Dapat tim HALOOTO.COM katakan Toyota Avanza dan Avanza Veloz adalah mobil idaman keluarga di Makassar bahkan Indonesia, baik untuk keperluan sehari-hari atau untuk keperluan usaha.

Kenapa berani kami katakan mobil idaman keluarga di Makassar bahkan Indonesia?

Karena Toyota Avanza dan Avanza Veloz, menawarkan begitu banyak hal yang sebuah keluarga inginkan dari mobil mereka. Seperti irit bahan bakar, mampu memuat jumlah penumpang sebanyak 6 orang dewasa, memiliki design modern serta nilai jual kembali yang paling tinggi dibandingkan dengan mobil lain pesaing Toyota Avanza dan Avanza Veloz.

Anda pasti bertanya apa arti dari kata Veloz. Kata Veloz berasal dari kata Velocity yang berarti kecepatan. Menurut Toyota Indonesia, Avanza 1500 cc terbaru pantas menyandang nama Veloz, karena mobil ini mengalami perubahan dari mobil sebelumnya yang lebih mengarah pada kecepatan.

Didukung dengan design aerodinamis, yang membuat mobil Grand New Veloz sangat mudah dikendalikan, walaupun dikemudikan dalam kecepatan tinggi.

Perubahan facelift baik terhadap Toyota Veloz ataupun Toyota Avanza, membuat nama kedua mobil kategori low MPV ini sedikit mengalami perubahan.

Untuk Veloz, menjadi Toyota Grand New Veloz sedangkan Toyota Avanza menjadi Grand New Avanza. Lalu apa saja yang berubah dari kedua mobil low MPV ini?

Daftar Isi

Spesifikasi Detail – Harga Kredit Toyota Avanza Veloz 2019 Di Makassar

Untuk perubahan facelift Toyota Avanza menjadi Grand New Avanza 2019, mohon tunggu di artikel selanjutnya, sedangkan perubahan mobil Veloz menjadi Toyota Grand New Veloz akan kami sampaikan secara detail di halaman ini.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Depan

Tampilan depan New Avanza Veloz 2019 ini terinspirasi dari Toyota Voxy dan Toyota Vellfire

Tampilan depan New Toyota Avanza Veloz 2019 ini terinspirasi dari 2 produk andalan Toyota lainnya yang juga laris serta menguasai pasar penjualan high roof MPV dan luxury MPV, yakni Toyota Voxy dan Toyota Vellfire.

Untuk desainnya Anda bisa lihat sendiri terdapat dua buah layer bold strap yang dibuat seakan menyambung dengan grill berkelir black chrome.

Tampilan ini membuat New Toyota Avanza Veloz 2019 menjadi berkelas, mewah, sekaligus sporti.

Tidak ada komplain dari desain muka seperti ini. Sayangnya, meski headlampnya sudah menggunakan bohlam bertipe LED, namun untuk lampu senja, lampu sein, dan foglamp masih bohlam halogen biasa.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Samping

Pelek machining Alloy-nya kini menggunakan desain baru dan memiliki kisi-kisi yang membantu aerodinamika

Berlanjut ke bagian samping New Toyota Avanza Veloz 2019 ini, secara umum tidak ada ubahan berarti. Wheelbase masih sama, panjang total, hingga tinggi bodi New Toyota Avanza Veloz 2019 ini masih sama dengan versi sebelum facelift.

Bedanya kini New Toyota Avanza yang menggunakan varian mesin 1500 cc menggunakan new side skirt design with chrome serta pelek machining (two tone) desain baru yang memiliki bilah kecil berfungsi untuk membuang angin berlebih yang terjebak dibalik pelek, sehingga aerodinamikanya menjadi lebih baik.

Apalagi kini New Toyota Avanza Veloz 2019 menggunakan desain rumah spion yang lebih aerodinamis.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang New Avanza Veloz 2019 ini mendapat sedikit sentuhan yang membuatnya terlihat manis

Kalau boleh jujur ubahan di sektor tampilan belakang tidak seheboh seperti tampilan depan New Toyota Avanza Veloz 2019.

Hanya ada tambahan pemanis pada pintu bagasi yang berupa reflektor mata kucing berdesain serupa dengan headlamp depan yang memiliki dua buah layer. Backdoor design garnish dengan keliar glossy black memang bukan selera semua orang.

Namun, kami suka dudukan kamera parkir belakang yang penempatannya rapi dan juga tidak menonjol. Oh ya spoiler belakang juga tetap hadir yang mempertegas tampilan belakang dari mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

INTERIOR TOYOTA AVANZA 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Layout Dasbor

Tampilan dasbor New Avanza Veloz 2019 nuansanya masih sama dengan Avanza sebelum facelift

Secara umum layout dasbor dari mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 ini masih sama dengan model sebelum facelift. Begitu juga material plastik keras yang berkesan murah masih juga disematkan pada mobil ini.

Namun, yang kini menjadi pembeda adalah cluster instrumen bagian tengah menggunakan desain baru yang lebih fresh serta makin memudahkan pengoprasian AC karena sudah menganut sistem digital meski belum dilengkapi dengan fitur auto climate control.

Salah satu hal yang kami sangat suka adalah kembalinya slot card holder. Sangat memudahkan ketika ingin meletakkan e-toll card. Fitur yang hadir di Toyota Avanza generasi pertama namun hilang di Toyota Avanza generasi ke-2.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Power Slot

Power outlet di New Avanza Veloz 2019

Hidup di dunia kekinian bisa dibilang orang sudah tidak bisa lagi terlepas dari gadget. Baik itu kamera mirrorless, tablet, hingga smartphone. Toyota pun seakan menyadari hal tersebut dan meletakkan 2 buah power slot berkapasitas 12V/120W di tempat duduk baris pertama dan kedua.

Letaknya juga mudah dijangkau dengan tangan dan posisinya juga baik, sehingga memudahkan Anda ketika ingin menggunakan power outlet ini.

Sayangnya, hanya bangku baris ketiga yang dapat menikmati USB port, sedangkan bangku baris pertama dan kedua Anda harus menambahkan adaptor untuk dapat menggunakan sumber listrik ini.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Laci Dan Tempat Penyimpanan

Boks penyimpanan masih sama ukurannya dengan model sebelum facelift

Secara umum, laci dan tempat penyimpanan di New Toyota Avanza tidak berubah sama sekali. Cup holder di mobil ini bisa dikatakan melimpah ruah.

Bayangkan, dengan total kapasitas daya angkut penumpang mobil New Toyota Avanza Veloz 2019 yang hanya 7 orang dewasa, mobil ini memiliki cup holder sebanyak 16 cup holder!

Dijamin, Anda dan keluarga Anda tidak akan merasa kehausan sepanjang perjalanan dengan menggunakan New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

Oh ya, untuk laci tempat penyimpanan tertutup total hanya ada dua dimobil ini, yaitu di dasbor depan, dan juga dibalik armrest.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Roof Monitor

Roof monitor aftermarket ini akan membuat anak atau penumpang Anda terkesima

Perjalanan panjang akan menyebabkan rasa bosan menyelinap ke hati. Itu sebabnya peranti hibuan sangat penting ada di New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

Selain menambahkan Premium Touch Screen Head Unit yang memiliki banyak fitur, Toyota juga menambahkan rear seat intertainment system yang diletakkan persis dibawah AC double blower.

Sayangnya, kualitas dari monitor yang dipasang tidak begitu baik, seharusnya Toyota dapat menyematkan monitor lipat yang lebih berkualitas.

FITUR TOYOTA AVANZA 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Tombol Start Stop Engine & Smart Keyless Entry

Tombol start stop engine pada New Toyota Avanza Veloz semakin memudahkan untuk menyalakan kendaraan

Salah satu fitur andalan yang terdapat di New Toyota Avanza Veloz 2019 adalah adanya tombol start-stop engine dan keyless entry.

Jadi Anda tinggal kantungi saja kunci pintar tersebut, dan tinggal menekan tombol kecil pada gagang pintu sebelah kanan di baris pengemudi atau tuas pintu penumpang depan. Untuk menyalakan mesin mobil, Anda hanya perlu menginjak pedal rem, sambil menekan tombol start-stop engine.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Head Unit

Head unit touch screen ini didukung dengan 6 speaker untuk kualitas audio maksimal

Head unit Toyota Avanza Veloz 2019 ini menggunakan head unit baru, yaitu berupa Premium Touch Screen Head Unit berukuran 6,5 inchi.

Head unit ini memiliki kemampuan untuk memutar musik dari USB, memainkan film dari DVD, melakukan koneksi dengan ponsel Anda via sambungan kabel data. Dan juga dilengkapi dengan Bluetooth.

Hasil reproduksi suara dari head unit ini akan terdengar dari 6 speaker yang terdapat pada New Toyota Avanza Veloz 2019 ini. Secara umum kualitas suara yang dihasilkan adalah rata-rata, karena dentuman bas terdengar biasa saja, juga kualitas suara vokal yang terdengar tidak teralu terasa istimewa.

Diperlukan menambah power amplifire dan upgrade speaker serta tweeter agar kualitas suaranya semakin baik. Asyiknya, karena peredaman mobil ini sudah baik, maka Anda tidak perlu menambah peredam suara.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Pengaturan AC Digital

Kini pengontrolan AC jauh lebih mudah dan terasa canggih

Demi memenuhi unsur modern dari New Toyota Avanza Veloz 2019, maka Toyota menyematkan pengaturan AC digital seperti yang terdapat pada All New Toyota Rush.

Meski ini adalah usaha sederhana dan juga dianggap sebelah mata dikalangan car enthusiast dan media lain, namun bagi kami ini merupakan salah satu usaha pintar Toyota untuk memberikan sentuhan kenyamanan sekaligus mempertegas aura canggih dari New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

Peletakan tombolnya juga mudah untuk dijangkau dengan tangan.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : On Board Computer

Panel spidometernya punya desain baru dan juga on board computer-nya masih sama dengan model sebelum facelift

Sama seperti di Toyota Avanza Veloz 2019 sebelum facelift, New Toyota Avanza Veloz 2019 ini juga dilengkapi dengan on board computer yang mampu menampilka beragam informasi.

Seperti informasi jarak tempuh yang dapat dilalui dengan kondisi bahan bakar didalam tangki, konsumsi BBM rata-rata, jam, dan lainnya.

Walau fitur ini sederhana, namun cukup dapat membantu pengemudi dalam memantau kehematan bahan bakar New Toyota Avanza Veloz 2019 yang dibawanya.

OPERASI TOYOTA AVANZA 2019

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Performa

Bisa dibilang performanya sebelas dua belas dengan model sebelum facelift

Secara umum tidak ada yang berbeda dengan performa New Toyota Avanza Veloz 2019 versi major facelift ini dengan sebelum facelift. Karena, memang tidak ada ubahan dari mesin di sisi internal, ECU, bahkan lainnya.

Kalau boleh jujur kami sangat terkesima dengan halusnya suara maupun getaran yang dihasilkan dari unit 2NR-VE pada Veloz ini.

Meningkat signifikan dari mesin generasi sebelumnya yang masih mengusung 3SZ-VE. Jika pada model sebelumnya dalam kondisi stasioner Anda dapat merasakan getaran dari mesin di setir dan bangku pengemudi, sekarang tidak lagi.

Disinyalir mesin ini memang didesain untuk penggerak roda depan. Jadi ketika dikonversi menjadi penggerak roda belakang yang mengandalkan kopel mesin ini menjadi sangat halus.

New Toyota Avanza Veloz dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1300 cc dan 1500 cc

Oh ya, satu hal yang enggak banyak diketahui orang maupun media lain. New Toyota Avanza Veloz ini menerapkan sensor tegangan listrik pada mobil ini.

Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat. Dapat menyesuaikan sesuai kebutuhannya, bisa 20%, 50%, 70% dan 100%.

Review Toyota Avanza Veloz 2019 : Handling, Suspensi Dan Kekedapan Kabin

Pengendalian New Avanza Veloz 2019 ini sedikit membaik bila dibandingkan dengan sebelum facelift

Berbicara pengendalian, bisa dibilang sedikit membaik dari model sebelum facelift, hal ini dikarenakan adanya fine tuning pada suspensi depan dan belakang New Toyota Avanza Veloz 2019 ini.

Kini karet suspensi bagian belakang di atas dan bawah pada New Toyota Avanza 2019 ini baru, sehingga berakibat pada ayunan bodi yang semakin teredam.

Meski harus diakui body roll tetap terasa ketika bermanuver cepat. Feedback dari setir juga terasa hambar, namun rasanya itu enggak akan menjadi issue di mobil ini, karena memang peruntukkannya sebagai mobil keluarga.

Lain cerita ketika membahas soal kenyamanan. Kami menilai mobil ini sudah lebih baik dari model lama. Spring rate-nya sudah diatur ulang, dan disinyalir Toyota berusaha meringankan gardannya agar tercapai kompromi yang ideal antara kenyamanan dengan pengendalian.

Apalagi EPS pada New Avanza Veloz 2019 ini sudah disetup ulang agar lebih stabil saat ngebut dan ringan di kecepatan rendah.

So, is this car for you? Kami tak perlu berpanjang lebar lagi, mobil New Avanza Veloz 2019 ini memiliki pengembangan yang cukup positif dan layak untuk Anda jadikan sebagai kendaraan serbaguna untuk mengangkut penumpang, juga membawa barang.

Jika Anda punya dana lebih, Toyota Avanza Veloz bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda.

Tipe & Harga Toyota Grand New Veloz 2019 di Makassar

Untuk tipe Grand New Veloz di Makassar saat ini ada 4 tipe:

  • Tipe Type 1.3 Veloz M/T (manual)
  • Type 1.3 Veloz A/T (automatic)
  • Type 1.5 Veloz M/T (manual)
  • Type 1.5 Veloz A/T (automatic)

Lalu berapa harga Grand New Veloz 2019 baru di Makassar? Untuk mengetahui harga Grand New Veloz baru 2019, bisa lihat tabel dibawah ini.

TipeHarga
Veloz 1.3 MTRp 226.500.000
Veloz 1.3 ATRp 237.900.000
Veloz 1.5 MTRp 239.300.000
Veloz 1.5 ATRp 250.600.000

Perbandingan Toyota Avanza Veloz 2019 vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Toyota mengenalkan Avanza facelift 2019. Berarti unit baru siap menebar ancaman lagi. Penyegaran pada muka dan sedikit tambahan fitur, dilakukan demi mempertahankan market share 30%.

Siapa lagi kalau bukan untuk memerangi Mitsubishi Xpander, yang bersinggungan sengit. Pertarungan di segmen mobil keluarga, kini makin seru dengan harga Veloz yang tak berubah.

Di segmennya, Veloz 1.5 AT sebagai varian tertinggi harus melawan banyak musuh yang tak mudah dikalahkan. Walau tetap menjadi yang termurah, kompetitornya justru memberi banyak nilai yang tak dimiliki oleh Veloz.

Pertarungan yang dinanti tentu saja dengan Xpander tipe Ultimate. Sama-sama varian tertinggi, tentu menjadi varian paling dijagokan oleh kedua merek. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, kami sajikan fakta singkat keduanya.

Desain

icara soal desain, tak ada parameter yang pasti. Itu hanya soal sudut pandang. Tapi kalau dari pandangan pribadi, tampaknya lebih tampan Xpander dari sisi pahatan bodi. Sementara Veloz anyar punya dimensi yang tak berbeda.

Fascia depan dan buritan ditata sedikit tajam juga. Tapi itu hanya rombakan minor. Padahal banyak khalayak yang berharap ubahan total, alias All New Veloz dan Avanza.

Penilaian kami pun pasti sama dengan Anda. Tampang Xpander jelas lebih enak dipandang. Desain serbafuturistis paling proporsional dilihat dari segala sudut. Bahasa desain Dynamic Shield begitu kuat menarik selera banyak orang.

Mengandung DNA SUV sehingga terkesan gagah dan tangguh.

Harga dan Fitur

Veloz dihargai Rp 239,45 juta (on the road Jakarta). Sementara Xpander Ultimate dibanderol Rp 258,9 juta. Memang lebih murah Veloz.

Namun fitur yang dimiliki Xpander jauh lebih komplet. Apa saja? Pada Xpander dibekali beberapa fitur keselamatan seperti: Hill Start Assist (HSA) yang membantu saat mobil menanjak.

Agar tidak selip, tersedia Active Stabilirt Control dan Traction Control. Lalu ada pedestrian protection dan active stability control, yang mengontrol laju mobil di jalan licin. Sedang deret fitur ini absen di Veloz.

Sementara sistem penghela laju kendaraan lebih baik di Xpander. Ia sudah dibekali pengereman cakram pada roda depan dan teromol di belakang. Lebih lengkap dengan sematan ABS, EBD dan Brake Assist. Sementara Veloz hanya punya ABS dan EBD.

Fitur yang tak kalah penting ialah cruise control. Fitur ini sangat membantu Anda, terutama saat melaju di jalan bebas hambatan. Saat jalanan lengang, Anda bisa mengaktifkannya pada kecepatan tertentu.

Kendaraan bisa ‘berselancar’ stabil, tanpa perlu menginjak pedal gas. Xpander Ultimate produksi terbaru memilikinya, jelas belum tersedia di Veloz.

Performa

Lalu membandingkan performa. Jantung pacu Xpander pakai mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1,5 liter. Engine mengantongi teknologi MIVEC, yang diklaim bisa mengatur katup agar konsumsi performa optimal dan BBM lebih efisien.

Output yang dihasilkan sebesar 104 PS dengan torsi 141 Nm. Sementara Toyota Veloz bermesin 2NR-VE 1,5 liter dengan tenaga yang sama, 104 PS. Namun torsi puncaknya hanya 136 Nm. Jadi dari data angka, Anda bisa menilainya sendiri.

Pada Veloz, tenaga itu disalurkan melalui transmisi otomatis ke roda belakang. Sedangkan Xpander menggunakan transmisi otomatis juga, tapi disalurkan pada roda depan. Keduanya sama-sama mengklaim lebih unggul.

Toh sebetulnya, performa kedua penggerak itu sudah lebih dari cukup untuk diterapkan pada model LMPV.

Pengendaraan dan Pengendalian

Kami sudah menguji singkat Veloz terbaru saat peluncurannya. Kesan pertama didapat, kabin sedikit lebih senyap dan suspensi semakin nyaman.

Gejala memantul jauh berkurang dan kestabilan saat menikung kencang juga semakin baik.

Body roll tentu tidak bisa dihilangkan. Apalagi ini adalah MPV dengan sasis unibody yang memadukan monokok dan ladder.

Xpander masih yang terbaik dari sisi pengendaraan. Bantingan pas dan sangat nyaman. Sasis monokok sangat membantu dalam kenyamanan dan kestabilan suspensi. Sejauh ini, kualitas berkendara Xpander hanya dapat disaingi oleh Suzuki Ertiga.

Simpulan

Dari keseluruhan, Veloz tetap punya value for money yang baik. Tapi Xpander punya fitur lebih komplet dengan rasa berkendara lebih nikmat. Sebetulnya tidak terlalu membingungkan.

Bedanya Veloz punya fitur yang cukup untuk sebuah mobil keluarga. Namun Xpander lebih banyak memberikan kepuasan

Perbedaan Desain Lampu Avanza 2019 Dengan Xpander Di Makassar

Desain baru Avanza 2019 meliputi tambahan fitur modern, yaitu ‘FOLLOW ME HOME’. Fitur ini menyetarakan Avanza dengan model lebih mahal dari Toyota yang sudah lebih dulu menggunakannya, yakni Toyota All New Fortuner dan Kijang Innova.

Fitur FOLLOW ME HOME pada dasarnya berfungsi memberikan bantuan pencahayaan kepada pengguna mobil yang ingin masuk ke dalam rumah setelah parkir.

Bantuan pencahayaan itu berasal dari lampu depan yang bertahan menyala selama beberapa saat. Fitur seperti senter sementara ini berguna ketika parkir pada malam hari atau saat lokasi parkir minim penerangan.

Saat ‘FOLLOW ME HOME’ aktif, fitur yang cuma tersedia pada Avanza Veloz varian 1.5 ini bakal menyalakan lampu depan sekitar 30 detik setelah mesin mati.

Fitur ‘FOLLOW ME HOME’ untuk membantu pencahayaan lebih saat pemilik kendaraan akan memasuki rumah setelah parkir.

Cara penggunaannya, pengemudi tinggal menekan tuas lampu jauh (dim) kemudian mematikan mesin.

Setelah pengemudi keluar dan pintu dikunci, fitur ‘FOLLOW ME HOME’ akan bekerja dengan Lampu depan akan tetap menyala kurang lebih 30 detik.

Fitur Lampu Avanza 2019 Sama di Mitsubishi Xpander

Di mobil kelas Low MPV, Toyota Avanza 2019 bukan satu-satunya yang punya fitur seperti itu. Lawan sengit Avanza, Mitsubishi Xpander juga punya fitur serupa yang diberi nama “WELCOME and COMING HOME LIGHT”.

Menariknya, fitur ini tersedia pada semua varian Mitsubishi Xpander, kecuali varian paling murah, GLX.

Beda dari ‘FOLLOW ME HOME’ di Avanza 2019, Lampu Mitsubishi Xpander bisa menyambut pemiliknya saat sedang kebingungan mencari mobil di parkiran.

“Welcome Light” akan menyalakan lampu saat pengemudi membuka kunci pintu melalui remote keyless operation system.

Fitur ini standarnya mengaktifkan lampu kecil menyala selama 30 detik, namun bisa diganti dengan pilihan lampu besar yang lebih memudahkan saat mencari mobil di parkiran.

Bila pengemudi tidak menginginkan fitur itu ada opsi untuk mematikan fungsinya.

Sedangkan “Coming Home Light”, cara kerjanya sama dengan fitur ‘FOLLOW ME HOME’ di Avanza 2019.

Menurut situs resmi Mitsubishi, cara mengaktifkannya dengan menarik tuas lampu ke posisi dim maka lampu depan bakal menyala selama 30 detik atau bisa diatur 60 detik atau 180 detik.

Fitur Baru di Avanza Veloz 2019

Meski bukan generasi baru, Toyota memberikan fitur-fitur baru pada Toyota Avanza dan Veloz model 2019.

Beberapa fitur bikin tim HALOOTO terkejut karena sebelumnya tidak pernah ada di mobil Low MPV yang diproduksi oleh Daihatsu untuk Toyota itu.

Apa saja? Yuk kita lihat satu per satu:

1. Pintu sudah keyless

Pada kelas tertinggi yakni Veloz, sudah menggunakan smart entry. Jadi anda tak perlu pijit-pjit tombol remote untuk membuka atau menutup pintu mobil. Cukup simpan saja kuncinya di mobil, dan sentuh pintu maka pintu mobil akan terbuka otomatis.

2. Spion melipat sendiri

Spion Veloz saat mengunci mobil akan terlipat otomatis. Kemudian akan terbuka lagi saat kita menyalakan mesin mobil.

3. Suspensi lebih oke

Avanza dan Veloz 2019 menggunakan suspensi yang sudah disempurnakan, seperti halnya Rush. Toyota mengklaim suspensi itu membuat Avanza lebih minim body roll, saat mobil menikung.

Toyota melakukan penyesuaian pada sistem suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-link lateral rod untuk meningkatkan stabilitas mobil.

4. Antena Sirip Hiu

Avanza menghilangkan antena standar yang membosankan, Avanza kini sudah menggunakan sirip antena hiu yang ditempatkan di bagian belakang.

5. Audio milenial banget

Fokus lain pengembangan Avanza adalah infotainmentnya. Audio mobil Avanza pun sudah milenial. Mobil bisa dipadukan dengan HP, bisa mirroring (memindahkan layar HP ke layar audio mobil dengan aplikasi T-Link).

Dan saat menonton video pun, layar audio mobil dalam kondisi mirroring masih bisa beroperasi dengan layar sentuh. Biasanya kalau dalam kondisi mirroring, kita harus menekan layar HP agar layarnya berubah.

Audionya bisa terpisah. Jadi kalau pengendara di depan ingin mendengarkan radio, sementara yang di belakang ingin mendengarkan audio dari bluetooth bisa memilih opsi split zone di audio mobil.

Bagi penggila gadget pun jangan ketakutan habis baterai, karena ada colokan pengisi baterai sampai baris ketiga. Namun untuk baris pertama dan kedua harus pakai lighter adapter dulu.

Sementara untuk baris ketiga sudah bisa tinggal colok. Di baris tengah juga ada tempat untuk botol minum.

6. Start stop button

Yang terakhir dan mungkin paling bikin kaget adalah adanya tombol start stop button di Avanza. Tak perlu lagi memutar anak kunci, cukup colok saja untuk menyalakan mesin.

Sudah tayang di channel YouTube HALOOTO, Review lengkap Toyota Avanza Veloz 1.5 AT 2019

Veloz merupakan varian terlengkap di lini produk Avanza-Veloz, dan dengan pilihan mesin 1.500 cc plus transmisi otomatis, Veloz 1.5 AT merupakan flagship alias yang paling mahal dan terlengkap.

