Tips: Bensin Boros Jika Filter Udara Mobil Anda Kotor

Filter udara merupakan komponen cukup penting buat kendaraan seperti mobil. Filter udara pada mobil sama fungsinya dengan filter udara di motor yakni menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Sayangnya, sebagian pemilik mobil di Makassar masih suka menyepelekan untuk sekadar mengganti filter udara. Padahal, komponen ini musti diganti setiap 20.000 kilometer atau setiap setahun sekali.

Sederhananya, bisa dilakukan pemeriksaan setiap 10 ribu kilometer untuk sekadar mengetahui apakah filter udara sudah banyak kotoran yang menumpuk atau belum. Jika tidak rutin mengganti filter udara, ada beberapa kerugian yang akan dirasakan oleh pemilik kendaraan, salah satunya adalah bensin jadi boros.

Ceritanya, filter udara yang jarang diganti atau tidak diganti sama sekali akan memiliki kotoran yang menumpuk. Akibatnya, penyaringan udara kotor dan debu tidak maksimal, selain itu, serat-serat udara pun menjadi tipis.

Lebih jauh, dampak dari kotoran yang menumpuk pada filter udara bisa menyebabkan bertambahnya konsumsi bensin. Hal ini bisa terjadi karena adanya sumbatan kotoran sehingga langkah hisap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal.

Selain itu, adanya sumbatan pada filter bisa juga mengakibatkan adanya kotoran yang masuk ke ruang bakar dan akhirnya menghambat suplai udara di ruang bakar. Akibatnya, beban tenaga di ruang bakar terhambat dan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan keadaan normal kendaraan.

Maka dari itu, kebersihan pada filter udara kendaraan sangat penting dan wajib diperhatikan untuk menjaga performa kendaraan. Jangan sampai dirugikan karena bahan bakar menjadi boros atau bahkan dapat menimbulkan domino effect seperti ruang bakar dan mesin yang bermasalah.

Aplikasi Booking Service Mobil All Merek Di Makassar

Dan khusus buat anda warga Makassar pengguna mobil Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Wuling, dll di Makassar disarankan agar melakukan service berkala dan menghindari servis di sembarangan bengkel. Termasuk pembelian spare part dan filter udara ini.

Tapi, biar kalian tidak capek-capek mengantri di Bengkel resmi, seperti di bengkel resmi Toyota Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, disarankan memanfaatkan fitur layanan Booking Service Halo Oto di Makassar.

Situs Halooto.com merupakan platform layanan online yang menawarkan solusi End to End baik untuk pembelian mobil baru, pembelian Spare Part, Booking Service, Mobile Care, sampai masalah pinjaman dana tunai jaminan bpkb mobil.

Dengan menggunakan layanan Booking service Halo Oto, kalian hanya perlu duduk di rumah karena tim dari dealer resmi yang anda minta akan melakukan kunjungan servis ke lokasi anda. Hal itu dimungkinkan, karena situs Halooto.com sudah bekerjasama dengan semua authorized dealer resmi di Makassar.

Silahkan memastikan layanan Booking Service Halo Oto dengan menelpon Customer Support Halo Oto di nomor: 0811-444-928 / 0811-441-061. Dengan layanan Booking Service Halo Oto, Anda terhindar dari antrian service.

PENILAIAN ANDA MENGENAI ARTIKEL INI