Tim HALOOTO selalu memberi saran kepada para Customernya agar rasio total hutang dan cicilan mereka tidak melebihi 40% dari penghasilan bersih yang mereka terima tiap bulannya. Karena, jika rasio pinjaman Anda semakin kecil, maka semakin besar pula uang yang bisa Anda sisihkan buat ditabung.

Hitung dan Ketahui Ratio Pinjaman Sebelum Mengajukan Kredit Jaminan BPKB

Dalam menyetujui pengajuan pinjaman dana tunai di HALOOTO, Bank maupun perusahaan pembiayaan yang bermitra dengan HALOOTO selalu menggunakan angka yang sama untuk rasio hutang anda.

Bahkan, Bank maupun perusahaan pembiayaan lebih banyak menetapkan aturan rasio kurang dari 30%. Karena jika angka rasio hutang melewati batas yang sudah ditentukan, maka kemungkinan pengajuan pinjaman dana tunai Anda akan semakin kecil untuk disetujui.

Jika diartikan, rasio pinjaman adalah perbandingan jumlah pinjaman dengan jumlah pendapatan Anda. Rasio ini memberi gambaran tentang kondisi keuangan Anda jika diberi pinjaman.

Simulasi Rasio Pinjaman Dana Yang Bisa Diajukan Bagi Karyawan

Rasio pinjaman adalah persentase dari penghasilan bulanan bersih yang dipakai untuk membayar pinjaman dan biaya bulanan lainnya.

Jika anda masih bingung cara menghitungnya, berikut simulasi pinjaman kredit yang tim HALOOTO coba jabarkan dibawah ini:

Jumlahkan semua uang yang dibutuhkan untuk membayar pinjaman tiap bulan, termasuk biaya sewa atau cicilan rumah (jika ada). Kemudian, bagi jumlah tersebut dengan penghasilan bersih Anda (setelah dipotong pajak). Contoh:

Asumsi 1

Penghasilan bersih Anda: Rp 8.000.000,-
Jumlah cicilan atau hutang atau pinjaman : Rp 5.000.000,-
Maka rasio pinjaman (Rp 5.000.000 : Rp8.000.0000) x 100%= 62,5%

Asumsi 2

Penghasilan bersih Anda: Rp 8.000.000,-
Jumlah cicilan atau hutang atau pinjaman: Rp 2.000.000,-
Maka rasio pinjaman (Rp 2.000.000 : Rp8.000.0000) x 100%= 25%

Dengan mengacu pada angka rasio persetujuan yang ditetapkan tidak lebih dari 30 persen, maka pada asumsi pertama memiliki kemungkinan pengajuan pinjaman anda kecil untuk disetujui. Sedangkan, contoh asumsi kedua memiliki kemungkinan persetujuan yang lebih besar.

Selain itu, ada istilah yang dinamakan BI checking, yaitu laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit/pinjaman seorang nasabah kepada bank atau lembaga keuangan non bank. Baik atau tidaknya riwayat kredit seorang nasabah terdata dalam data BI checking pada Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Laporan ini bisa diakses oleh seluruh bank maupun lembaga keuangan non bank yang menjadi anggota SID di seluruh Indonesia.

AJUKAN PINJAMAN GADAI BPKB BAGI YANG BUTUH DANA CEPAT

Jadi, buat anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman dana tunai, Anda bisa menghubungi Customer Support HALOOTO di nomor kontak: 0812-4215-8413dan0853-9500-7017 untuk mendapatkan petunjuk yang jelas dan mudah untuk diikuti sehingga proses pengajuan pinjaman dana tunai anda berjalan bisa diterima dan diproses dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pengajuan pinjaman dana tunai melalui situs HALOOTO, juga berlaku buat anda yang berdomisili di wilayah yang disebutkan dibawah ini. Salam!

AREA SUMATERA: seperti Medan, Binjai, Lubuk Pakam, Palembang, Banda Aceh, Pekanbaru, Bangkinang, Dumai, Padang, Bukittinggi, Lampung, Batam, Payakumbuh.
AREA BALI: seperti Denpasar, Negara, Tabanan, Singaraja, Karang Asem, Mataram, Kupang, Gianyar.
AREA KALIMANTAN: di Balikpapan, Banjarmasin, Martapura, Palangkaraya, Sampit, Samarinda.
AREA SULAWESI: meliputi Makassar, Parepare, Palu, Kendari, Kolaka, Bone, Palopo, Gowa, Gorontalo, Mamuju
AREA JATENG: Semarang, Yogyakarta, Kudus, Pekalongan, Tegal, Solo, Purwokerto, Magelang, Purwodadi, Salatiga, Klaten, Rembang, Stragen, BAnjarnegara, Pemalang, Kutoharjo, Cilacap, Purworejo, Jepara, Kendal, Ketanggungan, Temanggung, Wonosari
AREA JATIM: Madiun, Surabaya, Jember, Malang, Kediri, Mojokerto, Sidoarjo, Banyuwangi, Tulung Agung, Gresik, Blitar, Jombang, Bojonegoro, Pasuruan, Nganjuk, Bangkalan, Probolinggo, Situbondo, Tuban, Kepanjen, Lumajang, Batu, Genteng, Lamongan, Pamekasan
AREA JABODETABEK: Duren Tiga, Kelapa Gading, Cikarang, Bekasi, Kebon Jeruk, Tanah Abang, Menteng, Ciledug, Mangga Dua, Ciputat, Matraman, Pondok Cabe, Fatmawati, Jatinegara, Bogor, Depok, Tangerang, Serang, Ciluengsi, Cikupa, Rangkas Bitung, Cilegon
AREA JAWA BARAT: Bandung, Cirebon, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Cimahi, Kuningan, Cianjur, Sumedang, Cikampek, Garut, Jatibarang, Majalengka, Pamanukan, Indramayu, Purwakarta, Subang, Ciamis, Soreang, Cileunyi.