-928 atau 0811-441-062.