Menjual mobil memang relatif mudah, apalagi kami dari HALOOTO.COM sudah banyak sekali mengulas tentang tips jual beli mobl bekas dari aspek teknis maupun non teknis, baik itu dalam kondisi bekas maupun baru.

Namun, mobil yang dijual dalam masa kredit tentunya membutuhkan tips dan trik tersediri ketika hendak menjualnya. Kami dari tim HALOOTO.COM akan memberikan tips cara jual mobil yang masih dalam masa kredit atau masih ada kewajiban mengangsur.

Masalah menjadi rumit ketika mobil yang Anda punya berstatus kredit, atau masih dalam masa angsuran. Ini jadi handicap tersendiri ketika ingin menjual mobil bekas. Tidak seperti mobil yang status pembeliannya hard cash alias cash keras.

Jual Mobil Yang Masih Dalam Masa Kredit Di Makassar

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dipegang langsung oleh Anda saat pembelian, sementara untuk mobil yang pembeliannya dengan cara kredit BPKB akan “ditahan” oleh pihak leasing atau bank sebagai jaminan.

Tips ini merupakan sudut pandang dari tim HALOOTO.COM yang pernah mengalami sendiri proses jual beli mobil yang masih dalam masa kredit.

Sebenarnya cara jual mobil yang masih dalam masa kredit itu mudah, asal mengetahui caranya. Oh ya, harap diingat kali ini kami membahas cara menjual ya (beli putus) bukan cara overkredit ataupun refinancing seperti yang sering dibahas pada media lainnya.

1. Pastikan Sisa Angsuran & Cara Menebus BPKB

Hal pertama yang harus dilakukan untuk cara jual mobil yang masih dalam masa kredit adalah bertanya kepada leasing atau pihak bank yang menjamin pembelian mobil Anda.

Tanyakan pada pihak yang bersangkutan berapa utang pokok Anda yang musti dilunasi ketika ingin melakukan pelunasan dipercepat dan juga jangan lupa tanya ke pihak penjamin (leasing dan bank) jika utang tersebut ingin dilunasi apakah BPKB dapat diambil hari itu juga. Hal ini penting, karena akan mempengaruhi proses selanjutnya.

Oh ya, Anda perlu tahu, tidak semua leasing atau bank mengizinkan pelunasan dipercepat ini. Bisa jadi akan ada denda ketika Anda mengajukan pelunasan dipercepat.

Besaran denda atau penalty sangat tergantung dari leasing atau bank penjamin Anda. Maka dari itu, sebelum membeli mobil secara kredit, ada baiknya Anda benar-benar mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku.

Memang, poin yang tertera banyak sekali, dan bagi yang malas baca akan berat melakukannya, namun pada saat mendesak ini akan membantu Anda.

2. Pasarkan Mobil Anda Di Situs online Terpercaya

Jika Anda sudah memiliki gambaran angka utang pokok Anda yang harus dilunasi plus dendanya ketika ada, Anda dapat langsung memasarkan mobil Anda di situs-situs online terpercaya.

Otomatis kans mobil Anda untuk terjual dalam waktu singkat juga semakin besar. Yang harus diperhatikan adalah, jangan tulis pada iklan Anda “BPKB masih di leasing.” Hal ini untuk menghindari kemungkinan mobil Anda lama terjual, penjelasan lengkap ada di poin ketiga.

3. Beri Penjelasan Kepada Calon Pembeli

Ini adalah hal yang paling kruisal. Karena tak jarang BPKB tidak ada ditangan penjual mobil bekas dianggap sebagai batu sandungan dalam proses menjual kendaraan.

Maklum saja, salah satu syarat sahnya mobil dijual adalah surat-suratnya harus ‘akur’, artinya antara STNK, BPKB, faktur dan nomor mesin serta nomor rangka kendaraan harus cocok untuk membuktikan surat-surat mobil Anda bukanlah surat ‘kawinan’.

Sementara pada mobil yang masih berstatus kredit, otomatis BPKB-nya masih ditahan oleh pihak leasing atau bank sebagai jaminan. Calon pembeli yang tidak paham, biasanya akan mengurungkan niatnya membeli mobil Anda.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, kami dari tim HALOOTO.COM dapat memberikan solusi untuk Anda, jika calon pembeli menanyakan perihal BPKB tersebut. Anda dapat menjawab BPKB mobil yang Anda jual disimpan pihak leasing atau bank tapi siap ditebus hari ini juga bila telah tercapai deal harga.

Dengan jawaban tersebut seharusnya pihak calon pembeli akan mengerti bahkan merasa aman. Karena pihak bank atau leasing pasti sudah melakukan pengecekan berlapis mengenai keabsahan BPKB mobil. Jadi kemungkinan adanya BPKB tidak akur dengan mobil semakin kecil.

4. Lakukan Transaksi Dengan Aman

Bila langkah pertama hingga ketiga sudah lancar, serta calon pembeli mobil Anda sudah deal harga dengan Anda. Maka Anda tinggal melakukan transaksi saja dengan aman. Caranya mudah, ajak calon pembeli Anda ke leasing atau bank yang menjamin surat-surat mobil Anda, lalu tebus lah BPKB mobil Anda.

