Sebagai varian tertinggi, Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS sudah dibekali fitur terlengkap. Target pasarnya pun berbeda bila dibandingkan Toyota Avanza G atau Honda Mobilio E.

Selain karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada mobil yang mampu memuat banyak penumpang, tapi persoalan gengsi yang penting untuk anda perhatikan. Biar tidak bingung pilih Toyota Avanza Veloz 1.5 Atau Honda Mobilio RS, berikut ulasan tim HALOOTO dibawah ini:

Spesifikasi Desain & Dimensi Toyota Avanza Veloz 1.5

dan Honda Mobilio RS

Desain Toyota Avanza Veloz 1.5, yang merupakan generasi kedua Toyota Avanza sudah melewati serangkaian facelift, dan begitu mendominasi jalan-jalan di Makassar.

Memilih Toyota Avanza Veloz 1.5 berarti anda tidak terlalu memperhatikan soal desain. Beda dengan Honda Mobilio RS. Penyegaran pada wajah tahun ini, mengubah tampilan jadi lebih agresif. Desain yang dipenuhi garis dan lekukan tajam, mudah diterima dan disukai siapa saja. Sisi sportynya juga menonjol melalui tambahan body kit dan spoiler.

Karena Toyota Avanza Veloz 1.5 menganut sasis semi-monokok, bodinya jadi lebih menjulang tinggi. Ground clearance setinggi 200 mm, juga keunggulan penting yang dimiliki Toyota Avanza Veloz 1.5.

Sedang Honda Mobilio RS lebih sederhana dengan desain streamline. Tapi ground clearance tidak bisa dikatakan rendah. Tinggi 189 mm masih cukup andal melewati jalanan bervariasi di Makassar.

User comments

Interior Honda Mobilio RS juga lebih luas sedikit dibanding Toyota Avanza Veloz 1.5. Ini karena bodi yang lebih panjang dan disiasati jok yang lebih tipis. Di Honda Mobilio RS, busa jok ditebalkan sedikit agar penumpang duduk lebih nyaman. Namun duduk di dalam Toyota Avanza Veloz 1.5 masih lebih baik secara keseluruhan.

Harga Toyota Grand New Veloz 1.5 & Honda Mobilio

RS Di Makassar

Harga yang ditawarkan Honda Mobilio RS (M/T Rp 236 juta dan CVT Rp 247 juta) memang lebih mahal dari Grand New Veloz (M/T Rp 245,6 juta dan A/T Rp 256,9 juta). Tapi sebanding dengan fitur dan kelebihan yang didapat pembeli.

Paling mencolok, adanya fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) di Mobilio RS transmisi CVT. Sayangnya, dua fitur ini tidak ditemui di Honda Mobilio RS transmisi manual. Dan ini menjadi gebrakan dari Honda untuk membenamkannya di mobil Low MPV. Menjadikannya benchmark yang sekarang diikuti oleh Mitsubishi Xpander Ultimate.

Toyota Avanza Veloz 1.5 juga tidak bisa lagi disebut mobil yang minim fitur. Tidak seperti generasi pertama, yang tanpa banyak fitur keselamatan dan keamanan.

Sekarang Toyota Avanza Veloz 1.5 tergolong lengkap. Jadi Fitur Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS M/T tergolong berimbang.

Performa dan Pengendaraan

Honda Mobilio yang paling bertenaga di segmen Low MPV. Mengusung mesin L15A7 4-silinder 1,5-liter i-VTEC memiliki tenaga 118 PS dan torsi 145 Nm. Mesin ini terkenal dengan akselerasinya yang kencang tapi irit. Daya tersalur ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Toyota Avanza Veloz 1.5 menggunakan mesin baru 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter Dual-VVTi bertenaga 104 PS dan torsi 136 Nm. Transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan. Bedanya dengan Honda Mobilio RS, Toyota Avanza Veloz 1.5 menganut gerak roda belakang (RWD).

Karakter mesin 2NR-VE juga berbeda dengan mesin lama 3SZ-VE. Sebaran tenaga lebih merata di tiap putaran dan tidak seagresif dulu karena mengejar efisiensi bahan bakar lebih baik.

Soal pengendaraan, Toyota Avanza Veloz 1.5 terbaru jauh lebih baik dari model sebelumnya. Bantingan suspensi empuk dan tidak memantul lagi. Honda Mobilio RS sendiri lebih keras tapi tetap nyaman untuk dikendarai.

Kesimpulan

Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS memiliki karakter yang berbeda. Jika anda ingin mobil yang bisa melahap jalanan dengan medan yang tidak terprediksi, Toyota Avanza Veloz jawabannya. Jika senang mengemudi sendiri dengan pengendalian stabil bak sedan, Honda Mobilio RS pilihan tepat.

Jadi, buat konsumen di Makassar, artikel ini bisa menjadi referensi sebelum menentukan mobil yang ingin anda beli, Toyota Avanza Veloz 1.5 atau kredit Honda Mobilio.

Jika masih kesulitan memilih, coba kontak Customer Support HALOOTO di nomor kontak: 0812-4215-8413 / 0853-9500-7017 tuk informasi lebih lanjut, seperti promo bunga rendah, cicilan ringan dan penawaran cachback hingga puluhan juta rupiah bisa anda dapatkan di HALOOTO. Ajukan Sekarang!

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI