Ada dua alasan kenapa orang ingin menjual mobil miliknya, yaitu karena ingin menggantinya dengan mobil baru atau sedang butuh dana sehingga aset berharga terpaksa dijual.

Menjual mobil sendiri memang gampang-gampang susah karena kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk membeli mobil baru, bukan mobil second atau mobil bekas. Rata-rata orang baru bisa menjual mobil mereka dalam jangka waktu mingguan, bahkan bulanan.

Sulitnya menjual mobil ini membuat banyak orang memutuskan untuk menjualnya langsung ke dealer. Sebenarnya kamu bisa saja menjual mobil tersebut kepada dealer karena pasti akan dengan cepat terjual.

Tapi sayangnya, menjual mobil di dealer harganya pasti akan jauh lebih murah dibanding kamu menjualnya secara langsung karena ada uang komisi yang harus kamu berikan.

Di era teknologi yang sudah sangat canggih ini, kita harus selalu memanfaatkan jaringan internet agar dapat dengan mudah menjual mobil online milikmu. Hal ini dikarenakan jangkauan dari online ini sangat luas sehingga mobil yang kamu jual bisa dilihat banyak orang.

Tapi untuk menjual mobil online ini tidaklah sama caranya dengan menjual mobil secara offline karena butuh trik-trik khusus seperti yang ada di bawah ini:

1. Kenali kondisi mobil

Pertama adalah kenali terlebih dahulu kondisi mobil milikmu. Mulai dari bagian luarnya hingga bagian interior dalamnya. Cek apakah ada goresan atau karat di bagian-bagian mobil.

Jangan lupa untuk mengecek juga mesin mobil karena ini adalah hal yang terpenting. Jika ada masalah pada mesin mobil, maka kamu harus segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Jangan sampai kamu berlaku licik dengan menjual mobil yang memiliki kondisi tidak baik kepada calon pembeli.

2. Menyiapkan foto terbaik

Setelah mengecek kondisi mobil secara keseluruhan, kamu harus menyiapkan foto mobil terbaikmu dari segala sisi dan jangan sekali-kali kamu edit untuk menghindari calon pembeli yang kecewa karena bentuk aslinya tidak sesuai dengan yang ada difoto.

Berhubung hasil foto tidak diedit, sebaiknya sebelum difoto, mobil kamu cuci terlebih dahulu hingga bersih dan lakukan pemotretan di siang hari agar mendapatkan cahaya yang memadai.

3. Cantumkan informasi yang lengkap

Selanjutnya adalah mencantumkan informasi yang lengkap tentang mobil yang akan kamu jual. Informasinya bukan hanya model dan tahun pembuatan saja, tapi juga bahan bakar yang digunakan, modifikasi apa yang sudah kamu lakukan, hingga catatan service resmi karena kita tidak ingin nantinya calon pembeli akan komplain.

Dengan mencantumkan informasi ini secara lengkap, calon pembeli bisa merasa puas dan tidak akan kecewa di ketika melihat mobilmu karena telah mengetahui terlebih dahulu informasi mobil yang akan dibeli secara lengkap.

4. Berikan harga yang tepat

Kita memang diberikan kebebasan untuk memberikan harga jual atas mobil milik pribadi. Tapi setidaknya kamu memberikan harga yang tepat dan masuk akal. Oleh karena itu, cobalah untuk mencaritahu harga pasaran mobil dengan model dan keluaran tahun yang sama dengan mobilmu.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan harga jual pokok dari mobil tersebut. Hal ini dilakukan agar mobil bisa dengan cepat dijual karena harganya bersaing dengan mobil bekas lain.

5. Gunakan sosial media

Ingin jual mobil online secara gratis tanpa ada potongan komisi? Kamu bisa memanfaatkan sosial media milikmu, mulai dari instagram, facebook, hingga twitter.

Meski tidak ada potongan komisi karena kamu menjualnya langsung secara pribadi, tapi cara ini dirasa tidak terlalu efektif. Kalau kamu memiliki teman atau jaringan yang banyak, mobil pasti bisa dengan cepat laku.