Jangan lupa persilahkan calon pembeli Anda untuk mengecek nomor rangka, nomor mesin mobil bekas yang sudah dibeli. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan calon pembeli mobil Anda bahwa surat-surat di mobil benar-benar akur.

5. Jangan Berharap Untung Atau Impas Saja Sudah Cukup

Satu tips dari kami yang tidak kalah penting dan wajib masuk dalam cara jual mobil yang masih dalam masa kredit adalah jangan berharap untung besar, atau impas saja sudah cukup.

Anda perlu ingat, mobil yang masih dalam masa kredit ada kewajiban bagi Anda untuk melakukan pembayaran cicilan tiap bulannya.

Semakin lama mobil laku, maka akan semakin lama pula Anda harus melakukan pembayaran cicilan tersebut. Saran dari kami, belajar-lah untuk ikhlas menjual mobil dibawah harga pasar agar unitnya cepat laku.

Keuntungan Kredit Kendaraan Bermotor di HALOOTO

Sebenarnya bisa saja kamu menabung dana untuk membeli mobil, tapi pasti membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan acapkali kebutuhan atas mobil pribadi tidak bisa menunggu lagi.

Solusinya apa? ya, jalan terbaiknya adalah mengambil fasilitas kredit pembelian kendaraan bermotor (KKB) seperti yang disediakan di situs HALOOTO.COM ini.

Apa itu Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) HALOOTO? KKB HALOOTO adalah kredit kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk pembiayaan mobil atau kendaraan roda empat.

KKB HALOOTO memiliki beberapa jenis produk, tapi yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah KKB mobil bekas dan KKB mobil baru.

Ketika akan mengambil produk kredit apapun, kamu harus selalu melihat apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat kalau mengambil produk kredit tersebut. Berikut keuntungan kredit kendaraan bermotor HALOOTO yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Suku bunga fix dan flat

Mitra HALOOTO, baik perbankan maupun leasing menerapkan dua suku bunga untuk produk pinjaman, yakni suku bunga tetap (fix rate) yang bunganya tetap alias tidak berubah hingga masa akhir peminjaman.

Dan suku bunga mengambang (floating rate) di mana suku bunganya mengikuti pergerakan pasar. KKB HALOOTO menerapkan sistem suku bunga tetap dengan cara hitung flat.

Sehingga, jumlah cicilan per bulan akan tetap sama di mana cicilan dihitung dengan penghitungan bunga flat. Ditambah lagi, mengajukan kredit mobil baru di HALOOTO, bunganya sangat rendah, yakni hanya 3.09% pertahun.

2. Terjamin keamanannya

Baik itu bank atau pihak leasing, ketika akan mengajukan kredit kendaraan, kamu harus memastikan kalau pemberi kredit memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi yang bagus.

Pasalnya selama masih dalam status mencicil kendaraan, BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) milikmu akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak pemberi kredit.

Semua mitra HALOOTO telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini, maka sudah dipastikan keamanan BPKB milikmu lebih terjaga.

3. Pembayaran bisa dilakukan dengan praktis

Takut lupa membayar cicilan kredit kendaraan bermotor sehingga terkena denda? Sekarang ini bank maupun leasing sudah memiliki fasilitas autodebet otomatis dari rekening milikmu sehingga ketika sudah jatuh tanggal pembayaran, maka pihak Bank atau Leasing akan langsung mendebet pembayaran cicilan bulanan mobil kamu. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi lupa membayar tagihan. Tapi pastinya sediakan dana yang mencukupi dalam tabunganmu.

4. Syarat pengajuan sangat mudah

Kredit kendaraan bermotor di HALOOTO memiliki persyaratan dan dokumen yang sangat mudah untuk dipenuhi sehingga kamu tak perlu khawatir. Ini syarat pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki pekerjaan dan sudah bekerja minimal 2 tahun
  • Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  • Surat persetujuan suami/ istri (bagi yang sudah menikah
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau bukti rekening listrik
  • Fotokopi slip gaji 1 bulan terakhir (untuk karyawan)
  • Fotokopi izin praktek (bagi profesional)
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

5. Sudah dilengkapi dengan asuransi

KKB HALOOTO sudah dilengkapi dengan asuransi kendaraan di dalamnya. Jenis asuransi yang digunakan adalah all risk untuk tahun pertama dan TLO (Total Lost Only) untuk tahun-tahun berikutnya.

Asuransi kendaraan all risk merupakan jenis asuransi yang menjamin semua kerugian pada kendaraanmu, mulai dari perbaikan hingga kerugian lainnya. Sedangkan asurasi TLO adalah asuransi yang hanya menjamin kerugian yang timbul akibat pencurian atau kerusakan yang mencapai 70%.

Jadi tak perlu takut lagi untuk mengambil mobil secara kredit. Butuh penawaran yang lebih menarik seperti promo bunga murah, cashback hingga puluhan juta rupiah? Hubungi sekarang juga tim Support HALOOTO di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017.