Meski bukan penggantian model, Toyota menyebutkan ada ubahan pada kaki-kaki yang membuat suspensi Veloz lebih nyaman.

Tak hanya itu, kenyamanan juga datang dari sistem peredaman suara yang kini lebih kedap dari generasi sebelumnya.

Penasaran dengan ulasan lengkapnya, klik link di bawah ini untuk melihat video review Toyota Avanza Veloz 1.5 AT:

Pilih New Avanza 2019 atau New Xenia 2019 Di Makassar

Duo Low MPV anyar, Toyota Avanza 2019 dan Grand New Xenia 2019 selalu jadi bahan perbincangan. Pilih ini atau itu, bukan perkara sukar.

Tak jadi rahasia dapur pula, si kembar identik diproduksi satu pabrik: PT Astra Daihatsu Motor. Jadi secara kualitas keduanya boleh dikatakan imbang.

Tapi fitur dan strategi pemasarannya yang berbeda. Avanza fokus pada segi kelengkapan dan safety. Sementara Xenia lebih diutamakan karena terjangkau dan fitur hiburan.

Acuan pembanding utama memang harga. Toyota Avanza 2019 dibanderol mulai dari Rp 205,3 juta untuk tipe E STD MT. Lalu Rp 256,9 juta untuk Veloz, di kasta tertinggi.

Sementara Xenia mulai dari Rp 193,7 juta sampai yang paling mahal, Rp 239,5 juta. Anda yang bingung memilih, bisa mulai dari pertimbangan dana yang dimiliki.

Kalau mau yang murah, Daihatsu Xenia jadi daftar utama. Misalnya varian X 1,3 liter. Transmisi manual seharga Rp 193,7 juta dan otomatis Rp 204,8 juta.

Daihatsu Xenia 1,3 liter X standar dibekali audio 2-DIN touchscreen, AC digital, power outlet untuk baris depan dan kedua.

Sisi keselamatan didukung sepasang airbag untuk penumpang depan. Xenia 1,3 liter belum pakai ABS dan EBD (hanya tipe 1,5 liter saja). Oh ya, perlu dicatat, semua varian Xenia pakai head unit 2-DIN layar sentuh dari paling bawah.

Sementara Avanza 1,3 liter G ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan harga Rp 205,3 juta (MT) dan Rp 217,6 juta (AT).

Selain itu, head unit berupa layar sentuh mengakomodasi DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. Lebih komplet dengan tambahan rem ABS dan EBD.

Tahun lalu, tipe ini yang menjadi varian terlaris. Jika ambil Xenia 1,3 matik, berarti Anda lebih hemat Rp 9,2 juta.

Eksterior Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 di Makassar

Itu sih kembali lagi soal selera personal, kalau melihat penampilan. Garis besarnya sama, dilengkapi lampu depan LED semua.

Yang membedakan di antara Avanza-Xenia hanya body kit dan aksesori pelengkap. Apakah dengan logo Toyota, membuat Avanza lebih bergengsi dibanding Xenia? Kami rasa tidak juga. Toh satu saudara.

Ada solusi kecil yang kami tawarkan. Pemilik Xenia yang kurang “PD” bisa mengganti emblem Daihatsu pada Xenia dengan lencana Perodua.

Di pasar aftermarket paling harganya ratusan ribu saja. Jadi tampilannya sedikit berbeda dari yang lain. Lalu ukuran pelek sama 14 inci untuk semua varian Xenia. Yang membedakan corak dan besaran 15 inci pada varian Avanza Veloz.

Mesin Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 di Makassar

Performa keduanya makin setara. Mereka sama-sama punya pilihan mesin bensin 1,3 liter. Ouput yang dihasilkan 97 PS dan torsi puncak sebesar 120 Nm.

Lalu opsi engine 1,5 liter, melecutkan tenaga 104 PS dan dorongan torsi 136 Nm. Semuanya dapat imbuhan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent).

Menurut pabrikan, kedua mesin tetap dipertahankan. Mereka belum mau merombak tatanan jantung mekanis. Sebab durabilitas dan efisiensinya telah terbukti bertahun-tahun. Jadi dari segi facelift, dianggap belum perlu.

Interior Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 di Makassar

Nah, pada sisi interior Avanza-Xenia memberikan suasana kabin berbeda. Wujudnya berupa new two tone colors. Desain center cluster dengan sentuhan black piano, dipadukan teknologi kekinian digital AC. Masih memberikan kesan mewah dan kemudahan bagi penggunanya.

Di varian atas (tipe R), audio Xenia sudah didukung teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone. Sama dengan Avanza, LMPV Daihatsu juga dipasangnya tombol pengaturan audio pada posisi kemudi, untuk varian menengah atas.

Lalu ada power outlet pada baris pertama dan kedua, audio speaker di 6 titik. Cukup memberikan kelengkapan pada sebuah mobil keluarga. Sekilas kabin sama dengan Avanza.

Fitur Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 di Makassar

Toyota dan Daihatsu punya kesepakatan untuk membedakan fitur. Tujuannya agar ada diferensiasi produk. Jadi irisan harga bisa diatur lebih luas. Buat apa? Agar daya jangkau ke konsumen semakin melebar lagi.