Tapi kalau pertemanan dan jaringanmu di sosial media terbatas, sudah pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar mobil bisa laku.

6. Jual di situs jual beli mobil

Jika kamu ingin dengan segera menjual mobil online milikmu secara cepat, maka kamu bisa menggunakan layanan situs jual beli mobil online. Beberapa di antaranya justru ada yang menjamin mobilmu laku terjual dalam jangka waktu hitungan hari. Tapi ingat, cari situs jual mobil online yang terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi.

Kamu bisa melihatnya dari alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dihubungi, review dari orang-orang yang pernah melakukan proses jual beli mobil di situs tersebut, hingga mencaritahu melalui forum-forum otomotif.

Ada sekian banyak situs jual mobil online yang ada di Indonesia, tapi tidak semuanya bisa kamu percayai dengan mudah.

7. Pilih tempat janjian yang ramai

Berhubung proses penjualan dan penawaran dilakukan secara online sehingga kamu tidak pernah bertemu dengan calon pembeli, maka ketika calon pembeli hendak melihat kondisi atau mensurvei mobil, sebaiknya pilihlah tempat janjian yang ramai atau di tempat umum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena jual mobil online memang terbilang cukup tinggi resikonya jika kamu tidak berhati-hati. Jika calon pembeli ingin melakukan test drive, maka kamu juga harus ikut serta.

Dan ketika calon pembeli sudah menyetujui harga yang kamu berikan, maka lakukan transaksi pembayaran dengan metode transfer karena dirasa lebih aman dibanding melakukan pembayaran tunai yang resikonya lebih tinggi karena jumlah dana yang diberikan jumlahnya tidak sedikit.

Butuh dana tapi tak ingin jual mobil? Kredit multiguna jadi solusi cerdas

Tak sedikit orang yang tidak rela kalau mobil kesayangannya dijual karena ada banyak kenangan di dalamnya.

Tapi ketika sedang benar-benar butuh dana bagaimana?

Tenang saja, karena kamu bisa mengajukan kredit multiguna dengan menjaminkan BPKB mobil. Jumlah dana pinjaman yang bisa diberikan rata-rata 70-80% dari harga jual mobil milikmu. Jadi misalkan saja harga jual mobilmu adalah Rp 200 juta, maka dana pinjaman yang bisa kamu dapatkan adalah Rp200 juta x 70% = Rp140 juta.

Kamu bisa mengajukan kredit multiguna secara online melalui situs pilihan yang terpercaya seperti HALOOTO.COM karena sudah bermitra dengan beberapa bank terkemuka di Indonesia seperti BRI, BCA dan Mandiri.

Melalui HALOOTO.COM juga, perusahaan pembiayaan seperti Mandiri Utama Finance, Mandiri Tunas Finance, BFI Finance, WOM Finance, Smart Finance, Clipan Finance, Radana Finance, dll menawarkan beragam produk pinjaman Multiguna Gadai BPKB Mobil dengan bunga rendah, yakni dari 0.75%

Lantas bagaimana cara mengajukannya?

Kamu bisa mengajukan pembiayaan dana tunai Kredit Multiguna agunan Mobil via online di laman Situs HALOOTO.COM di link berikut ini: Kredit Multiguna Gadai BPKB Mobil.

Kalau kamu sudah melakukan semuanya dengan benar, sekarang tinggal menunggu staf HALOOTO.COM menghubungimu untuk melakukan konfirmasi pengajuan dan meminta kelengkapan dokumen.

Jika dokumen yang diberikan sudah lengkap, nantinya akan langsung diteruskan kepada pihak bank atau leasing. Proses pengajuan dan pencairan dana kredit multiguna ini biasanya memakan waktu 1-2 hari kerja saja.

Jika kamu masih merasa kebingungan akan memilih kredit multiguna yang mana, konsultasikan saja terlebih dahulu dengan staf HALOOTO.COM melalui layanan telpon di nomor 0811-444-928 / 0811-441-062.

Untuk konsultasinya gratis kok alias tidak dipungut biaya apapun. Yuk, langsung AJUKAN SEKARANG