Fitur yang membedakan misal, follow me home. Gunanya memberikan penerangan lampu sesaat ketika Anda masuk beranda.

Lalu roof monitor di baris kedua sebagai penunjang hiburan. Smart entry dan start stop button hanya ada pada Veloz saja. Semua itu tidak tersedia di Xenia.

Fitur Keamanan Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 di Makassar

Pengereman ABS dan EBD serta immobilizer hanya ada di Xenia tipe R 1,5 liter. Dua teknologi penghela laju itu sudah tersedia di semua varian Avanza. Si kembar bahkan mengantongi sertifikat empat bintang dari Asian NCAP pada Juli 2013.

Itulah ragam pembanding dua produk. Semoga bisa menjadi bahan kontemplasi buat Anda, sebelum menjatuhkan pilihan. Namun kami sarankan, tutup kedua brand itu.

Lalu lihat price list keduanya dengan teliti. Pilih banderol yang paling realistis dengan kemampuan finansial Anda.

Toyota Avanza Veloz 1.5 vs Honda Mobilio RS

Sebagai varian tertinggi, Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS sudah dibekali fitur terlengkap. Target pasarnya pun berbeda bila dibandingkan Toyota Avanza G atau Honda Mobilio E.

Selain karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada mobil yang mampu memuat banyak penumpang, tapi persoalan gengsi yang penting untuk anda perhatikan. Biar tidak bingung pilih Toyota Avanza Veloz 1.5 Atau Honda Mobilio RS, berikut ulasan tim HALOOTO dibawah ini:

Spesifikasi Desain & Dimensi Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS

Desain Toyota Avanza Veloz 1.5, yang merupakan generasi kedua Toyota Avanza sudah melewati serangkaian facelift, dan begitu mendominasi jalan-jalan di Makassar.

Memilih Toyota Avanza Veloz 1.5 berarti anda tidak terlalu memperhatikan soal desain. Beda dengan Honda Mobilio RS.

Penyegaran pada wajah tahun ini, mengubah tampilan jadi lebih agresif. Desain yang dipenuhi garis dan lekukan tajam, mudah diterima dan disukai siapa saja. Sisi sportynya juga menonjol melalui tambahan body kit dan spoiler.

Karena Toyota Avanza Veloz 1.5 menganut sasis semi-monokok, bodinya jadi lebih menjulang tinggi. Ground clearance setinggi 200 mm, juga keunggulan penting yang dimiliki Toyota Avanza Veloz 1.5.

Sedang Honda Mobilio RS lebih sederhana dengan desain streamline. Tapi ground clearance tidak bisa dikatakan rendah. Tinggi 189 mm masih cukup andal melewati jalanan bervariasi di Makassar.

User comments

Interior Honda Mobilio RS juga lebih luas sedikit dibanding Toyota Avanza Veloz 1.5. Ini karena bodi yang lebih panjang dan disiasati jok yang lebih tipis. Di Honda Mobilio RS, busa jok ditebalkan sedikit agar penumpang duduk lebih nyaman. Namun duduk di dalam Toyota Avanza Veloz 1.5 masih lebih baik secara keseluruhan.

Fitur Toyota Grand New Veloz 1.5 & Honda Mobilio RS Di Makassar

Harga yang ditawarkan Honda Mobilio RS (M/T Rp 236 juta dan CVT Rp 247 juta) memang lebih mahal dari Grand New Veloz (M/T Rp 245,6 juta dan A/T Rp 256,9 juta). Tapi sebanding dengan fitur dan kelebihan yang didapat pembeli.

Paling mencolok, adanya fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) di Mobilio RS transmisi CVT.

Sayangnya, dua fitur ini tidak ditemui di Honda Mobilio RS transmisi manual. Dan ini menjadi gebrakan dari Honda untuk membenamkannya di mobil Low MPV. Menjadikannya benchmark yang sekarang diikuti oleh Mitsubishi Xpander Ultimate.

Toyota Avanza Veloz 1.5 juga tidak bisa lagi disebut mobil yang minim fitur. Tidak seperti generasi pertama, yang tanpa banyak fitur keselamatan dan keamanan.

Sekarang Toyota Avanza Veloz 1.5 tergolong lengkap. Jadi Fitur Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS M/T tergolong berimbang.

Performa dan Pengendaraan

Honda Mobilio yang paling bertenaga di segmen Low MPV. Mengusung mesin L15A7 4-silinder 1,5-liter i-VTEC memiliki tenaga 118 PS dan torsi 145 Nm.

Mesin ini terkenal dengan akselerasinya yang kencang tapi irit. Daya tersalur ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Toyota Avanza Veloz 1.5 menggunakan mesin baru 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter Dual-VVTi bertenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

Transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan. Bedanya dengan Honda Mobilio RS, Toyota Avanza Veloz 1.5 menganut gerak roda belakang (RWD).

Karakter mesin 2NR-VE juga berbeda dengan mesin lama 3SZ-VE. Sebaran tenaga lebih merata di tiap putaran dan tidak seagresif dulu karena mengejar efisiensi bahan bakar lebih baik.

Soal pengendaraan, Toyota Avanza Veloz 1.5 terbaru jauh lebih baik dari model sebelumnya.

Bantingan suspensi empuk dan tidak memantul lagi. Honda Mobilio RS sendiri lebih keras tapi tetap nyaman untuk dikendarai.

Kesimpulan

Toyota Avanza Veloz 1.5 dan Honda Mobilio RS memiliki karakter yang berbeda. Jika anda ingin mobil yang bisa melahap jalanan dengan medan yang tidak terprediksi, Toyota Avanza Veloz jawabannya.

Jika senang mengemudi sendiri dengan pengendalian stabil bak sedan, Honda Mobilio RS pilihan tepat.

Jadi, buat konsumen di Makassar, artikel ini bisa menjadi referensi sebelum menentukan mobil yang ingin anda beli, Toyota Avanza Veloz 1.5 atau kredit Honda Mobilio.

Jika masih kesulitan memilih, coba kontak Customer Support HALOOTO di nomor kontak: 0812-4215-8413 / 0853-

Bulan Ini Toyota Avanza Veloz Di Diskon Rp 20 Juta

Bulan Juli 2019 ini banyak dimanfaatkan hampir semua dealer mobil di Makassar untuk menggelar beragam promo menarik akhir tahun buat para konsumen.

Seperti Dealer Toyota yang memberikan potongan harga atau diskon untuk pembelian Toyota Avanza dan Toyota Avanza Veloz sampai puluhan juta rupiah. Tapi ingat, ini hanya berlaku selama bulan ini saja.

Adapun diskonnya sampai Rp 20 juta untuk pengambilan Toyota Avanza Veloz atau Toyota Avanza. Dan saran dari kami di HALOOTO.COM, sebaiknya anda mengambil Toyota Avanza Veloz 1.5, daripada nanggung membeli Toyota Avanza 1.3.

Selain itu, buat yang melakukan pembelian mobil baru Toyota Avanza dan Avanza Veloz juga akan mendapat beragam bonus aksesori seperti karpet, talang air, cover jok, sarung mobil dan tambahan pelapis karat.

Adapun untuk tenor atau jangka waktu yang bisa anda pilih adalah dari 1 tahun sampai 5 tahun atau 60 bulan.

Contohnya, Toyota Avanza varian 1.3 E transmisi manual yang harganya Rp 191,1 juta on the road, jika total down payment (TDP) Rp 80 juta selama lima tahun, maka angsuran per bulan Rp3,495 juta.

Jadi buat anda yang berdomisili di Makassar dan sekitarnya, dan berminat mengajukan aplikasi pemesanan kredit mobil Toyota Avanza dan Avanza Veloz di bulan ini, tak perlu repot-repot ke Dealer atau Showroom Toyota di kota anda atau ke Makassar, cukup ajukan melalui situs HALOOTO.COM dengan mengontak Customer Support HALOOTO.COM di nomor kontak: 0812-4215-8413 / 0853-9500-7017.

Mau Kredit Mobil Grand New Avanza Veloz Murah di Makassar? Di HALOOTO Saja

Nah jika anda sudah punya keputusan mau kredit Grand New Avanza Veloz di Makassar, disarankan melalui situs HALOOTO.COM

Saat ini ada sudah banyak bank selain leasing yang menawarkan kredit mobil baru ataupun bekas. Namun, untuk peningkatan pelayanan, beberapa bank dan perusahaan pembiayan terkemuka di Makassar memutuskan untuk bekerjasama dengan situs HALOOTO.COM.

Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dengan kredit Daihatsu Terios atau Honda BRV di Makassar melalui HALOOTO.COM, salah satunya adalah suku bunga yang diterima jauh lebih rendah dibanding jika anda mengajukan sendiri.

Tentu saja cara ini bisa memudahkan anda mendapatkan kredit mobil murah, ditambah lagi DP nya ringan. Jika kamu memiliki uang tunai dalam jumlah lebih, kamu bisa melunasi sebagian utang pokok. Beban angsuranmu pun menjadi berkurang.

Biar lebih jelas lagi penjelasannya, berikut beberapa manfaat jika mengajukan SPK melalui HALOOTO.COM.

Jangka waktu sampai dengan 5 tahun untuk KKB Mobil Baru, 4 tahun untuk KKB Mobil Bekas

  • Diskon Hingga Puluhan Juta Rupiah
  • Berlaku untuk semua merk dan tipe mobil
  • Suku bunga rendah mulai dari 3.09% per bulan
  • Proses Lebih cepat, mudah, dan tidak ribet
    Pembayaran dapat dilakukan dengan Automatic Fund Transfer (AFT) / Automatic Grab Fund(AGF)
  • Pembayaran angsuran pertama dapat dibayar 1 bulan mundur setelah realisasi kredit.
    Asuransi kerugian all risk
  • dan masih banyak lagi keuntungan lainnya

Jadi bagaimana, sudah mantap mau mencicil mobil baru kredit Grand New Avanza Veloz di Makassar?

Segera persiapkan seluruh persyaratannya dan ajukan langsung ke situs HALOOTO.COM atau hubungi saja tim Support HALOOTO.COM di nomor: 0812-4215-8413 atau 0853-9500-7017, dijamin proses Cepat dan Pasti Approved.